Tugas Pertemuan 10

Kerjakan Tugas Individu berikut:

UNTUK SETIAP KONDISI DI BAWAH INI TENTUKAN STATUS INVESTEE DALAM HUBUNGAN DENGAN INVESTOR:

a. Subsidiary (Anak)
b. Associate
c.  Joint Venture
d. Investment Entity
e. Investasi dalam instrument keuangan sesuai PSAK 71


BERIKAN PENJELASAN BERDASARKAN PSAK 65 UNTUK PILIHAN ANDA!
 
PT IndoOil adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran minyak di Indonesia. PT Indo Oil memiliki beberapa investasi sebagai berikut:

  1. Pada Januari 2020, PT IndoOil. mengakuisisi 19% saham biasa yang memiliki hak suara di PT OilPart, entitas yang menyediakan suku cadang untuk industri minyak, seharga € 100.000. PT IndoOil. tidak memiliki hubungan lain, pengaturan kontrak atau perwakilan di dewan direksi PT OilPart.
  2. Pada Januari 2020, PT IndoOil mengakuisisi 70% saham biasa yang memiliki hak suara PT IndoClean, entitas yang menyediakan layanan pembersihan untuk rig minyak, seharga € 500.000.
  3. Pada Januari 2020, PT IndoOil mengakuisisi 45% saham biasa yang memiliki hak suara di PT Indo Machine, sebuah entitas yang memproduksi mesin dan peralatan, seharga € 200.000. PT IndoOil juga memegang kontrak forward untuk memperoleh tambahan 10% saham biasa di PT Indo Machine, dengan penyelesaian dalam waktu satu tahun. Investor lain di PT Indo Machine tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi aktivitas relevan dari PT Indo Machine sebelum penyelesaian kontrak forward itu.
  4. Pada Januari 2020, PT IndoOil mengakuisisi 42% saham biasa yang memiliki hak suara PT TechOil, sebuah perusahaan pengembangan teknologi minyak, seharga € 350.000. PT IndoOil memiliki kekuatan untuk menunjuk dan memberi remunerasi bagi personel manajemen kunci dan penyedia layanan serta menghentikan layanan dan penggunaan PT TechOil. Sisa saham PT TechOil dimiliki oleh ratusan investor lain yang tersebar luas.
  5. Pada Januari 2020, PT IndoOil mengakuisisi 60% saham biasa yang memiliki hak suara PTSecurityIndo, entitas yang menyediakan layanan keamanan untuk rig minyak, seharga € 100.000. Hak suara hanya memberikan kuasa terkait dengan tugas administratif. Aktivitas relevan PTSecurityIndo. diarahkan melalui pengaturan kontrak di mana PT IndoOil bukan merupakan pihak di dalamnya.
  6. Pada Januari 2020, PT IndoOil mengakuisisi 70% saham biasa yang memiliki hak suara di Asset Mgt. Ltd. Asset Mgt. Ltd. bertindak sebagai pengelola dana (pengambil keputusan) untuk reksa dana bernama Fundings Ltd. dan memiliki 25% investasi di reksa dana tersebut. Tidak ada kewajiban untuk mendanai kerugian di luar investasi itu. Investor lain dapat mengeluarkan manajer investasi dengan suara mayoritas sederhana, tetapi hanya untuk pelanggaran kontrak (hak protektif). Manajer investasi dibayar biaya tetap dan biaya terkait kinerja yang sepadan dengan layanan yang diberikan. Kombinasi investasi manajer investasi bersama dengan remunerasinya dapat menciptakan eksposur terhadap variabilitas imbal hasil dari aktivitas reksa dana yang signifikan.
  7. Bulan depan, PT IndoOil berencana mengakuisisi 47% saham biasa yang memiliki hak suara di Thai Gas sebuah perusahaan teknologi gas di Thailand. Ini bertujuan untuk pengembangan bisnis internasional. Dua investor lainnya masing-masing memiliki 25% hak suara di Thai Gas. Sisa hak suara 3% dipegang oleh tiga pemegang saham lainnya, masing-masing memegang 1%. Tidak ada pengaturan lain yang mempengaruhi pengambilan keputusan.
  8. Akhir tahun ini, PT IndoOil  berencana untuk mengakuisisi 45% hak suara PT IndoGeo. 22 pemegang saham lainnya masing-masing akan memiliki 2,5% hak suara investee. Tidak ada pemegang saham yang memiliki pengaturan kontrak untuk berkonsultasi dengan yang lain atau membuat keputusan kolektif. Keputusan tentang aktivitas yang relevan dari PT IndoGeo membutuhkan persetujuan dari mayoritas suara yang diberikan pada rapat umum pemegang saham yang relevan. Pada rapat pemegang saham terkait baru-baru ini, hanya 3 dari 22 pemegang saham lainnya yang memberikan suara.

 
Ketentuan Tugas:

  • Dibuat dalam ukuran A4, Times New Roman 12, 1.5 spasi 
  • Pengumpulan tugas melalui e-learning (sesuai batas waktu yang ditentukan)
  • Upload dalam bentuk PDF dengan format penamaan file:“NamaMahasiswa_NIM_Tugas Pertemuan 10.pdf
  • Contoh penamaan: “Tia Ayu_12345678_Tugas Pertemuan 10.pdf