Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Prinsip Arah Datang Cahaya

Prinsip Arah Datang Cahaya

by 22010024011 AMELIA SALYA SALSABILAH -
Number of replies: 0

Dalam fotografi, arah datang cahaya dapat memberikan dampak yang berbeda pada tampilan dan suasana dalam sebuah potret. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan dampak arah datang cahaya dari sumber cahaya depan, samping, dan belakang terhadap subjek Anda:

1. Cahaya dari depan (front light)

Cahaya dari depan adalah teknik pencahayaan yang memanfaatkan arah cahaya yang datang dari belakang fotografer. Cahaya yang datang saling berhadapan dengan area yang menjadi fokus utama objek foto, sehingga objek akan mendapatkan pencahayaan yang penuh. Teknik ini dapat memberikan tampilan yang natural dan mudah diterapkan pada berbagai jenis subjek, seperti potret manusia, hewan, atau objek lainnya.

2. Cahaya dari samping (side light)

Cahaya dari samping adalah teknik pencahayaan yang memanfaatkan arah cahaya yang datang dari samping objek yang difoto. Teknik ini dapat memberikan efek bayangan yang dramatis pada subjek, sehingga memberikan kesan tiga dimensi pada foto. Teknik ini cocok untuk subjek yang memiliki tekstur atau detail yang menarik, seperti potret manusia, hewan, atau objek lainnya.

3. Cahaya dari belakang (backlighting)

Cahaya dari belakang adalah teknik pencahayaan yang memanfaatkan arah cahaya yang datang dari belakang subjek yang difoto. Teknik ini dapat menciptakan efek siluet pada subjek yang diambil gambar. Selain itu, backlighting dapat menciptakan kontras yang dalam antara bayangan dan cahaya, dengan bayangan panjang di seluruh pemandangan. Teknik ini cocok untuk subjek yang memiliki bentuk yang menarik, seperti potret manusia, hewan, atau objek lainnya.