Ujian Tengah Semester Matakuliah Kewirausahaan Semester Ganjil 2021/2022

Mata Kuliah : Kewirausahaan, Kelas C9

Dosen Pengampu : Wudi Darul Putra, ST.,MT

Durasi Waktu        : 75 (Tujuh Puluh Lima) Menit.

TULIS TANGAN RAPI, PDF

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kewirausahaan, Wirausaha, dan Wiraswasta (Bobot 10%)

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Etika Wirausaha, Prinsip Wirausaha. (Bobot 15%)

3. Jelaskan cara mendapatkan modal untuk memulai wirausaha. (Bobot 15%)

4. Jelaskan bidang usaha yang dapat ditekuni oleh Alumni Teknik Sipil setelah lulus kuliah yang berhubungan dengan bidang ilmu yang dimiliki. (Bobot 15%)

5. Jelaskan tahapan yang harus dilalui untuk membuka perusahaan Konsultan Perencana, Konsultan Pengawas, Kontraktor dan Developer Properti. Sebutkan dan jelaskan ijin-ijin prinsip yang harus dipenuhi sebelum memulai usaha di atas. (Bobot 20%)

6. Jika anda seorang wirausahawan di sektor jasa konstruksi (Kontraktor), pada suatu kondisi anda mendapatkan proyek pembangunan gedung di wilayah terpencil. Pada Gambar Rencana pembesian kolom, balok, sloof dan ringbalk menggunakan besi Diameter 14 mm, sebanyak 8 batang sebagai tulangan pokok, beton K-350. Namun di pasaran, sulit untuk mendapatkan besi tulangan tersebut, dan untuk mendatangkan dari luar, butuh waktu yang lama, biaya transportasi yang besar yang dapat membuat biaya pelaksanaan menjadi meningkat. Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut tanpa harus melanggar ketentuan dan aturan yang berlaku, Jelaskan.  Bagaimana cara anda untuk mengukur kualitas beton di saat laboratorium sangat jauh dari lokasi pekerjaan, Jelaskan. Beri Alasan yang tepat.(Bobot 25%)

SELAMAT BEKERJA