Diskusi Tentang Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

by 22010024056 THRILIA RACHIANINGRUM -
Number of replies: 0

Ketika berada didalam situasi  di lokasi yang indah dengan matahari terbenam yang memancarkan cahaya emas di sekitar gunung dan danau. maka dapat memiliki potensi yang besar untuk menciptakan foto landscape pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk mencapai komposisi yang memukau,dapat dengan mempertimbangkan beberapa prinsip komposisi dan elemen estetika yaitu,

- Pertama saya menggunakan prinsip Rule of thrids, prinsip Rule of thrids ini berarti Penerapan aturan pertiga yang akan membantu untuk mengatur elemen-elemen utama dalam bingkai.Prinsip ini melibatkan pembagian bingkai menjadi sembilan bagian dengan 2 garis horizontal dan 2 garis vertika.  Kemudian pada kondisi tersebut dapat mengambil foto dengan menempatkan objeknya yaitu matahari atau gunung pada salah satu dari empat titik ini.Sehingga akan memberi keseimbangan visual pada gambar dan membuatnya lebih menarik.

- Kedua, saya dapat menggunakan leading lines, yaitu menggunakan garis paduan untuk mengarahkan pandangan mata penonton pada elemen utama dalam gambar, seperti matahari terbenam atau bisa juga Gunakan elemen-elemen alam seperti jalan, sungai, atau batuan untuk mengarahkan mata pemirsa ke arah matahari terbenam. Ini akan membantu menciptakan kedalaman dalam foto Anda dan memberi pandangan mata penonton sebuah "perjalanan" ke pemandangan utama.

- Dan yang terakhir prinsip pencahayaan, kita dapat memanfaatkan cahaya dari matahari terbenam. ketika memanfaatkan cahaya dari matahari terbenam maka hasil fotonya nanti akan menciptakan suasana emas yang indah dan llembut. dan juga pencahayaan ini perlu diperhatikan kontrasnya. eksposur yang rendah akan mendapatkan hasil foto siluet matahari terbenam, dan eksposur yang tinggi akan menghasilkan foto yang detail di gunung dan danau.

Selain prinsip-prinsip di atas, selalu ingat untuk menjaga horisontal agar sejajar dan menghindari cahaya terlalu terang yang bisa memicu overexposure. Juga, jangan ragu untuk mencoba berbagai sudut pengambilan gambar dan eksperimen dengan pengaturan kamera Anda untuk menemukan komposisi yang paling memukau.