Laithan Soal

Enzim merupakan suatu zat yang bertindak sebagai katalis dalam organisme hidup, mengatur laju di mana reaksi kimia berlangsung tanpa dengan sendirinya diubah dalam proses.

Tanpa enzim, banyak dari reaksi ini tidak akan terjadi,  termasuk pencernaan makanan, di mana molekul nutrisi yang besar (seperti proteinkarbohidrat, dan lemak) dipecah menjadi molekul yang lebih kecil; konservasi dan transformasi energi kimia; dan pembangunan makromolekul seluler dari prekursor yang lebih kecil. 

Enzim membantu mempercepat reaksi kimia dalam tubuh manusia. Enzim mengikat molekul dan mengubahnya dengan cara tertentu. Enzim sangat penting untuk respirasi, mencerna makanan, mendukung fungsi otot dan saraf, serta masih banyak ribuan fungsi spesifik lainnya.

Enzim adalah fasilitator hebat kehidupan. Enzim menciptakan kondisi yang diperlukan agar reaksi biokimia terjadi dengan cepat, Enzim adalah katalis biologis mengkatalisasi reaksi kimia yang terjadi di dalam makhluk hidup. Enzim memiliki sifat yang khas. Enzim mengubah kecepatan reaksi, dan meningkatkan laju reaksi tidak mengubah produk  enzim bekerja secara spesifik, enzim hanya mempengaruhi substrat tertentu. 

Enzim bekerja pada suhu optimum, enzim akan kehilangan aktivitasnya karena pH yang terlalu asam atau basa kuat, dan pelarut organik. Enzim diperlukan dalam jumlah sedikit, enzim bekerja secara bolak-balik, enzim tidak menentukan arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan. 

Enzim dapat menguraikan suatu senyawa menjadi senyawa-senyawa lain, dan juga sebaliknya, menyusun senyawa-senyawa menjadi senyawa tertentu.


Jawablah pertanyaan berikut ini:

1.     Jelaskan secara kimia bagaimana enzim, strukturnya dan cara kerjanya.

2.     Sesuai dengan sifat kimia enzim di atas, jelaskan secara kimia kerja enzim sesuai dengan sifatnya. Tunjukkan dalam suatu reaksi!

3.    Berdasarkan kerjanya, Enzim dibagi menjadi beberapa kelompok. Sebutkan dan Berikan satu contoh reaksi yang dikatalisis oleh  masing-masing enzim tersebut! 

4.    Jelaskan bagaiman konsentrasi substrat dapat mempengaruhi kinetika reaksi enzim!