Tugas Menulis Temuan Penelitian dan Menulis Argumen dari hasil temuan penelitian

Halo semua!
Tugas ini terdiri dari dua komponen sebagai berikut:
  1. Penulisan transkrip hasil wawancara atau hasil kuesioner, observasi, dan uraian dari data berupa artefak atau dokumen
  2. Membuat coding dari hasil data kualitatif yang diperoleh dari jenis-jenis pengambilan data di atas. Membuat coding pada topik ini dilakukan dengan software F4analyse
  3. Pembuatan bagan Toulmin dari hasil analisis data yang diperoleh (primer dan sekunder)
Pada topik ini kita mempelajari bagaimana menuliskan argumen dari hasil temuan penelitian kita. Mengapa argumen penting dilakukan? Supaya kita dapat meyakinkan pembaca bahwa yang kita teliti itu hasil yang obyektif, yang diperoleh berdasarkan data, baik itu data yang kita ambil sendiri melalui observasi, interview, artefak/dokumen, maupun data yang kita peroleh dari literatur/artikel (data sekunder). 

Metode Toulmin digunakan sebagai metode penulisan argumen sederhana. Silakan simak kembali slide berikut untuk memahami tahap demi tahap mulai dari menentukan metode pengumpulan data, analisis, menuliskan temuan penelitian, dan menuliskan argumen penelitian.

Silakan simak juga beberapa contoh video mengenai Toulmin argument pada topik hari ini, kemudian aplikasikan pada kasus penelitian anda masing-masing.

Tugas dibuat dalam format pdf dan diupload pada moodle dengan ukuran file tidak lebih dari 20MB. Perhatikan batas waktu penerimaan tugas.

Best of luck!
Team dosen KVA 304 MPD