Materi 15

Sebelum membaca Materi 15, isilah soal-soal Pre Test terlebih dahulu, lalu baca materi secara baik, dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post Test. Data berapa lama membaca, dan waktu membaca tersimpan dengan lengkap, ikuti dengan benar.

9

1)   Kepemimpinan Transformasional diukur dalam hubungannya dengan efek pemimpin tersebut terhadap para pengikutnya.

2)   Formulasi dari teori Kepemimpinan Transformasional antara lain :

a)    Karisma

b)   Stimulasi intelektual

c)    Perhatian yang individualisasi

Dapat dikatakan bahwa seorang kepala sekolah menerapkan teori Kepemimpinan Transformasional jika dia mampu mengubah energy sumber-sumber daya baik manusia maupun non manusia untuk mencapai tujuan-tujuan sekolah seperti yang dikemukakan oleh Sudarwan Danim (2003 : 54).

Menurut Leithwood dkk (1999) mengatakan “transformational leadership is seen to be sensitive to organiation building developing shared vision, distributing leadership and building school culture necessary to current restructing efforts in school”.

Pemimpin dengan kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang memilki visi ke depan dan mampu mengidentifikasikan perubahan lingkungan serta mampu mentransformasikan perubahan tersebut ke dalam organisasi. Dimensi-dimensi Kepemimpinan Transformasional Menurut BASS dan AVOLIO (1994) dengan konsep 4I.

1)   Idealized Influenced, perilaku yang menghasilkan rasa hormat (respect) dan rasa percaya dari orang- orang yang dipimpinnya.

2)   Inspirational Motivation, senantiasa menyediakan tantangan dan makna atas pekerjaan orang-orang yang dipimpinnya.

3)   Intellectual Simulation, senantiasa menggali ide-ide baru dan solusi  yang kreatif dari orang-orang yang dipimpinnya

4)   Individualized consideration, memberikan perhatian khusus kepada kebutuhan prestasi  dan kebutuhan orang yang dipimpinnya.

Model kepemimpinan transformasial perlu diterapkan dalam dunia pendidikan, karena merupakan salah satu solusi krisis kepemimpinan terutama dalam bidang pendidikan. Olga Epitropika (2001:1) mengemukakan 6 hal mengapa kepemimpinan transformasial penting bagi suatu organisasi.

  1. Secara signifikan meningkatkan kinerja organisasi.
  2. Secara positif dihubungkan dengan orientasi pemasaran jangka panjang dan kepuasan pelanggan.
  3. Membangkitkan komitmen para anggota terhadap organisasi.
  4. Meningkatkan kepercayaan pekerja dalam manajemen dan perilaku keseharian organisasi.
  5. Meningkatkan kepuasan [ekerja melalui pekerjaan dan pemimpin.
  6. Mengurangi stress para pekerja dan meningkatkan kesejahteraan.

Implementasi odel kepemimpinan transformasional dalam organisasi / intstansi pendidikan perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Mengaci pada nilai-nilai agama yang ada dalam organisasi / instansi atau bahkan suatu negara.
  2. Disesuaikan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sistem organisasi atau instansi tersebut.
  3. Menggali budaya yang ada dalam organisasi tersebut.
  4. Karena sistem pendidikan merupakan suatu sub sistem maka harus memperhatikan sistem yang lebih besar yang ada di atasnya seperti sistem suatu negara.

Kritisi model kepemimpina transformasional :