Elaboration

Elaboration 4

Elaboration 4

by KANIA DINATA -
Number of replies: 4

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari

 

Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan metode diskusi ketika melaksanakan pembelajaran, metode tersebut digunakan karena jumlah siswa di kelas XI IPA 1 berjumlah banyak sehingga metode yang dipilih adalah metode ceramah dan metode diskusi. Kemudian setelah guru menjelaskan siswa diminta untuk berdiskusi terkait hal-hal yang memang harus ditemukan solusinya, hal tersebut bertujua untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa serta kemampuan untuk berbicara didepan banyak orang.

Kaitan Dalam Agama

Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman:

اِنَّ رَبَّكَ هُوَاَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَاَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ «۱۲۵ : ۱٦»

“Sungguh pendidikmu lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalannya dan mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. 16:125).

Jadi, setiap metode yang guru gunakan adalah metode yang sudah dipertimbangkan dari berbagai aspek, hal tersebut berarti bahwa guru mengetahui cara yang efektif untuk melakukan proses pembelajaran supaya siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tugas siswa adalah mengikuti arahan guru ketika dikelas, baik itu menggunakan metode diskusi, metode demonstrasi ataupun yang lainnya.