Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

cahaya dalam fotografi

cahaya dalam fotografi

by 22010024042 DIMAS FA'IS MAULANA -
Number of replies: 0
  1. Cahaya dari Depan (Front Lighting)Cahaya yang datang dari depan subjek adalah jenis pencahayaan yang paling umum dan sering digunakan dalam fotografi studio dan sebagian besar situasi pencahayaan biasa. Dalam pencahayaan depan, subjek terlihat dengan jelas dan rinci. Wajah atau objek terkena cahaya secara merata, sehingga bayangan minimal atau tidak ada sama sekali. Ini menciptakan tampilan yang sering dianggap sebagai normal atau netral

  2. .Cahaya dari Samping (Side Lighting)

Pencahayaan dari samping menciptakan bayangan yang jelas di satu sisi subjek, yang memberikan dimensi dan kedalaman pada subjek. Hal ini dapat mengungkapkan tekstur, detail, dan bentuk yang mungkin tersembunyi dalam pencahayaan depan. Ini membuat subjek terlihat lebih tiga dimensi dan menambahkan drama visual. Samping cahaya juga sering digunakan untuk memunculkan fitur wajah, seperti tulang pipi, yang mungkin kurang terlihat dalam pencahayaan depan.

3. Cahaya dari Belakang (Back Lighting):

Pencahayaan dari belakang subjek adalah ketika sumber cahaya berada di belakang subjek, yang menciptakan siluet subjek. Dalam situasi ini, subjek muncul dalam bayangan dengan cahaya latar belakang di sekitarnya. Ini bisa menciptakan efek dramatis dan artistik, terutama ketika subjeknya memiliki kontur yang menarik. Back lighting juga sering digunakan untuk menghasilkan efek sorotan atau aura di sekitar subjek.