Mid Term Exam
DESKRIPSI BANGUNAN APUNG:
Sebuah barge yang beroperasi di air laut memiliki dimensi sebagai berikut:
LOA |
= |
100 |
m |
B |
= |
36 |
m |
H |
= |
5 |
m |
Full Draft |
= |
4.5 |
m |
Lightweight |
= |
2800 |
Ton |
KG |
= |
2.5 |
m |
Top View
Side view (Midship section)
Ketika barge kosong (tidak ada air ballast masuk dan tidak ada muatan), KG = 2.5 m.
Kapasitas tanki penuh = 98% dari volume total
SOAL
1. Buatlah kurva hidrostatik dari barge tersebut dengan draft yang dimulai dari saat lightweight hingga full load:
a. Displacement
b. TPC
c. KB
d. BMT
e. KMT
2. Ketika ditambahkan muatan dengan KG 17 m dengan berat 10000 ton tepat di centerline dan di midship, berapa persen tanki 3P dan 3S harus diisi untuk menghasilkan draft = 4m?
Note: Ingat! Δ = LWT + Cargo
3. Berapa Final KG yang terjadi akibat penambahan beban dan ballast tersebut?
Hint: cari dulu tinggi air ballast yang mengisi 1 tanki
4. Berdasarkan isian tanki ballast, berapa koreksi KG setelah dikurangi oleh FSE?
5. Berdasarkan nilai GM nya, termasuk stabilitas apakah konfigurasi barge dan cargo di atas? Berapa nilai GM nya?
6. Buatlah kurva stabilitas statis nya pada sudut 0 s/d 30 derajat menggunakan wall-sided formula!
7. Jika barge tersebut akan ditambah muatan di deck nya dengan berat 5000 ton dengan jarak 12 m dari centerline ke portside, berapakah sudut list yang terjadi?
PETUNJUK PENGERJAAN UTS:
1. UTS dibuka pukul 13.00 dan berakhir pukul 20.00
2. Kerjakan semua soal di atas dengan Microsoft Excel. Kerjakan dengan rapi per soal dan jelaskan metode pengerjaannya per line jawaban.
3. Tandai dengan Fill Color yang berbeda setiap cell jawaban di masing-masing nomor
4. Upload jawaban Anda di box yang telah disediakan
5. Plagiasi, segala bentuk kecurangan akan ketahuan karena system dapat mengetahui metadata author asli dari masing-masing file excel. Jika ditemukan kesamaan, semua nilai dalam 1 kelas akan saya cancel.
6. Jika ada pertanyaan, mohon segera whatsapp ke saya.