Tugas Pertemuan 12

Kerjakan Tugas Individu berikut:

SOAL 1
PT Jualan offline secara rutin menjual Produk U, V, W dan X secara terpisah, dengan harga jual berdiri sendiri berikut ini:


 
PT Jualan offline secara rutin menjual Produk V dan W secara bersamaan sebesar Rp 65.000. Harga jual berdiri sendiri produk X bersifat sangat variable dengan range seperti yang disebutkan di atas.

PT Jualan offline  menyepakati  kontrak  dengan  pelanggan  untuk  menjual Produk U, V, W dan X sebagai pertukaran dengan imbalan sebesar Rp 135.000 pada tanggal 13 Maret 2021. Pengiriman dilakukan secara bertahap, dimana tahap 1 dikirimkan produk U dan V, sedangkan tahap 2 untuk W dan X

a. Metode apa yang digunakan untuk mengalokasikan harga kontrak dan bagaimana teknis alokasi harga yang harus dilakukan PT Jualan offline untuk setiap kewajiban pelaksanaannya ?
b. Jurnal apa yang harus dibuat oleh PT Jualan offline pada saat pengakuan pendapatan di setiap tanggal pengiriman (transaksi ini terhutang PPN).
 
SOAL 2
Entitas menyepakati kontrak dengan pelanggan pada 1 Januari 2021, untuk mengalihkan produk kepada pelanggan dengan harga Rp150.000 per produk.  Jika pelanggan membeli lebih dari 1 juta unit produk dalam satu tahun kalender, maka kontrak mengindikasikan bahwa harga per unit secara retrospektif dikurangi menjadi Rp125.000 per produk. Imbalan jatuh tempo ketika pengendalian atas produk dialihkan kepada pelanggan. Oleh karena itu, entitas memiliki hak tanpa syarat atas imbalan (yaitu piutang) sebesar Rp150.000 per produk sampai pengurangan harga secara retrospektif diterapkan (yaitu setelah 1 juta unit barang dikirimkan).

Dalam menentukan harga transaksi, entitas menyimpulkan pada saat awal kontrak bahwa pelanggan akan memenuhi batas 1 juta unit produk dan oleh karena itu, mengestimasi bahwa harga transaksi adalah Rp125 per produk.

BUATLAH JURNAL YANG DIPERLUKAN:

a. Pada tanggal pengiriman

b. Jika batas 1 juta unit terpenuhi

c. JIka batas 1 juta unit tidak terpenuhi
 
Pengiriman awal 100 produk
 
Ketentuan Tugas:

  • Dibuat dalam ukuran A4, Times New Roman 12, 1.5 spasi 
  • Pengumpulan tugas melalui e-learning (sesuai batas waktu yang ditentukan)
  • Upload dalam bentuk PDF dengan format penamaan file: “NamaMahasiswa_NIM_Tugas Pertemuan 12.pdf
  • Contoh penamaan: “Tia Ayu_12345678_Tugas Pertemuan 12.pdf