Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Arah Datang Cahaya

Arah Datang Cahaya

by 22010024036 NATHANIA ALFANUR ISMAIL -
Number of replies: 0

1. Cahaya Depan (Front Lighting)

Arah cahaya depan mengacu pada cahaya yang datang langsung dari depan subjek. Dalam cahaya depan, subjek akan terlihat terang dan detailnya terlihat dengan baik. Ini menciptakan tampilan yang lebih konvensional dan cocok untuk mengkomunikasikan ekspresi wajah. Situasi yang tepat untuk cahaya depan adalah ketika ingin fokus pada ekspresi wajah dan detail subjek, seperti dalam potret kecantikan atau potret bisnis.

2. Cahaya  Samping (Side Lighting)

Dalam cahaya datang dari samping (side lighting), bayangan yang terbentuk akan memberikan dimensi dan tekstur pada subjek. Ini bisa menciptakan dimensi dan dramatisasi yang kuat dalam potret. Bayangan dapat menambah detail dan karakteristik pada subjek. Seringkali digunakan dalam fotografi potret untuk menekankan fitur wajah atau bahkan untuk menambahkan nuansa misterius. Situasi yang tepat adalah ketika ingin menciptakan dramatisasi pada subjek, seperti potret karakter.

3. Cahaya dari belakang (backlighting) 

Cahaya dari belakang memberikan efek siluet pada subjek. Dalam kondisi ini, subjek akan terlihat gelap dengan latar belakang yang terang. Backlighting sering digunakan untuk menciptakan suasana yang dramatis dan memberikan efek visual menarik pada foto. Situasi yang tepat untuk menggunakan cahaya dari belakang adalah ketika ingin menciptakan efek siluet yang memukau atau ketika ingin menekankan kontur subjek.