Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Arah datangnya cahaya

Arah datangnya cahaya

by 22010024061 AINUN MUSLIMATIN -
Number of replies: 0

Front Light (Cahaya Depan)
Front light artinya sumber cahaya ada di depan subyek yang di foto sehingga biasanya sumber cahaya ada di belakang kamera kita. Cahaya depan bisa datang lurus terhadap subyek, seperti kalau kita menghadap ke matahari saat sunrise di pantai.

Side Light (Cahaya Samping)
Cahaya mengenai subyek dari samping kiri atau kanan. Cahaya samping ini memberi kesan dimensional yang kuat sehingga banyak dipakai pada foto arsitektur atau landscape pada foto diatas. Pencahayaan dari samping juga akan menguatkan tekstur sebuah subyek seperti bisa anda lihat pada permukaan gurun diatas.

Back Light (Cahaya Belakang)
Back light terjadi saat kita memotret subyek dengan sumber cahaya yang berasal dari belakangnya, dengan kata lain sumber cahaya ada didepan kamera namun dibelakang subyek. Saat kita memotret sebuah subyek yang membelakangi matahari, misalnya memotret teman yang menghadap ke timur pada jam 4 sore maka akan terjadi back light. Dengan membelakangi sumber cahaya, seringkali kita menghasilkan siluet

penggunaan metode pencahayaan side light dengan menggunakan cahaya buatan dari cahaya studio dengan pengambilan foto menggunakan metode candid. Kamu bisa merasakan kesan mistis, misterius, bahkan dramatis dalam foto itu. Meskipun terkesan suram dan mencekam foto tersebut juga terlihat mewah, elegan  dan artistik pada foto yang akan diambil.