Ujian Tengah Semester

Petunjuk: Kerjakan Soal-soal berikut ditulis tangan dalam kertas ukuran A4 dengan menggunakan pena warna biru. Pindai pekerjaan saudara dengan baik dan disimpan dalam ekstension .pdf. Waktu pengumpulan (submission) paling lambat Sabtu, 21 Oktober 2023, 23.00 WIB.

SOAL

1. Jelaskan definisi kurikulum yang dikemukkan oleh para ahli (minimal 7) dan kelompokkan pendapat-pendapat para ahli tersebut masuk dalam dimensi pengertian kurikulum yang sesuai. (Skor 10)
2.  Salah satu fungsi kurikulum adalah fungsi diferensiasi. Sebut dan jelaskan dasar hukum serta teori-teori yang menjadi acuan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. (Skor 20)
3.  Perencanaan  kurikulum dilaksanakan secara multilevel mulai dari level kelas sampai Internasional dan mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan, tuntutan dan perkembangan yang terjadi di sektor regional, nasional dan Internasional.  Jika saat ini saudara sudah berperan sebagai guru, jelaskan apa yang akan saudara lakukan dalam proses perencanaan kurikulum di tingkat kelas sampai tingkat sekolah ! Lalu, jelaskan apa saja kebutuhan-kebutuhan, tuntutan dan perkembangan yang terjadi di sektor regional, nasional dan Internasional saat ini yang akan menjadi pertimbangan saudara dalam merencanakan kurikulum ! (Skor 35)
4.   Jelaskan secara singkat  4 model pengembangan kurikulum dalam buku Gordon, Taylor dan Oliva (2019). Jelaskan menurut saudara, model mana yang diterapkan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka untuk tingkat sekolah dasar? ( Skor 25)
5.   Jelaskan manfaat Manfaat kurikulum bagi  peserta didik, pendidik, sekolah, masyarakat dan pemerintah! (Skor 10)
Total Skor: 100