Topic outline

  • Kuliah

    *LINK GROUP WA: https://chat.whatsapp.com/D9qAEEYpw7A6INEwzoIzwH*
    *Link Google Meet: https://chat.whatsapp.com/GLkiZfIuyNBHqdXdPNNeAg*

    Semester : (Januari Juni 2021) (2 SKS)

    Nama Mata Kuliah : Administrasi dan Supervisi Pendidikan

    Tujuan Instruksional : Memiliki wawasan tentang profesi pendidik, konsep, proses, dan ruang lingkup administrasi dan supervisi pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan dan mampu mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan secara professional

    Tugas
    1. Individu
    a. Membuat resume maksimal dua halaman dan minimal satu halaman sesuai dengan template yang sudah diberikan dengan daftar pustaka minimal lima
    b. Mengerjakan pre test dan post test

    2. Kelompok
    a. Membuat makalah untuk dipresentasikan lalu diupload ke e learning
    b. Membuat powerpoint presentasi lalu diupload ke e learning

    Persentase Penilaian
    - UAS = 35%
    - UTS = 25%
    - Tugas = 20%
    - Lain-lain = 20%

    Daftar Rujukan

    Afriansyah, H. (2019). Administrasi Pendidikan di Indonesia.
    Arikunto, Suharsimi, & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media & FIP UNY.
    Dedi Supriadi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Jakarta : Rosda Karya.
    Dirawat, dkk. 2000. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional
    Hadari Nawawi. 1994. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Ghalia Indonesia
    Handyat Soetopo dan Wasty Soemanto. 2004. Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara
    Kep-Menegpan dan RB No. 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta
    Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosda Karya
    -------. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi & Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya
    -------. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya
    -------. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya
    -------. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosda Karya
    Puskur Diknas. 2006. Panduan Pengembangan Diri untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
    Sutisna Oteng. 2004. Administrasi pendidikan: Dasar Teori dan Praktek Profesional. Bandung : Andi Offset
    Sutjipto & Rafles Kosasih. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta : P3TK Depdikbud
    Syahril. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Sukabina Press
    Tim Penulis Bahan Ajar Profesi Kependidikan. 2002. FIP Universitas Negeri Padang
    UU. No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    PP. No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan
    UU. No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  • Kuliah

    Hade Afransyah, S.Pd, M.Pd



       

    HP : 085274401952

  • Pertemuan 1

    Pengenalan
    1. Pentingnya mempelajari Administrasi dan Supervisi Pendidikan
    2. Konsep profesi pendidik dan tenaga kependidikan
  • Pertemuan 2

    Konsep Administrasi Pendidikan

    1. Konsep dasar administrasi pendidikan (pengertian, pentingnya dan tujuan)
    2. Fungsi/Proses administrasi pendidikan
    3. Ruang lingkup administrasi pendidikan
  • Pertemuan 3

    Administrasi Kurikulum

    1. Pengertian Kurikulum
    2. Proses adminsitrasi kurikulum (perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi)
    3. Peran guru dalam administrasi kurikulum
  • Pertemuan 4

    Administrasi Peserta Didik

    1. Pengertian administrasi peserta didik
    2. Proses administrasi peserta didik
    3. Instrumen administrasi peserta didik (manual & elektronik)
    4. Peran guru dalam administrasi peserta didik
  • Pertemuan 5

    Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) 1

    1. Konsep dasar adminsitrasi PTK
    2. Proses administrasi PTK (pengadaan, penempatan, orientasi)
    3. Kesejahteraan PTK (gaji, tunjangan, penghargaan)
    4. Cuti PTK
  • Pertemuan 6

    Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) 2

    1. Pembinaan dan Pengembangan PTK
    2. Kenaikan pangkat PTK
    3. Pemberhentian dan Pensiun PTK
    4. Evaluasi Kinerja PTK
    5. Peran guru dalam administrasi PTK
  • Pertemuan 7

    Administrasi Sarana Prasarana

    1. Konsep dasar Administrasi Sarana Prasarana
    2. Proses adminsitrasi sarana dan prasarana (perencanaan, pengadaan, inventaris, penyaluran, pemanfaatan & pemeliharaan, penghapusan, pengawasan)
    3. Peran guru dalam administrasi sarana dan prasarana
  • Pertemuan 9

    Administrasi Keuangan

    1. Pengertian administrasi Administrasi keuangan
    2. Proses administrasi keuangan (Penyusunan RPS, RKAS, penggunaan, dan pertanggung jawaban)
    3. Pemeriksaan dan pelaporan
    4. Peran guru dalam administrasi keuangan sekolah
  • Pertemuan 10

    Administrasi Hubungan Sekolah dan Masyarakat (Husemas)

    1. Pengertian administrasi hubungan sekolah dan masyarakat
    2. Prinsip dan Teknik administrasi hubungan sekolah dan masyarakat
    3. Proses administrasi husemas (Penyusunan program, pelaksanaan, pengawasan)
    4. Peran personil sekolah dalam adminsitrasi Husemas.
  • Pertemuan 11

    Administrasi Layanan Khusus

    1. Pengertian administrasi layanan khusus
    2. Jenis-jenis layanan khusus dan pengelolaannnya
    3. (pustaka, labor, UKS, kafe, sarana ibadah, asrama, koperasi, transportasi)
    4. Peran guru dalam administrasi layanan khusus
  • Pertemuan 12

    Administrasi Tata Usaha

    1. Pengertian Administrasi ke-Tata Usahaan Sekolah
    2. Proses Adm Ketatausahaan (persuratan dan kearsipan)
    3. Tata Ruang Kantor/Sekolah
    4. Peran guru dalam administrasi ketatausahaan sekolah
  • Pertemuan 13

    Supervisi Pendidikan

    1. Konsep dasar supervisi pendidikan (pengertian, rasional, tujuan, fungsi)
    2. Ruang lingkup (akademik dan manajerial)
    3. Prinsip supervisi pendidikan
    4. Peranan supervisi pendidikan
  • Pertemuan 14

    Proses dan Teknik Supervisi

    1. Proses (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi & tindak lanjut)
    2. Teknik (individu & kelompok, langsung & tidak langsung)
  • Pertemuan 15

    Kepemimpinan Pendidikan

    1. Pengertian,
    2. Fungsi,
    3. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah