Diskusi 2

Diskusi 2

Diskusi 2

by RESTI YEKTYASTUTI -
Number of replies: 34

Di atas telah diberikan link video pembelajaran. Meteri tentang fungsi media pembelajaran dibuat dengan program Sparkol Videoscribe sedangkan materi tentang manfaat media pembelajaran dibuat dengan program Camtasia.

 

 

  • Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?
  • Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?

 

 

Tuliskan jawaban langsung di kolom yang disediakan. Jawaban dapat dikirim maksimal Sabtu 11 November 2023 Pukul 15.00 wib.

In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by MINA MARLINA -
Mina Marlina
Nim : H.2210254

Jawaban :
1. Menurut saya, diantara kedua jenis media diatas, yang paling efektif dan paling baik adalah sparkol videoscribe, alasannya adalah karena merupakan aplikasi lunak yang hasilnya berbentuk video yang bisa digabungkan dengan peta konsep, gambar – gambar, suara, dan musik yang bisa menarik dan meningkatkan peserta didik untuk mengamati pelajaran secara aktif. Nah, dengan demikian visual yang menarik dapat meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa.

2. Pada kedua jenis media sparkol videoscribe dan program camtasia pasti memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda.

[Sparkol VideoScribe]:
- Fungsi: Sparkol VideoScribe adalah perangkat lunak animasi tangan untuk menyampaikan informasi kepada siswa dengan membuat video animasi dengan gaya tangan yang unik. Dengan hal tersebut dapat berupa gambar-gambar vektor yang digambar dengan tangan dan menghubungkannya dalam video animasi. Dari hal tersebut dapat menciptakan presentasi yang menarik perhatian siswa.
- Manfaat: VideoScribe cocok untuk membuat video eksplainer, presentasi, dan konten edukatif. Ini membantu menarik perhatian siswa dengan gaya animasi yang berbeda. Manfaatnya termasuk kemudahan penggunaan, pembuatan video yang cepat, dan kesan visual yang kuat.

[Camtasia] :
- Fungsi: Camtasia adalah perangkat lunak perekam layar dan editor video. Ini memungkinkan merekam aktivitas layar dengan detail seperti mengedit video, dan menambahkan efek, animasi, suara, dan teks.
- Manfaat: Camtasia digunakan terutama untuk membuat tutorial, video instruksional, dan konten pelatihan. Dengan program camtasia ini dapat merekam langkah-langkah pada layar komputer Anda dan dengan mudah mengeditnya. Camtasia juga menyediakan beragam alat untuk meningkatkan kualitas video Anda. Ini sangat berguna bagi instruktur online, pengembang perangkat lunak, dan mereka yang ingin berbagi pengetahuan melalui video.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by UMMI RASYIDA SYAFAWANI -
Tanggapan Mengenai Video Fungsi Dan Manfaat Media Pembelajaran:
Apakah pembelajaran dapat dilakukan tanpa media pembelajaran?
Pembelajaran tetap dapat dilakukan tanpa media pembelajaran karena dalam hal ini media pembelajaran hanyalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran, tetapi pastinya tidak akan seefektif ketika menggunakan media pembelajaran, karena fungsi media pembelajaran ada fungsi atensi, afektif, kognitif, dan kompensantoris, dimana fungsi-fungsi media pembelajaran tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan lebih bermakna, terutama bagi siswa.
‌Apa perbedaan manfaat yang kalian rasakan jika belajar menggunakan media pembelajaran: teks, gambar, video/animasi, praktikum/percobaan?
Dengan adanya media pembelajaran pastinya sangat bermanfaat selama kegiatan pembelajaran, berikut manfaat media pembelajarn menurut saya:
Teks: Menggunakan media pembelajarn teks pastinya dapat membantu kegiatan pembelajaran, tetapi dalam penggunaan “teks” mungkin akan kurang membantu jika kita sebagai guru dalam menyajikannya tidak membuat dengan semenarik mungkin/kurang kreatif/kurang inovatif, karena jika hanya mengandalkan teks akan membuat siswa menjadi jenuh/boring, seperti hanya menggunakan buku, modul, dll sebagainya, yang didalamnya hanya berupa teks-teks yang tidak menarik dan tidak dapat meningkatkan semangat belajar anak. Karena itulah kita sebagai guru harus dapat menginovasikan media pembelajaran tersebut dengan semenarik mungkin, seperti membuat spiner yang didalamnya bisa berisi informasi-infomasi penting seputar materi pembelajaran atau dapat berisi pertanyaan-pertanyaan yang dapat meningkatkan daya fikir anak, dengan media pembelajaran tersebut dapat membantu siswa agar lebih termotovasi untuk belajar dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif.
Gambar: Dengan menggunakan media pembelajaran ini dapat membantu kegiatan pembelajaran, karena siswa akan lebih tertarik untuk belajar, dimana yang tadinya tidak semangat dan siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan, akan membuat siswa lebih paham dikarenakan terdapat gambar yang menarik perhatian mereka, dan membuat siswa menjadi lebih fokus dan semangat. Dimana didalam gambar tersebut pastinya juga terdapat materi pembelajaran yang ingin disampaikan kepada anak dan membuat kegiatan menjadi lebih bermakna bagi siswa.
Video/Animasi: Penggunaan media pembelajarn bentuk video/animasi ini menurut saya hampir sama dengan menggunakan gambar, tetapi penggunaan video menurut saya akan lebih bermakna lagi, karena selain melihat materi yang disajikan dengan menarik dalam bentuk video tersebut, siswa juga mendengarkan apa yang disampaikan didalam video, karena didalam video, gambar dan suara dikeluarkan seccara bersamaan, dan dengan suara yang muncul akan membuat siswa lebih fokus aka napa yang disampaikan, siswa tidak akan terdistrek dengan suara-suara dari luar kelas atau suara-suara lainnya.
Praktikum/Percobaan: Penggunaan media pembelajaran dengan praktikum/percobaan menurut saya sangat-sangat bermanfaat, karena dengan praktium/percobaan ini bukan hanya materi yang siswa dapatkan tetapi juga pengimplementasian langsung, dan hal ini dapat membuat siswa lebih paham akan apa yang disampaikan oleh guru. Dan menurut saya dengan praktikum ini merupakan yang paling efektif, karena selain dapat diimplementasikan secara langsung tetapi juga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, membangkitkan semangat/motivasi belajar siswa, membuat kegiatan menjadi lebih bermakna, dan dapat diterima dengan baik oleh siswa, apa yang sedang disampaikan oleh guru, tanpa membuat siswa jenuh, karena jika hanya teori yang diberikan tanpa praktikum langsung akan gampang dilupakan oleh siswa dimasa yang akan datang/tidak bermakna.
Kesimpulannya: Menurut saya semua media pembelajaran sangat efektif dalam membantu kegiatan pembelajaran, karena hal itulah sebagai guru harus dapat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran agar dapat membantu kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna.


DISKUSI 1
Di atas telah diberikan link video pembelajaran. Meteri tentang fungsi media pembelajaran dibuat dengan program Sparkol Videoscribe sedangkan materi tentang manfaat media pembelajaran dibuat dengan program Camtasia.
Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?
Menurut saya media dengan program “Sparkol Videoscribe”, karena didalam video tersebut menarik untuk dilihat sehingga membuat kita tidak jenuh dalam menontonnya dan membuat kita fokus dalam menerima materi. Materi yang disampaikan juga to the point tidak bertele-tele sehingga membuat langsung paham, ditambah dengan animasi pendukung yang juga berhubungan dengan materi yang disampaikan, membuat kita lebih paham terhadap materi yang disampaikan.

Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?
Menurut saya kedua media pembelajaran tersebut mempunyai fungsi dan manfaat yang sama, yaitu untuk membantu kegiatan pembelajaran agar lebih menarik, tetapi menurut saya yang membedakan, apakah kedua media tersebut mempunyai kefektifan yang sama dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Karena menurut saya media pembelajaran dengan menggunakan program “Sparkol Videoscribe” lebih efektif dalam kegiatan pembelajaran.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by YETI INAYAH -
Nama : Yeti Inayah
NIM    : H.2210325


1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?

Jawaban : Menurut saya media yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sparkol videoscribe, dengan alasan program ini lebih banyak menggunakan animasi tangan menggambar untuk menyampaikan pembelajaran. Dengan hal tersebut siswa tidak bosan untuk melihat video berulang kali serta memahami pembelajaran pada video tersebut, pada hakekatnya siswa akan senang jika dalam proses pembelajarannya menggunakan hal-hal yang menarik sehingga anak mudah paham mengenai pembelajaran yang ditampilkan pada video tersebut dikarenakan video tersebut menampilkan hal-hal yang menarik dan banyak animasi di dalamnya.

• Alasan memilih Sparkol Videoscribe
Alasan memilih media tersebut karena visual yang menarik, hal ini dapat memicu perhatian siswa dan juga membuat mereka lebih tertarik dan mempelajari materi pembelajaran. Visual yang menarik juga dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat informasi yang lebih baik. Selanjutnya ada penekanan pada konsep hal tersebut dapat mengatur urutan penjelasan dan menekankan poin-poin penting dalam materi pembelajaran, dengan begitu siswa dapat lebih mudah memahami suatu konsep yang dipahami dan mengingatkan dengan lebih baik dengan dilakukannya penekanan visual seperti ini dapat membantu siswa dalam menghubungkan informasi yang berbeda dan memperkuat pemahaman mereka. Adanya fleksibilitas dalam penggunaan media ini dapat digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, jadi dapat membuat video pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa kapanpun dan di manapun hal ini membuat siswa untuk belajar secara mandiri dan memperdalam pemahaman mereka tentang materi pembelajaran. Yang terakhir kreativitas dan presentasi Jadi kalau misalnya kita menggunakan media tersebut memberikan ruang bagi penggunaan untuk mengekspektasikan kreativitas mereka dalam menyampaikan informasi, dengan hal tersebut dapat menggunakan berbagai elemen visual, musik dan suara untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran siswa hal tersebut menggabungkan berbagai elemen secara kreatif dan dapat menciptakan presentasi yang menarik dan interaktif.

Tetapi menurut saya tidak menyarankan sparkol videoscribe cocok untuk semua jenis media pembelajaran jadi materi itu membutuhkan penjelasan yang lebih mendalam ataupun demonstrasi visual yang lebih terperinci, mungkin juga diperlukan pertimbangan media pembelajaran lain seperti camtasia contoh penggunaan media yang lebih sesuai. Jadi kesimpulannya media pembelajaran sparkol videoscribe dapat menjadikan media pembelajaran efektif karena visual yang menarik, penekanan pada suatu konsep, fleksibilitas penggunaan, dan kreativitas dalam presentasi. Namun perlu diingat bahwa tidak semua pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan konteks dan tujuan pembelajaran yang spesifik.

2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?

Jawaban : Pada setiap media yang digunakan dalam proses pembelajaran pastinya memiliki suatu fungsi dan manfaat yang berbeda satu sama lain seperti media Sparkol Videoscribe dan Camtasia memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda. 

A. Sparkol Videoscribe
Yang saya sudah katakan pada soal nomor 1 yang gimana media pembelajaran ini menggunakan animasi tangan menggambar untuk membuat video pembelajaran, media ini menawarkan keunikan yang visual membuat lebih tertarik untuk mempelajari materi pembelajaran. Dan media pembelajaran ini memiliki fungsi dan manfaat seperti
• Yang saya sudah jelaskan pastinya memiliki visual yang menarik, seperti animasi tangan menggambar. Sehingga media pembelajaran ini membuat materi pembelajaran menjadi jauh lebih menarik dan interaktif siswa juga dapat terlibat dalam proses pembelajaran dan mudah untuk menyampaikan informasi yang disampaikan dan bisa mengulang video untuk mencapai suatu pemahaman mereka.
• penekanan pada konsep. Jadinya tuh media ini memungkinkan penggunaan untuk menekankan pada suatu poin-poin penting saja dalam menyampaikan materi pembelajaran pada video. Dengan adanya fitur ini siswa itu dapat mudah memahami suatu konsep yang disampaikan dan mengingat dengan lebih baik.
• fleksibilitas dalam penggunaan. Jadinya video dengan membuat video ini akan lebih mudah diakses kepada siswa kapanpun dan di manapun hal tersebut memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan memperdalam pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.
• kreativitas dan presentasi. Dengan adanya media ini memberikan ruang bagi penggunaan untuk mengekspektasikan kreatif mereka dalam menyampaikan informasi jadinya tuh dapat menggunakan berbagai elemen visual, musik, dan suara untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran siswa. Dengan menggabungkan hal tersebut elemen ini secara kreatif dapat menciptakan presentasi yang menarik dan interaktif.

B. Camtasia
Menurut saya camtasia ini adalah media pembelajaran yang menggunakan video layar. Yang di mana media ini lebih fokus terhadap perekaman dan pengeditan video dengan fitur-fitur memungkinkan penggunaan untuk membuat video tutorial yang detail dan terperinci jadinya tuh camtasia lebih tepatnya seperti PPT yang menjelaskan materi secara terperinci. Adapun beberapa fungsi dan manfaat dari camtasia menurut saya
• perekaman layar yang detail. Jadinya tuh camtasia ini memungkinkan pengguna untuk merekam aktivitas layar komputer dengan detail. Hal tersebut itu sangat berguna yang di mana video tersebut menampilkan materi yang jauh lebih terperinci.
• pengeditan video yang mudah. Jadi camtasia menawarkan berbagai fitur pengeditan yang mudah seperti dengan pemotongan video, menambahkan efek visual, menyesuaikan audio, dan masih banyak lagi
• memiliki fitur yang mudah. Jadi camtasia ini memungkinkan untuk mengimpor berbagai jenis media seperti dengan adanya gambar, video, dan suara, ke dalam proyek pembelajaran. Hal tersebut memungkinkan orang yang menggunakan media ini dalam menggunakan video konten yang lebih beragam dan juga interaktif.
• dapat diekspor di berbagai media sosial. Jadi camtasia ini memungkinkan bisa mengekspor video ke berbagai format, sehingga dapat dengan mudah dibagikan ke berbagai platform pembelajaran ataupun media sosial.


Jadi, kesimpulannya, Sparkol Videoscribe dan Camtasia memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda. Sparkol Videoscribe lebih fokus pada animasi tangan menggambar dan penekanan visual, sementara Camtasia lebih fokus pada perekaman dan pengeditan video dengan fitur-fitur yang komprehensif. Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan konteks dan tujuan pembelajaran yang spesifik.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by ADISA FATYRA -
1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?
media pembelajaran dibuat dengan program Sparkol Videoscribe paling efektif dan baik jika digunakan untuk media pembelajaran anak terutama anak SD Namun, penting untuk selalu mempertimbangkan karakteristik siswa dan materi yang diajarkan sebelum memutuskan apakah Videoscribe adalah pilihan terbaik dalam situasi tertentu. Tetapi menarik yang membedakannya dari media Camtasia yaitu Sparkol Videoscribe bisa membuat animasi tangan bergerak menjadi menarik dan tidak membosankan ditonton, mudah digunakan untuk pemula dan sangat beragam template dan karakternya, dan Animasi Bergerak yang dapat membuat elemen-elemen dalam video bergerak dan bisa muncul satu per satu, yang bisa membantu dalam menjelaskan konsep secara bertahap.
Sedangkan media pembelajaran dibuat dengan program Camtasia paling efektif dan baik jika digunakan untuk pembelajaran berbasis perangkat lunak dan layar.

2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda? Iya tentu saja media pembelajaran dibuat dengan program Sparkol Videoscribe dengan media pembelajaran dibuat dengan program Camtasia Memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda tetapi tergantung pada kebutuhan pembelajarannya saja Videoscribe mungkin lebih unik dalam menciptakan animasi yang menarik kelebihannya seperti Media pembelajaran dengan Videoscribe membuat materi yang sulit dipahami menjadi lebih sederhana dan lebih visual. Ini membantu siswa memahami konsep yang kompleks, Siswa dapat menggunakan media ini untuk belajar sendiri, menjelajahi konsep-konsep yang diajarkan tanpa bantuan guru dan Menambah variasi dalam metode pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang berbeda. Ini dapat membantu siswa dengan gaya belajar yang beragam.
Sementara Camtasia lebih cocok untuk pembelajaran berbasis perangkat lunak dan layar. kelebihan Camtasia memiliki kemampuan perekaman layar yang kuat, yang memungkinkan Anda untuk merekam demonstrasi atau tutorial langsung dari komputer, memiliki fitur pengeditan video yang lebih canggih, sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit, memotong, dan menggabungkan klip video serta menambahkan efek visual dan suara.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by SHOFIA HANNA NISA -
1. Menurut saya media yang paling efektif dari kedua vidio yang telah saya lihat adalah program Sparkol video scribe, mengapa? Karena Video Scribe lebih menarik dan bagus animasi tangannya yang membuat unik, jadi audiens lebih fokus dalam memahami konsep atau cerita. Ini bisa sangat efektif karena lebih menarik.

2. Tentu, kedua media yang telah di paparkan seperti Sparkol video scribe dan Camtasia, memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda:
• Sparkol VideoScribe:
Fungsi: VideoScribe adalah membantu untuk membuat animasi tangan menggambar (whiteboard animation).
Manfaat: Cocok untuk menjelaskan konsep, menceritakan cerita, atau membuat video yang menarik secara visual. Berguna untuk pendidikan, pemasaran, dan presentasi yang kreatif.
• Camtasia:
Fungsi: Camtasia adalah media yang paling dikenal untuk merekam layar komputer, mengedit video, dan membuat tutorial atau video instruksional.
Manfaat: Berguna untuk membuat panduan, tutorial, demonstrasi, atau merekam presentasi layar.

Jadi, meskipun keduanya berfokus pada pembuatan video, namun ditujukan untuk penggunaan yang berbeda dan menawarkan manfaat yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.
In reply to SHOFIA HANNA NISA

Re: Diskusi 1

by SHOFIA HANNA NISA -
Izin menambahkan terkait pertanyaan yang ada di kedua vidio
 
1. Nah sekarang Coba jelaskan apakah Pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa media pembelajaran?
 
Menurut saya dari meteri yang telah di jelaskan dalam vidio, proses pembelajaran tanpa adanya media pembelajaran ini, akan tidak kondusif atau tidak terstruktur,tidak terarah dan tidak relevan proses belajara nya mengapa? Karena media ini sangat amat penting untuk membantu mewujudkan proses belajar mengajar agar lebih terarah kemudian terstruktur prosesnya kemudian lebih dapat memudahkan bagi pengajar dalam menyampaikan materinya dengan bantuan media pembelajaran dan bagi peserta didik, akan lebih mudah menyerap kemudian memahami materi dengan adanya media pembelajaran ini.
Seperti yg telah di jelaskan bahwasanya fungsi media pembelajaran ini dapat membantu mebuat anak lebih tertarik belajarnya, termotivasi dan bahkan cepat di pahami oleh anak yang mungkin lambat dalam proses pembelajaran karena adanya media pembelajaran tersebut yg membut anak senang dalam proses belajar sehingga lebih mudah bagi anak untuk memahami materi yg di ajarkan.
Jadi bahwasanya media pembelajaran ini sangat penting dalam proses pembelajaran agar memudahkan guru dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran kepada anak, kemudia media pembelajaran ini sangat bervariasi dan bermacam macam bentuk sesuaikan dengan konteks materi yang akan di ajarkan agar lebih menarik dan membuat siswa termotivasi untuk terus belajar dan tidak monoton atau disitu situ saja, kemudian agar dapat mengembangkan pemahaman siswa dalam berfikir juga.
Apabila pembelajaran dilaksanakan tanpa adanya media pembelajaran, sepertinya proses pembelajarannya akan kurang dipahami oleh peserta didik dan kurang bermakna dan kurang berkesan sepertinya, dan akan kebingungan untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Seperti itu menurut pendapat saya.

2. Apa perbedaan manfaat yang kalian rasakan jika belajar menggunakan media seperti teks, gambar, vidio/animasi, praktikum/percobaan?

Menurut saya dari beberapa media yang dipertanyakan, tentuk memiliki manfaat yang berbeda beda, misalnya:
1. Media teks: teks ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran, yang mana apabila suatu ketika dosen sedang menerangkan materi kemudian kita mencatatnya dan suatu ketika kita lupa, kita bisa mebuka kembali catatan yang telah kita catat dan kita bisa membacanya kembali. Dan memahaminya kembali. seperti itu manfaat yg saya rasakan pada media teks. Kemudian teks juga dapat memberikan informasi yang lebih mendalam dalam memahami konsep atau teori, seperti buku atau artikel.
2. Media gambar: dengan media gambar ini suasana pembelajaran lebih menarik dan lebih jelas dibandingkan dengan teori saja. Kemudian gambar juga dapat mengembangkan pemikiran kritis dan memunculkan imajinasi sehingga dapat lebih terhubung dengan materi pembelajaran
3. Media Vidio/Animasi: dengan media vidio ini manfaat yang saya rasakan ialah dapat mempermudah dalam memahami teori atau konsep yang kurang jelas atau hanya sebatas tulisan saja, misalnya saya kurang memahami suatu materi, kemudian saya mencari vidio mengenai materi yang kurang di pahami, kemudian setelah menukannya bisa di ulang-ulang agar mendapat pemahaman yang lebih jelas seperti itu. Tidak hanya sebatas melihat dan mendengar saja akan tetapi setah itu saya perkuat dengan catatan yang akan menghasilkan pemahaman yg lebih efketif untuk saya sendiri seperti itu.
4. Media praktek/percobaan: dengan adanya praktek ini misalnya saya dapat lebih memperkuat pemahaman teori yang telah di ajarkan, seperti saya di ajarkan mengenai pendidikan karakter bageur “membuang sampah ke tempatnya” contohnya, dosen telah memberikan pemaparan materi mengenai hal tersebut keudian saya di berikan tugas untuk mempraktekannya di dalam kehidupan. Dengan begitu pembelajarannya lebih bermakna dan berkesan dan menjadi kebiasaan baik juga. Dan lebih nempel materinya karena dibarengi dengan praktek itu sendiri.
 
Penggunaan media-media diatas dapat saling melengkapi. Gabungan teks, gambar, video, dan praktikum dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya dan memenuhi berbagai gaya belajar individu. Selain itu, konteks dan tujuan pembelajaran juga dapat mempengaruhi pilihan media yang paling efektif dalam situasi tertentu.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by ADISA FATYRA -
1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?
Keefektifan dan kebaikan suatu media pembelajaran sangat tergantung pada konteks penggunaan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Karena Sparkol Videoscribe dan Camtasia memiliki ciri khas masing-masing. Pilihan antara Sparkol Videoscribe dan Camtasia harus selalu dipertimbangkan dengan cermat berdasarkan kebutuhan dan tujuan spesifik pembelajaran. Yang terbaik adalah mempertimbangkan karakteristik siswa, kompleksitas materi, tingkat keterampilan pengguna, dan konteks pembelajaran sebelum membuat keputusan. Media pembelajaran yang paling efektif adalah yang sesuai dengan situasi pembelajaran dan mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

2. Apakah kedua media Sparkol Videoscribe dan media Camtasia memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda? Iya tentu saja berbeda fungsi dan manfaat tetapi 1 tujuan yaitu mencapai tujuan pembelajaran yang baik dan berhasil.
Fungsi Videoscribe memungkinkan untuk membuat animasi tangan yang menggambar gambar atau diagram dengan cara yang unik dan menarik.
Manfaat Menambah minat belajar karena Animasi tangan yang unik dapat memikat minat siswa dan membuat mereka lebih terlibat dalam pembelajaran. Memahami Konsep yaitu dengan visualisasi yang kuat, Videoscribe dapat membantu siswa memahami konsep yang kompleks. dan Pembelajaran Siswa dapat menggunakan video ini untuk belajar mandiri dan menjelajahi konsep-konsep yang diajarkan.

Fungsi Camtasia memiliki kemampuan perekaman layar yang kuat, bisa merekam narasi dan suara saat melakukan perekaman layar atau menambahkannya secara terpisah.
Manfaat: Bisa membuat demonstrasi praktis untuk menjelaskan langkah-langkah atau proses tertentu secara langsung, Pengeditan yang Kuat seperti Fitur pengeditan yang kuat memungkinkan Anda membuat video berkualitas tinggi dan menambahkan efek visual yang lebih rumit dan Kualitas yang Tinggi.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by ENDANG HANDAYANI -
1. Menurut saya dari kedua media tersebut yang paling efektif dan paling baik adalah media pembelajaran yang dibuat dengan program Sparkol Videoscribe, alasannya yaitu karena media pembelajarannya dibuat berupa video penjelasan dengan berupa tulisan beserta dengan suara penjelasan dan animasi gambar-gambarnya sehingga mampu membuat siswa tertarik untuk belajar, dan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran dengan baik.
2. Menurut saya, dari kedua media tersebut memberikan fungsi dan manfaat yang sama yaitu menjelaskan materi pembelajaran dalam bentuk sebuah video pembelajaran dan tujuan dari pembelajarannya dapat tercapai dengan baik, tetapi yang membedakan keduanya yaitu jika media pembelajaran yang dibuat dengan program Sparkol Videoscribe itu berupa video penjelasan dengan suara dan animasi gambar-gambarnya yang mampu membuat siswa tertarik dalam belajar dan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, Sedangkan media pembelajaran dengan program Camtasia hanya berupa penjelasan tulisan dengan fitur tambahan seperti penambahan efek dan suara yang kurang membuat tertarik siswa dalam belajar sehingga siswa mudah bosan dalam belajarnya dan kurang meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 1

by NATASYA AZZAHRA -
Menurut Saya, media yang paling efektif dan paling baik yaitu media pembelajaran dengan program sparkol karena pada dasarnya peserta didik menyukai hal yang menarik seperti sesuatu yang bergerak, berwarna, dan gambar ilustrasi cerita sehingga materi yang disampaikan pendidik lebih mudah diterima dan mampu dipahami oleh peserta didik serta akan lebih mudah menerima materi pembelajaran jika pembelajaran yang diberikan pendidik dalam suasana yang menyenangkan. Media progam sparkol sendiri menampilkan konten pembelajaran yang terdiri dari perpaduan antara gambar, suara, dan desain. Komponen yang disediakan oleh aplikasi ini sangat beragam sehingga memudahkan agar dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan. Aplikasi ini sudah menyediakan gambar, audio, dan chart yang dapat digunakan oleh pengguna. Selain itu aplikasi ini juga sudah bisa mengimport gambar dari komputer pengguna kedalam aplikasi sesuai dengan keinginan. Aplikasi videoscribe juga telah menyediakan gambar dan simbol yang dapat diakses secara online maupun offline sehingga dapat memudahkan para penggunanya. Berdasarkan karakteristik sparkol videoscribe, aplikasi ini efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar serta memudahkan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran.
Iya tentu saja, karena kedua media pembelajaran tersebut memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda progam sparkol videoscribe memiliki fungsi (1) untuk menarik perhatian dari pengunjung Blog dan Website. (2) penawaran Afilasi. (3) mempromosikan jasa online dan offline. (4) untuk media pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa, sparkol videoscribe dapat mempermudah proses belajar mengajar disekolah. Manfaat dari media sparkol videoscribe sendiri mampu menggabungkan beberapa unsur media seperti teks, audio, maupun gambar dalam satu media secara online, mampu memberikan stimulus yang baik kepada siswa, mampu memusatkan perhatian siswa pada saat kegiatan belajar mengajar sehingga pesan dapat tersampaikan dengan lebih efektif. Sedangkan fungsi media progam camtasia mempermudah tugas peserta didik dalam proses pembelajaran, dalam video pembelajaran interaktif serta manfaat dari hadirnya media pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman pada siswa, salah satunya dengan memanfaatkan software Camtasia. Jadi,kedua media tersebut memiliki fungsionalitas yang sangat berbeda. Camtasia lebih cocok untuk merekam dan mengedit video layar komputer, sementara VideoScribe dirancang khusus untuk membuat animasi sketsa tangan putih.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by PUTRI KHOIRUNNISA -
1. Dari kedua jenis media yang di berikan di atas media mana yang kamu anggap efektif Dan paling baik? Mengapa demikian?
Dalam media pembelajaran ini keduanya memiliki fungsinya masing- masing. menurut saya sparkol videoscribe paling baik dan efektif karena video tersebut menarik, dan bergambar-gambar sehingga membuat anak tertarik untuk melihat video pembelajaran tersebut, dan mudah untuk di pahami.

2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?

Kedua Media tersebut memberikan manfaat dan fungsi yang sama, agar tercapainya tujuan pembelajaran. Yang membuat beda dalam sparkol videoscribe lebih menarik dalam menjelaskan materi seperti ada gambar- gambarnya sehingga video tersebut menjadi menarik dan dapat mudah di pahami oleh peserta didik. Media pelajaran camtasia juga bagus dalam penyampaiannya jelas cuman tidak ada gambar- gambarnya sehingga mudah membuat peserta didik bosan.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by DHIYA ULFAH FATHIN -
1). Menurut saya media 1 lebih efektif karena, kreasi video yang menampilkan dan menjelaskan media pembelajaran sangat menarik sehingga membuat yang menonton dan membaca menjadi lebih pokus dan senang. Dalam hal lainnya menampilkan dan menjelaskan materi melalui materi bergambar secara kompleks membuat si pembaca cepat tanggap dan mengerti sehingga tidak menimbulkan rasa bosan saat menonton dan membaca video tersebut dalam durasi panjang sehingga dapat membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik.
Dengan kombinasi elemen visual yang menarik dan kemudahan penggunaan, Sparkol Videoscribe dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam membantu anak-anak SD memahami dan menikmati pembelajaran.

2). Menurut saya Fungsi dan manfaat dari kedua media sama. Tetapi cara penyampaian materinya yang berbeda. Karena media 1 menampilkan dan menjelaskan dengan memunculkan ide agar si pembaca tidak cepat bosan. Dengan menggabungkan elemen visual dan teks, Videoscribe membantu dalam pembuatan narasi yang jelas dan mudah dimengerti. Ini dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman audiens terhadap informasi yang disampaikan. Videoscribe juga dapat memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Mereka dapat membuat animasi sendiri, menambahkan teks, dan memilih elemen visual yang sesuai dengan ide-ide mereka. Sedangkan media 2 memunculkan dan menjelaskan materi dengan menampilkan beberapa ketikan dan penjelasan tanpa adanya media pendukung untuk si pembaca cepat mengerti dan tidak bosan.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by LAILA ASHILA -
Nama : Laila Ashila
Nim : H.2210150

1. Menurut saya media pembelajaran yang lebih efektif, di lakukan dengan menggunakan dalam vidio yang pertama, yaitu media pembelajaran berbentuk Sparkol VideoScribe merupakan media pembelajaran animasi papan tulis digital yang memungkinkan pembuatan konten visual untuk pembelajaran. Dengan VideoScribe, pembelajaram melalui video animasi yang menarik dengan menggambarkan gambar-gambar tangan yang digerakkan pada papan tulis virtual. Ini bisa menjadi media pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan konsep-konsep kompleks, membuat presentasi edukatif, dan mengkomunikasikan ide dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Karena dalam pembelajaran vidio tersebut pembelajaran terpaparkan semua dengan konsep yang menarik dan juga memudahkan proses pembelajaran. Sedangkan dalam vidio yang kedua, materi hanya terpaparkan dalam bentuk poin poin saja dan hanya gerakan' slide saja, itu membuat siswa jenuh untuk melakukan pembelajaran.

2. Menurut saya, dalam kedua vidio tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sama. Yaitu untuk memaparkan pembelajaran, memudahkan siswa untuk belajar dengan berbagai macam model pembelajaran.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by SHAKILLA AZZAHRA -
1. Menurut saya, kedua media tersebut sudah baik. Namun, yang lebih efektif untuk digunakan pada anak SD media pembelajaran videoscribe akan lebih efektif. Hal tersebut karena, dalam videoscribe lebih banyak animasi bergerak yang tidak membosankan membuat anak semakin penasaran dan dapat meningkatkan minat atau keinginan anak untuk mau memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru. Sedangkan dalam camtasia hanya terdapat tulisan berisikan suara, itu akan terkesan monoton dan membuat siswa kurang tertarik karena minat siswa dalam membaca yang masih rendah. Selain itu, seperti menurut Jean piaget bahwa perkembangan kognitif siswa SD masih berada pada tahap operasional konkret, dimana anak hanya dapat menangkap suatu pengetahuan dengan bantuan benda-benda kongkret. Dalam videoscribe anak mendapatkan gambaran benda tentang pengetahuan untuk membantu berpikir sedangkan dalam camtasia anak diminta seolah dapat berpikir abstrak sehingga anak akan sedikit kesulitan mencerna pengetahuan yang diterima.

2. Kedua media tersebut memberikan fungsi dan manfaat yang sama, yaitu sebagai fasilitas siswa untuk belajar. Dimana siswa dapat memperoleh materi dari video (visual) yang difasilitasi suara.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by ANISA ANISA -
ANISA
H.2210119
Menurut saya media yang efektif digunakan adalah media video scribe karena media tersebut memiliki visual yang menarik dan bisa menarik perhatian peserta didik dan membuat peserta didik ingin belajar dan membantu peserta didik memahami dengan melihat visual yang bagus. Sedangkan camtasia cenderung membosankan untuk peserta didik karena hanya memiliki suara dan kata2 dan kurang menarik perhatian peserta didik dan juga bisa saja membuat peserta didik mengantuk ketika mendengarkan nya.

Fungsi dan Manfaat video scribe
fungsi videosrcibe untuk membuat presentasi video animasi dengan tangan bergerak menulis atau menggambar sesuatu yang ada di layar, layaknya seperti seseorang menjelaskan secara langsung pada papan tulis,
Manfaat Videoscribe digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik di sekolah, videoscribe mampu meningkatkan prestasi siswa, karena peserta didik lebih tertarik melihat video animasi whiteboard, dibandingkan dengan seorang guru menjelaskan secara audio dan visual di papan tulis sebenarnya. Selain untuk media belajar videoscribe juga digunakan sebagai media bisnis online.

Fungsi dan Manfaat camtasia
Fungsi dan manfaat nya untuk membantu peserta didik agar bisa lebih mendengarkan sesuatu yang dipelajari nya dengan baik dan mau membaca tentang pelajaran yang sedang dipelajarinya juga
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by ZAYEHA AZZAHRA -
Menurut saya dari kedua media tersebut sudah memberikan pembelajaran yang terbaik. Akan tetapi, media yang paling efektif adalah videoscribe, media tersebut dapat menarik perhatian peserta didik pada saat belajar, memiliki animasi yang dapat membuat peserta didik semangat belajar dan membuat peserta didik memahami atau memperhatikan saat pembelajaran secara efektif. Sedangkan, Camtasia cenderung membosankan bila mana media pembelajaran tersebut sering dilaksanakan dalam belajar, karena hanya berisi suara dan bentuk kata2. Sehingga, dapat menyebabkan siswa mengantuk dan tidak fokus dalam memperhatikan materi yang ada dalam media tersebut.

● Fungsi dan manfaat
Videoscribe memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kualitas belajar yang lebih baik dan memilik manfaat yang positif dalam menggunakan media dengan tepat dan bervariasi.

Camtasia memiliki fungsi yang dapat menjelaskan struktur dan urutan pengajaran, manfaat dari media tersebut ialah membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Mereka dapat melihat, mendengar, dan membaca materi, yang dapat menciptakan pemahaman yang lebih baik.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by AURELLIA SEPTIARA AZ ZAHRA -
1. Menurut saya media yang paling efektif dan paling baik adalah media " Sparkol Vidioescribe" .
Karena media Sparkol vidioescribe membuat/memakai animasi tangan yang sangat menarik dan kreatif media ini juga dapat mambuat
anak-anak tidak bosan untuk melihatnya atau tidak bosan, serta gampang untuk memahaminya. Media ini juga ada suara, musik, dan juga
gambar yang sangat menarik menjadi anak anak sd penasaran. Media ini sangat membantu untuk anak anak sd yang males belajar dan
melihat buku.

2. fungsi dan manfaat
(Sparkol videoscribe)
fungsi nya membuat animasi tangan menggambar, jadi membuat vidio animasi dengan efek tangan menggambar dapat membuat gambar-gambar dan teks yang muncul seperti digambar oleh tangan secara langsung.
media ini meningkatkan kualitas belajar yang lebih baik dan juga menarik manfaat yang positif dalam menggunakan media yang tepat.

(Camtasia)
fungsi nya menjelaskan bahan pebelajaran/pengajaran, manfaat nya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Mereka dapat melihat, membaca materi dan mendengar suara guru yang menjelasakan.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by NISRINA NURAZIZAH -
1. (video pertama) Jelaskan apakah pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa media pembelajaran?
Jawab: Tidak, karena media pembelajaran merupakan alat atau pelantara penyampaian pembelajaran dari guru kepada siswa. Dengan adanya media pembelajaran wawasan guru dan siswa menjadi lebih luas dan kreatif, tidak hanya itu ada banyak manfaat dalam pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran seperti dapat memotivasi siswa dalam minat belajarnya, menyajikan infromasi yang luas, serta dapat membantu guru untuk menjelaskan materi secara rinci dan jelas.



2. (video kedua) Apa perbendaan manfaat yang kalian rasakan jika belajar menggunakan media:

Teks: dengan menggunakan media teks atau tulisan ini dapat memudahkan siswa yang memiliki gaya belajar visual, tidak hanya itu teks juga dapat memperlancar siswa dalam membaca.
Gambar: gambar juga sama halnya dengan teks yang dapat membantu siswa yang memiliki gaya belajar visual, tetapi gambar ini juga dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran atau siswa lebih gampang untuk memahami materi.
Video/animasi: media pembelajaran ini memudahkan untuk dapat membantu siswa yang memilliki gaya belajar visual dan auditori, karena manfaatnya siswa dapat bersemangat serta fokus untuk penerima materi.
Praktikum/percobaan: media ini akan digemari oleh siswa terutama yang memilki gaya belajar kinestetik, karena dengan praktikum siswa juga dapat berkreasi sesuai kemampuan dan minat siswa.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by NUR ZAHROUL MAWARDIYAH -
Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu menyampaian materi kepada siswa, supaya siswa lebih mudah menerima dan menangkap pesan yang disampaikan oleh guru didalam proses belajar mengajar. Tentunya setiap media pembelajaran memiliki kekurangan dan kelebihan pada masing-masing media, media pembelajaran juga memiliki keuntungan, manfaat dan fungsi yang berbeda-beda pada setiap program medianya. Jadi menurut kami diantara kedua media pembelajara tersebut sama-sama baik tetapi untuk keefektifan menurut kami media pembelajaran pertama atau dengan program sparkol videoscribe lebih efektif. Mengapa? Karena pada media pembelajaran pertama atau video pertama sangatlah menarik dan visual yang ditampilkan sangatlah beragam dalam setiap penyampaian materinya. hasilnya berbentuk video yang bisa digabungkan dengan peta konsep, gambar – gambar, suara, dan musik secara bersamaan. Maka hal itu dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar pada peserta didik dalam mengamati pelajaran tersebut secara aktif.
Tentu dari kedua media tersebut memberi manfaat dan fungsi yang berbeda, diantanya yaitu:
• Pada program sparkol videoscribe.
Fungsi dari Sparkol Videoscribe adalah untuk membuat presentasi video animasi dengan tangan bergerak menulis atau menggambar sesuatu yang ada di layar, layaknya seperti seseorang menjelaskan secara langsung pada papan tulis, sehingga biasanya dikenal dengan istilah lain yaitu "Whiteboard Animation for Dreating Hand Draw".
Program ini dapat memiliki manfaat bagi siswa dalam beberapa cara, termasuk:
a. Visualisasi Konsep: VideoScribe memungkinkan siswa untuk menggambarkan konsep-konsep kompleks atau abstrak dalam bentuk visual yang mudah dipahami. Ini dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
b. Pengajaran yang Menarik: Video animasi tangan yang menggambar biasanya menarik perhatian siswa. Ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik, yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
c. Kreativitas: Menggunakan VideoScribe memungkinkan siswa untuk menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan informasi. Mereka dapat merancang video animasi yang mencerminkan pemikiran dan ide-ide mereka sendiri.
d. Mengkomunikasikan Ide: Siswa dapat menggunakan VideoScribe untuk menyampaikan ide atau proyek mereka secara lebih efektif kepada guru atau sesama siswa. Ini dapat berguna dalam presentasi kelas atau proyek penelitian.
e. Pembelajaran Mandiri: VideoScribe memungkinkan siswa untuk membuat materi pembelajaran mereka sendiri. Mereka dapat menciptakan video yang mengajar topik tertentu, dan proses ini dapat membantu mereka memahami materi lebih baik.
f. Kemampuan Multimodal: VideoScribe memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan elemen visual dan audio ke dalam presentasi mereka. Ini dapat membantu siswa dengan berbagai gaya belajar, termasuk visual dan auditori.
g. Keterampilan Teknologi: Penggunaan VideoScribe juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang diperlukan di era digital.

• Pada program camtasia.
Camtasia adalah program aplikasi yang dikemas untuk recording, editing, dan publishing dalam membuat video presentasi yang ada pada layar (screen) komputer. Camtasia dapat berfungsi sebagai perekaman Layar, Pengeditan Video, Penambahan Anotasi, Efek Visual, Integrasi dengan PowerPoint, dan sebagainya.
Penggunaan program Camtasia dalam media pembelajaran memiliki berbagai manfaat, termasuk:
a. Perekaman Kuliah dan Presentasi: Dengan Camtasia, instruktur dapat merekam kuliah, presentasi, atau pelatihan mereka. Ini memungkinkan siswa atau peserta pelatihan untuk meninjau materi kapan saja dan di mana saja.
b. Pembuatan Video Pembelajaran: Camtasia memungkinkan pembuat konten pendidikan untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan informatif. Video ini dapat mencakup materi pelajaran, tutorial, demonstrasi, dan penjelasan yang lebih baik daripada teks biasa.
c. Peningkatan Kualitas Materi Pembelajaran: Dengan fitur pengeditan video Camtasia, pembuat konten dapat meningkatkan kualitas materi pembelajaran dengan menambahkan elemen visual, efek suara, animasi, dan penjelasan.
d. Pengembangan Materi Interaktif: Camtasia memungkinkan pengguna untuk menambahkan elemen interaktif ke dalam video, seperti kuis atau pertanyaan, yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta.
e. Personalisasi Pembelajaran: Instruktur dapat menciptakan video pembelajaran yang dapat dipersonalisasi oleh siswa. Siswa dapat memilih jalur pembelajaran mereka sendiri dengan memilih video yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
f. Materi Pembelajaran yang Mudah Dibagikan: Video yang dihasilkan dengan Camtasia dapat dengan mudah dibagikan melalui platform pembelajaran online, situs web, atau media sosial. Ini memudahkan akses siswa ke materi pembelajaran. 
 
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by RACHMAH AMALIA -
Menurut saya, media pembelajaran yang dibuat dengan program Sparkol Videoscribe lebih efektif untuk digunakan. Karena, terdapat penjelasan dan juga animasi yang berkitan dengan materi dalam media tersebut, tidak hanya tulisan saja sehingga bagi saya materi tersebut lebih mudah untuk dipahami.

Menurut saya, dari kedua media tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memaparkan sebuah materi melalui media dalam bentuk video, hanya saja manfaat yang dihasilkan berbeda yaitu pada video 1 saya lebih mudah memahami isi materinya, sedangkan pada video 2 harus lebih fokus dan teliti dalam memahami isi materinya.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by SITI INDAH ISA INE ARI -
Pertanyaan dari video 1
Apakah pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa menggunakan media
pembelajaran ?
Jawab : Tanpa media pembelajaran, proses belajar mengajar tidak dapat terjadi dengan efektif. Karena
media pembelajaran merupakan bagian integral dari sistem pembelajaran maka
penggunaan media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan adanya
media pembelajaran wawasan guru dan siswa menjadi lebih luas dan kreatif, tidak
hanya itu ada banyak manfaat dalam pembelajaran yang dilaksanakan dengan
menggunakan media pembelajaran seperti dapat memotivasi siswa dalam minat
belajarnya, menyajikan informasi yang luas, serta dapat membantu guru untuk
menjelaskan materi secara rinci dan jelas. jika seorang guru tidak menggunakan media
pembelajaran akibatnya turunnya kualitas pembelajaran dan berujung pada
menurunnya kualitas pendidikan.
Pertanyaan dari video 2
Apa perbedaan manfaat yang kalian rasakan jika belajar menggunakan media
(teks, gambar, video animasi, praktikum/percobaan. ?
Jawab :
1. Teks
Belajar menggunakan teks bisa menggali informasi secara detail, sebab semuanya
dijelaskan di dalam teks. Belajar menggunakan teks dapat melatih cara baca dan bisa
menambah kosa kata.
2. Gambar
Melalui gambar lebih menyenangkan sebab terdapat banyak warna sehingga minat
untuk belajar bisa lebih tinggi dan lebih efektif sehingga mudah untuk memahami
materi
3. Video Animasi
Belajar menggunakan video animasi sangat menyenangkan dan menimbulkan
semangat sehingga dapat memudahkan kita untuk memahami materi, mengapa
demikian karena dengan video animasi bisa melihat gambar dan penjelasan yang tersaji
dalam video animasi. Pembelajaran menggunakan video animasi sangat cocok untuk
yang gaya belajarnya visual auditori.
4. Praktikum / percobaan
menggunakan media praktikum sangat menyenangkan karena bisa terjun langsung
untuk melakukan dan membuat sesuatu. praktikum bisa menjelaskan suatu
pembelajaran secara lebih detail dan sistematis, media praktikum juga sangat efektif
karena bisa cepat dalam memahami materi dan sangat cocok untuk gaya belajar
kinestetik.
Pertanyaan diskusi
1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang
paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?
Jawab : Media program sparkol videoscribe karena bisa lebih menjelaskan secara sistematis
melalui gambar animasi yg disajikan membuat kita mudah untuk memahami suatu
pembelajaran.
2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?
Jawab : Ya, terdapat perbedaan, pada program media sparkol videoscribe melalui gambar
animasi yg tersaji , memiliki fungsi yang sudah disampaikan bahwa dapat memperjelas pesan
agar tidak terlalu bersifat verbalistis
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by TASA SABRINA -
jawaban pertama :
setelah saya menonton video tsb, dari kedua jenis media yang saya anggap efektif adalah media pembelajaran yang dibuat oleh program sparkol videoscribe karena dalam video tersebut dapat dikemas dengan baik apalagi menggunakan animasi/gambar yang membuat tertarik dalam menontonnya. Sehingga materi yang terdapat di video tersampaikan secara ringkas dan jelas + terdapat audio yang membantu.

Jawaban kedua:
Ya, Sparkol Videoscribe dan Camtasia memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Sparkol Videoscribe adalah software yang dirancang khusus untuk membuat animasi whiteboard, sedangkan Camtasia adalah software yang dirancang untuk membuat berbagai jenis video, termasuk animasi whiteboard, screen recording, dan video tutorial.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by NISA NUR AZIZAH -
Pertanyaan Diskusi
1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?

Jawaban: Media program sparkol videoscribe karena bisa lebih menjelaskan secara sistematis melalui gambar animasi yg disajikan membuat kita mudah untuk memahami suatu pembelajaran.


2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?

Jawaban: Ya, terdapat perbedaan, pada program media sparkol videoscribe melalui gambar animasi yg tersaji , memiliki fungsi yang sudah disampaikan bahwa dapat memperjelas pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (bentuk kata-kata) saja, sedangkan pada media program camtasia bersifat verbalistis.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by AMELIA QIBTIA -

Jawaban Pertama :
Setelah saya menonton video tersebut, dari kedua jenis media yang saya anggap efektif adalah media pembelajaran yang dibuat oleh program sparkol videoscribe karena dalam video tersebut dapat dikemas dengan baik apalagi menggunakan animasi/gambar yang membuat tertarik dalam menontonnya. Sehingga materi yang terdapat di video tersampaikan secara ringkas dan jelas + terdapat audio yang membantu.

Jawaban Kedua :
Ya, Sparkol Videoscribe dan Camtasia memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Sparkol Videoscribe adalah software yang dirancang khusus untuk membuat animasi whiteboard, sedangkan Camtasia adalah software yang dirancang untuk membuat berbagai jenis video, termasuk animasi whiteboard, screen recording, dan video tutorial.

In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by NISRINA NURAZIZAH -

Izin menambahkan 

Pertanyaan diskusi

1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap sebagai media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?Jawab : Media program sparkol videoscribe karena bisa lebih menjelaskan secara sistematis melalui gambar animasi yang disajikan membuat kita mudah untuk memahami suatu pembelajaran.

2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?Jawab : Ya, terdapat perbedaan, pada program media sparkol videoscribe melalui gambar animasi yg tersaji , memiliki fungsi yang sudah disampaikan bahwa dapat memperjelas pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (bentuk kata-kata) saja, sedangkan pada media program camtasia bersifat verbalistis.

In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by ALIS RAMDANIATI -
Nama : Alis Ramdaniati
NIM : H.2210367
PGSD kelas Sore_Semester 3

Pertanyaan Diskusi :
1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap sebagai media yang paling efektif dan paling baik? Mengapa demikian?

Jawaban :
Setelah saya menonton video tersebut, dari kedua jenis media yang saya anggap efektif adalah media pembelajaran yang dibuat oleh program sparkol videoscribe karena dalam video tersebut dapat dikemas dengan baik apalagi menggunakan animasi/gambar yang membuat tertarik dalam menontonnya. Sehingga materi yang terdapat di video tersampaikan secara ringkas dan jelas + terdapat audio yang membantu.


2. Apakah kedua media tersebut memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda?

Jawaban :
Ya, Sparkol Videoscribe dan Camtasia memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Sparkol Videoscribe adalah software yang dirancang khusus untuk membuat animasi whiteboard, sedangkan Camtasia adalah software yang dirancang untuk membuat berbagai jenis video, termasuk animasi whiteboard, perekaman layar, dan tutorial video.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by ENENG MULYANTI -
1. Menurut saya dari kedua media pembelajaran tersebut yang paling efektif dan baik adalah media pembelajaran yang dibuat dengan sparkol videoscribe, karena dengan media tersebut dibuat dengan animasi yang menarik, banyak gambar-gambar unik, dan penjelasan yang singkat dan jelas, sehingga siswa belajar lebih menyenangkan dan lebih cepat memahami materi yang diajarkan. Dengan media pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan cepat dan dapat meningkatkan daya imajinasi siswa, kemudian melalui media ini tidak monoton dalam penyampaian materinya.

2. Menurut saya dari kedua media tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sama yaitu memberikan pembelajaran kepada siswa agar lebih efektif dan lebih baik.

1. Sparkol Videoscribe

- Fungsi : Memberikan pembelajaran melalui video animasi dan tangan bergerak, secara otomatis media pembelajaran ini akan lebih menarik dilihat siswa

- Manfaat : Menambahkan kreativitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswa

2. Camtasia

- Fungsi : Dapat membantu dan melatih seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran melalui rekaman layar

- Manfaat : Membantu guru dalam menyampaikan materi melalui visual yang lebih praktis.

Tetapi dari kedua media tersebut juga memiliki perbedaan dalam fokus penggunaannya. Sparkol Videoscribe lebih fokus pada animasi dan gambar tangan yang bergerak untuk menciptakan sebuah media pembelajaran visual yang lebih menarik dibandingkan dengan camtasia yang terlihat monoton dalam penggunaannya.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by ALIA FEBRIANI -
1. Dari kedua jenis media yang diberikan di atas, media mana yang kamu anggap media yang paling efektif dan paling baik ? mengapa demikian?

Dari video di atas media yang paling efektif yaitu media yang dibuat dengan program Sparkol Videoscribe Kenapa karena di dalam media tersebut terdapat gambar, audio, dan juga dan juga alur dalam video tersebut itu sesuai dengan materi yang sedang dijelaskan dan itu membuat seru ketika kita melihatnya, contoh ketika mengatakan buku maka muncul gambar buku itu yang membuat tertarik dan lebih efektif dari media kedua, kemudian media tersebut membuat pembelajaran tidak monoton, bersemangat dalam belajar dan sangat mudah dalam memahami materi yang disampaikan

2. Apakah kedua media memberikan fungsi dan manfaat yang berbeda ?

Dalam fungsi mungkin kedua media tersebut memiliki persamaan yaitu fungsinya untuk menyampaikan materi tetapi untuk manfaatnya itu berbeda, media pertama itu manfaatnya kita lebih dapat memahami pembelajaran dengan mudah juga cepat, selain itu kita juga dapat mengetahui nama gambar yang ditampilkan, visualisasinya dapat auditorinya juga dapat. Untuk manfaat media pembelajaran yang kedua itu mungkin siswa hanya akan mendengarkan dan mungkin paham tetapi kemungkinan besar susah untuk paham dengan pembelajaran yang disampaikan karna hanya berisi teks saja tanpa gambar yang menarik dan itu akan membuat siswa tidak semangat untuk belajar.

pertanyaan yang ada di dalam video

1. Jelaskan apakah pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa media pembelajaran?

Pembelajaran bisa dilaksanakan tanpa menggunakan media pembelajaran, tetapi efektivitasnya mungkin terbatas. Tetapi dengan adanya media pembelajaran seperti buku teks, audio, video, perangkat lunak pembelajaran dan lainnya dapat meningkatkan pengalaman belajar dengan menyediakan berbagai cara untuk menyajikan informasi dan merangsang pemahaman siswa.

2. Apa perbedaan manfaat yang kalian rasakan jika belajar menggunakan teks, gambar, video/animasi dan praktikum/percobaan

Teks : ketika hanya pembelajaran menggunakan teks saja itu terkadang membuat saya terutama saya malas untuk belajar apalagi dengan tipikal saya orang yang kurang suka dalam membaca jadi ketika pembelajaran hanya berbentuk teks itu sangat membuat proses pembelajaran yang monoton yang jenuh dan tidak bersemangat untuk belajar dan aka membuat materi cepat lupa.

Gambar : manfaat ketika dalam penyampaian materi terdapat gambar, yang saya rasakan yaitu mudah memahaminya, belajar jadi semangat, seru, dan kita tahu bentuk dari apa yang sedang dijelaskan. Contoh, ketika seorang guru sedang menjelaskan tentang paru-paru dengan adanya media pembelajaran berbentuk gambar paru-paru maka kita akan lebih paham dan juga akan tahu bahwa "Oh yang sedang dijelaskan itu paru-paru yang seperti ini yaa" dan itu membuat kita lebih cepat memahaminya.

Video/animasi : ini sama seperti gambar ya manfaatnya hampir sama tapi mungkin lebih seru dibanding hanya gambar saja. Ketika video itu nyala ada animasi-animasi yang muncul yang lucu, seru itu tuh akan membuat pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan, dan juga dapat dipahami dengan cepat materinya.

Praktikum : mungkin dengan praktikum adalah proses pembelajaran yang sangat bermakna, dengan adanya praktikum itu kita terlibat langsung di dalamnya, kita melakukan langsung dari apa yang disampaikan materi. Contoh, dulu praktikum membuat taoge dari biji kecambah atau dari biji kacang hijau dan itu kita praktik langsung dari mulai awal pembuatan tempatnya, kapasnya, tempat penyimpanannya di mana, disiram sampai dia tumbuh beberapa senti dan itu masih ingat sampai sekarang dan menurut saya itu yang paling efektif pembelajaran yaitu praktikum.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by REGINA FEBRIANI -
Regina Febriani
NIM : H2210116

Jawaban:
1. Menurut saya media yang paling efektif dan paling baik ialah media sparkol vedio scribe karena media tersebut terdapat animasi, gambar atau video sehingga para pengguna atau pelajar yang belajar menggunakan media tersebut dapat menjadikan materi lebih menarik dan mudah ditangkap oleh pelajar dan dengan gambar atau animasi dapat meningkatkan pemahaman materi.
2. Menurut saya media sparkol videoscribe dan camtasia memberikan manfaat atau fungsi yang berbeda
• manfaat
- sparkol scribe terdapat animasi tangan yang sedang menggambarkan alat belajar yang digunakan dan menuliskan keterangannya serta adanya audio, sehingga pengguna tidak hanya melihat animasi atau gambar tetapi dapat mendengarkan juga
- camtasia hampir sama dengan sparkol videoscribe terdapat tulisan dan audio tetapi tidak ada gambar atau animasi yang menurut saya hal ini kurang menarik dalam pembelajaran, karena jika tidak terdapat gambar atau animasi seakan tidak ada contoh yang dimana contoh itu sebagai penguat dalam pemahaman materi
• fungsi
- sparkol videoscribe Memberikan kemampuan untuj membuat animasi
dengan tangan megambar
- camtasia merekam aktivitas layar komputer yang isinya tulisan dengan kemampuan menangap suara dan video
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by HASNA DWI RAHMAWATI -
1. Yang pertama, karena di masa sekarang ini sudah memasuki era digital dan siswa biasanya lebih suka belajar jika ada animasi atau gambar sehingga kemungkinan besar siswa lebih suka, senang saat pembelajaran dan lebih efektif
2. Dari kedua media pembelajaran di atas memiliki fungsi dan manfaat yang sama hanya saja media nya yang berbeda. Yang satu digital dan yang satu bentuk tulisan
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by NUR ZAHROUL MAWARDIYAH -
Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu menyampaian materi kepada siswa, supaya siswa lebih mudah menerima dan menangkap pesan yang disampaikan oleh guru didalam proses belajar mengajar. Tentunya setiap media pembelajaran memiliki kekurangan dan kelebihan pada masing-masing media, media pembelajaran juga memiliki keuntungan, manfaat dan fungsi yang berbeda-beda pada setiap program medianya. Jadi menurut kami diantara kedua media pembelajara tersebut sama-sama baik tetapi untuk keefektifan menurut kami media pembelajaran pertama atau dengan program sparkol videoscribe lebih efektif. Mengapa? Karena pada media pembelajaran pertama atau video pertama sangatlah menarik dan visual yang ditampilkan sangatlah beragam dalam setiap penyampaian materinya. hasilnya berbentuk video yang bisa digabungkan dengan peta konsep, gambar – gambar, suara, dan musik secara bersamaan. Maka hal itu dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar pada peserta didik dalam mengamati pelajaran tersebut secara aktif.
Tentu dari kedua media tersebut memberi manfaat dan fungsi yang berbeda, diantanya yaitu:
• Pada program sparkol videoscribe.
Fungsi dari Sparkol Videoscribe adalah untuk membuat presentasi video animasi dengan tangan bergerak menulis atau menggambar sesuatu yang ada di layar, layaknya seperti seseorang menjelaskan secara langsung pada papan tulis, sehingga biasanya dikenal dengan istilah lain yaitu "Whiteboard Animation for Dreating Hand Draw".
Program ini dapat memiliki manfaat bagi siswa dalam beberapa cara, termasuk:
a. Visualisasi Konsep: VideoScribe memungkinkan siswa untuk menggambarkan konsep-konsep kompleks atau abstrak dalam bentuk visual yang mudah dipahami. Ini dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
b. Pengajaran yang Menarik: Video animasi tangan yang menggambar biasanya menarik perhatian siswa. Ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik, yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
c. Kreativitas: Menggunakan VideoScribe memungkinkan siswa untuk menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan informasi. Mereka dapat merancang video animasi yang mencerminkan pemikiran dan ide-ide mereka sendiri.
d. Mengkomunikasikan Ide: Siswa dapat menggunakan VideoScribe untuk menyampaikan ide atau proyek mereka secara lebih efektif kepada guru atau sesama siswa. Ini dapat berguna dalam presentasi kelas atau proyek penelitian.
e. Pembelajaran Mandiri: VideoScribe memungkinkan siswa untuk membuat materi pembelajaran mereka sendiri. Mereka dapat menciptakan video yang mengajar topik tertentu, dan proses ini dapat membantu mereka memahami materi lebih baik.
f. Kemampuan Multimodal: VideoScribe memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan elemen visual dan audio ke dalam presentasi mereka. Ini dapat membantu siswa dengan berbagai gaya belajar, termasuk visual dan auditori.
g. Keterampilan Teknologi: Penggunaan VideoScribe juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang diperlukan di era digital.

• Pada program camtasia.
Camtasia adalah program aplikasi yang dikemas untuk recording, editing, dan publishing dalam membuat video presentasi yang ada pada layar (screen) komputer. Camtasia dapat berfungsi sebagai perekaman Layar, Pengeditan Video, Penambahan Anotasi, Efek Visual, Integrasi dengan PowerPoint, dan sebagainya.
Penggunaan program Camtasia dalam media pembelajaran memiliki berbagai manfaat, termasuk:
a. Perekaman Kuliah dan Presentasi: Dengan Camtasia, instruktur dapat merekam kuliah, presentasi, atau pelatihan mereka. Ini memungkinkan siswa atau peserta pelatihan untuk meninjau materi kapan saja dan di mana saja.
b. Pembuatan Video Pembelajaran: Camtasia memungkinkan pembuat konten pendidikan untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan informatif. Video ini dapat mencakup materi pelajaran, tutorial, demonstrasi, dan penjelasan yang lebih baik daripada teks biasa.
c. Peningkatan Kualitas Materi Pembelajaran: Dengan fitur pengeditan video Camtasia, pembuat konten dapat meningkatkan kualitas materi pembelajaran dengan menambahkan elemen visual, efek suara, animasi, dan penjelasan.
d. Pengembangan Materi Interaktif: Camtasia memungkinkan pengguna untuk menambahkan elemen interaktif ke dalam video, seperti kuis atau pertanyaan, yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta.
e. Personalisasi Pembelajaran: Instruktur dapat menciptakan video pembelajaran yang dapat dipersonalisasi oleh siswa. Siswa dapat memilih jalur pembelajaran mereka sendiri dengan memilih video yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
f. Materi Pembelajaran yang Mudah Dibagikan: Video yang dihasilkan dengan Camtasia dapat dengan mudah dibagikan melalui platform pembelajaran online, situs web, atau media sosial. Ini memudahkan akses siswa ke materi pembelajaran.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by WAFA KHILDA DALILAH -
1. Menurut saya, lebih efektif ketika menggunakan media pembelajaran sparkol videoscribe, karena menurut saya dengan menggunakan media pembelajaran sparkol videoscribe siswa lebih antusias dengan ada nya gambar-gambar animasi, musik, teks yang bergerak menjadikan siswa lebih semangat dan ke ingin tahu annya membuat siswa meningkat lebih aktif.

2. Fungsinya menurut saya berbeda, Sparkol Videoscribe lebih efektif untuk membuat video bergaya papan tulis animasi, yang dapat menarik bagi siswa dan membantu untuk memvisualisasikan konsep. Camtasia, di sisi lain, lebih cocok untuk merekam layar dan mengedit video, sehingga ideal untuk membuat tutorial dan pemaksaan. Kedua alat memiliki fungsi dan manfaat uniknya sendiri, dan pilihan di antara keduanya tergantung pada materi pembelajaran yang akan digunakan.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by DANIS ANINDITA PUTRI -
1. Menurut saya media yang paling efektif adalah media yang dibuat dengan sparkol videoscribe,karena media tersebut dibuat dengan animasi yang menarik sehingga siswa belajar lebih menyenangkan dan lebih cepat memahami karena penjelasannya yang cukup singkat. Dan dengan media pembelajaran sparkol videoscribe menambahkan imajinasi kepada anak yang menonton

2. Sparkol videoscribe,

Fungsi dari sparkol videoscribe memberikan pembelajaran melalui video animasi dan tangan bergerak secara otomatis pembelajaran ini dilihat menarik oleh siswa

Manfaat dari sparkol videoscribe,yaitu meningkatkan kreativitas guru dalam membuat dan menyampaikan materi kepada siswa

- Camtasia,

Fungsi dari Camtasia yaitu melatih seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran melalui rekaman layar

Manfaat dari Camtasia, membantu guru dalam proses penyampaian materi kepada siswa yang lebih praktis. Namun. Kedepannya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by DELFINA CHRISTIE SONDAKH -
Media yang paling efektif dan paling baik :
Menurut saya, media pembelajaran yang paling efektif dan paling baik adalah media yang dapat menarik perhatian siswa dan membantu mereka memahami materi dengan lebih mudah. Kedua media, Sparkol Videoscribe dan Camtasia, dapat memenuhi kriteria tersebut.

- Sparkol Videoscribe dapat digunakan untuk membuat video animasi yang menarik dan informatif. Video animasi dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi yang abstrak atau sulit dipahami. Selain itu, video animasi juga dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
- Camtasia dapat digunakan untuk membuat video tutorial yang langkah-langkahnya dapat direkam dan ditampilkan secara jelas. Video tutorial dapat membantu siswa untuk mempelajari keterampilan baru dengan lebih mudah. Selain itu, video tutorial juga dapat digunakan untuk merekam proses pembelajaran di kelas.

Perbedaan fungsi dan manfaat :
- Sparkol Videoscribe dan Camtasia memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, tetapi keduanya dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang efektif.
- Sparkol Videoscribe lebih cocok untuk membuat video animasi yang menarik dan informatif. Video animasi dapat digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep abstrak, mengajarkan keterampilan baru, atau sekadar menghibur siswa.
- Camtasia lebih cocok untuk membuat video tutorial yang langkah-langkahnya dapat direkam dan ditampilkan secara jelas. Video tutorial dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan baru, menjelaskan proses kerja, atau sekadar merekam proses pembelajaran di kelas.

Kesimpulan nya Kedua media, Sparkol Videoscribe dan Camtasia, dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang efektif. Media yang paling tepat untuk digunakan tergantung pada tujuan pembuatan media pembelajaran tersebut.
In reply to RESTI YEKTYASTUTI

Re: Diskusi 2

by DITA AMELIA -
menurut saya, antara kedua video tersebut media yang paling efektif adalah sparkol videoscribe karena menyediakan gambar dan musik, lebih fleksibel dan mudah untuk mengedukasi. sehingga, belajar tidak membosankan dan membuat pelajaran menjadi lebih seru.

perbedaan keduanya yaitu:

videoscribe dirancang khusus untuk membuat animasi sketsa tangan yang memberikan tampilan unik dan menarik. Memberikan animasi sketsa tangan yang memberikan kesan kreatif dan tangan manusia yang menggambar elemen-elemen. Ideal untuk membuat presentasi kreatif, video promosi, atau konten edukasi dengan gaya yang unik



sedangkan camtasia Lebih berfokus pada rekaman layar, pengeditan video, dan produksi konten tutorial. Cocok untuk membuat video tutorial, demo produk, atau konten yang membutuhkan perekaman langsung dari layar. bekerja pada animasi tradisional dan perekaman layar dengan kemampuan tambahan untuk menambahkan elemen-elemen grafis. Lebih cocok untuk pembuatan tutorial, demo produk, atau video instruksional yang melibatkan perekaman layar dan pengeditan video yang canggih.