Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

PRINSIP ARAH DATANG CAHAYA

PRINSIP ARAH DATANG CAHAYA

by 22010024024 TITIZ ZUMROTIYAH -
Number of replies: 0

Arah cahaya dapat mengubah tampilan dan suasana dalam sebuah potret. Adapun arah Cahaya dapat datang dari berbagai sumber ssebagai berikut:

  1. Cahaya dari Sumber Depan:

Arah cahaya yang datang dari arah depan akan memberikan penerangan kepada subjek langsung dari arah kamera. Hal ini menghasilkan pencahayaan merata di seluruh wajah atau subjek. Efeknya adalah tampilan yang sangat detail dan jernih, tanpa bayangan yang tajam. Cahaya dari sumber ini bagus untuk memperlihatkan detail dan tekstur subjek, seperti kecantikan atau potret produk.

  1. Cahaya dari Sumber Samping

Arah cahaya yang datang dari samping akan menciptakan bayangan jelas pada salah satu sisi subjek, sehingga menghasilkan efek tiga dimensi yang dramatis. Cahaya dari arah ini menciptakan tampilan yang lebih artistik dan memberi kedalaman pada gambar. Kita dapat menggunakan cahaya samping untuk menyorot bentuk wajah, struktur kulit, atau detail subjek.
Situasinya ketika dalam potret karakter atau subjek dengan tekstur yang menarik, seperti patung atau model yang ingin memperlihatkan struktur otot atau bentuk tubuh yang dramatis.

  1. Cahaya dari Sumber Belakang

Arah cahaya yang datang dari belakang subjek akan membuat subjek tampak seperti siluet, dengan latar belakang yang meneranginya.
Hal ini menciptakan efek yang sangat dramatis dan artistik, sering digunakan dalam fotografi dengan cahaya alami, seperti matahari terbenam atau sinar matahari yang menembus suatu objek.
Situasinya ketika saat  ingin membuat potret yang berfokus pada bentuk dan siluet subjek, atau saat  ingin menciptakan suasana dramatis dan misterius.