Tugas Pertemuan 5

Kerjakan Tugas berikut:

 

Antisipasi Dampak Kemarau, Bulog Siap Intervensi Pasar.

Selasa, 14 Agustus 2018 - 18:01 WIB

 

JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso kembali menegaskan kesiapan Bulog menghadapi musim kemarau panjang tahun ini. Komitmen ini disampaikan setelah mengikuti rapat dengan presiden dan sejumlah menteri di Istana Negara. "Gudang-gudang Bulog di seluruh wilayah juga sudah mulai penuh. Artinya kita siap menghadapi kekeringan itu. 

Sebagaimana diketahui, beras adalah salah satu pangan pokok yang akan terkena dampak secara langsung pada saat terjadi musim kemarau panjang. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh permintaann dan penawaran dari pasar, yang mana pasokan akan cenderung berkurang akibat gagal panen oleh petani yang meningkat, sedangkan permintaan terus ada dari pasar.

Sebagai upaya intervensi pasar ketika harga beras melambung pada saat musim kemarau panjang, Bulog melakukan Operasi Pasar (OP) dengan menggelontorkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak-banyaknya sehingga pasokan beras ke pasar dapat terjaga.

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/1330354/34/antisipasi-dampak-kemarau-bulog-siap-intervensi-pasar-1534240837

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan atas informasi pada artikel!

  1. Setelah membaca artikel diatas, Analisa oleh saudara, kemungkinan apa yang akan terjadi terhadap keseimbangan harga dan kuantitas (dilihat dari kurva permintaan dan penawaran) pada pasar beras jika terjadi kemarau panjang di Indonesia (Jelaskan dan tunjukan pada kurva). Tunjukkanlah besaran consumer surplus dan producer surplus nya !

  2. Salah satu upaya dan langkah pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah melalui Perum Bulog adalah melakukan operasi pasar. Apa dampak yang diharapkan terhadap keseimbangan harga dan kuantitas setelah dilakukan intervensi ini? (Jelaskan dan tunjukan pada kurva terpisah dari gambar jawaban poin a. Tunjukkanlah besaran consumer surplus dan producer surplus nya !

  3. Bandingkan besaran surplusnya !

Ketentuan:

·         Pengumpulan tugas melalui e-learning (sesuai batas waktu yang ditentukan).
·         Kumpulkan dalam bentuk pdf yang diberi nama "NamaMahasiswa_NIM_Kelas_week05.pdf" 
·         Upload file .pdf tersebut untuk mengumpulkan