Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Efek dari Arah Datang Cahaya terhadap Foto

Efek dari Arah Datang Cahaya terhadap Foto

by 22010024043 PAULINA MARYDIKA CHRISTABELA -
Number of replies: 0

Seperti yang telah dipaparkan, arah datang cahaya mempengaruhi mood hasil foto yang kita ambil. Kita dapat menyesuaikan arah datang cahaya terhadap suasana foto yang akan kita ambil.

1. Front lighting: cahaya yang berasal dari arah depan cocok digunakan untuk menghasilkan foto produk yang detailnya harus terlihat jelas agar informasi seputar penampakan sebuah produk dapat dipahami oleh konsumen. Front lighting juga mengatur mood foto agar lebih vibrant dan cerah.

2. Side lighting: cahaya yang berasal dari arah samping cocok digunakan untuk menghasilkan foto potrait dengan mood yang dramatis. Foto dengan side lighting nampak lebih berdimensi dan memberikan mood yang serius.

3. Back lighting: cahaya yang berasal dari arah belakang cocok digunakan untuk menghasilkan foto lanskap dengan mood yang dapat disesuaikan. Foto lanskap/landscape dapat memberikan kesan megah karena foto ditangkap dengan point of view yang luas. Meletakkan sebuah objek yang terkena cahaya dan menjadi siluet dapat menambah kesan dramatis.