Materi 15

Sebelum membaca Materi 15, isilah soal-soal Pre Test terlebih dahulu, lalu baca materi secara baik, dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post Test. Data berapa lama membaca, dan waktu membaca tersimpan dengan lengkap, ikuti dengan benar.

4

  1. Teori Ketiga

Merupakan gabungan antara teori pertama dan teori kedua, untuk menjadi pemimpin perlu bakat dan disertai pembinaan bakat tersebut.

  1. Teori Keempat

Setiap orang bisa menjadi pemimpin asalkan kemampuannya diperlukan pada kondisi tersebut. Teori ini disebut teori situasi.

A.  Pendekatan dalam mempelajari Kepemimpinan Pendidikan

  1. Tiga keterampilan / skills yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin (Kazt) :
    1. Human Relatian Skill

Kemampuan berhubungan dengan bawahan

  1. Technical Skill

Kemampuan menerapkan ilmunya ke dalam pelaksanaan (operasional)

  1. Conceptional Skill

Kemampuan dalam melihat sesuatu sacara keseluruhan yang kemudian dapat merumuskannya. Seperti dalam mengamibil keputusan, membentuk kebijakan, dll. Kemampuan ini juga disebut Managerial Skill

  1. Pendekatan Sifat (Traits Aproach)

Pendekatan yang didasari asumsi bahwa kondisi fisik dan karakteristik pribadi adalah penting bagi kesuksesan pemimpin.

  1. Pendekatan keperilakuan (Behavioral Aproach)

Pendekatan yang memandang kepemimpinan dapat dipelajari dari pola tingkah laku, dan bukan sifat-sifatnya. Studi ini melihat dan mengidentifikasi perilaku yang khas dari pemimpin dalam kegiatannya dalam mempengaruhi anggota-anggota kelompoknya.Pendekatan ini menitikberatkan pandangannya pada dua aspek perilaku kepemimpinan :

  1. Fungsi-fungsi kepemimpinan
  2. Gaya-gaya kepemimpinan

Gaya-gaya kepemimpinan dapat dikategorikan sebagai gaya yang berorientasi pada tugas (task oriented) dan gaya yang berorientasi dengan bawahannya (employee oriented).