Forum Diskusi 2: Komunikasi

Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by ARDZYKA RAKA RAMADHAN -
Number of replies: 47

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia terdapat berbagai macam bahasa daerah. Selain kita wajib mengetahui bahasa daerah tersebut,untuk meminimalisir kesalahan dalam berkomunikasi pada warga lokal, kita perlu menggunakan bahasa Indonesia agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by DINDA AYU SOLIKHANINGSIH -
Seperti yang kita ketahui bersama, bahasa persatuan NKRI adalah Bahasa Indonesia. Dalam kenyataannnya masih banyak pula warga yang terletak di wilayah 3T bahkan mereka yang sudah lansia tidak dapat mengerti dan menggunakan Bahasa Indonesia. Bahkan pada sekelompok remaja masih menganggap Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang terlalu formal dan menjadi penghambat bagi keakraban pertemana mereka.

Analisis penggunaan bahasa yang dipahami oleh lawan bicara adalah langkah awal yang akan saya lalui. Guna meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat yang kurang memahami bahasa persatuan, hendaknya saya tetap melakukan kombinasi penggunaan bahasa daerah dan Bahasa Indonesia ketika melakukan komunikasi, agar tidak terjadi kesenjangan pemahaman dengan lawan bicara. Namun, jika lawan bicara saya mampu memahami Bahasa Indonesia dengan baik, semaksimal mungkin saya akan melakukan komunikasi dengan menggunakan kaidan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
In reply to DINDA AYU SOLIKHANINGSIH

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by ELSA DIAN MAYANTI -
ELSA DIAN MAYANTI
PM100204 - UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sebagai negara kepulauan nusantara yang terdiri dari beribu ribu pulau, tentu memiliki beragam budaya yang tercipta. hal ini tentu saja kontribusi dari kondisi geografis negara Indonesia yang sangat unik. pulau ke pulau terhubung oleh lautan, membuat masyarakat yang terisolasi membentuk kebiasaan hingga menjadi budaya. bahasa yang nenek moyangnya masih dipertanyakan, menjadi salah satu unsur budaya yang dimiliki oleh masyarakat. masyarakat Indonesia yang beragam memiliki ragam bahasa yang tinggi pula, antara satu suku dengan suku yang lain memiliki karakteristik bahasa sendiri yang disebut bahasa daerah.

lalu, muncullah ikrar sumpah pemuda yang mengakui bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan. dalam sejarahnya, bahasa Indonesia merupakan hasil perkembangan dari bahasa melayu yang menjadi bahasa "LIngua Franca", yang artinya sebagai bahasa penghubung antara komunitas satu dengan yang lain. dinyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan agar menjadi akses pengungkap ekspresi dari nasionalisme, serta dapat menyalurkan aspirasi masyarakat.
In reply to DINDA AYU SOLIKHANINGSIH

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Ken Winahyu Anggitami -
Bahasa persatuan merupakan salah satu pendekatan agar bisa berkomunikasi dengan warga lokal. Bahasa persatuan ini memang tak lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun, perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam bahasa. Setiap daerah memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Maka dari itu, perlu pendekatan bahasa lokal juga untuk berkomunikasi ketika masyarkat di daerah tersebut tidak dapat menggunakan bahasa persatuan. Sebagaimana pendapat Dinda, supaya komunikasi lebih komunikatif, kita melakukan kombinasi penggunaan bahasa Indonesia serta bahasa daerah.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MOCHAMAD RIDWAN ARIFIN -
MOCHAMAD RIDWAN ARIFIN
PM153017 - UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak suku bangsa dan bahasa yang sangat kaya. Pendekatan komunikasi terhadap warga lokal atau masyarakat lokal harus menggunakan bahasa komunikasi Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional resmi yang digunakan sebagai sarana komunikasi terhadap berbagai suku bangsa atau berbagai daerah yang ada di Indonesia. Misalnya, seorang dari suku Jawa kemudian berinteraksi dengan orang yang berasal dari suku Sunda, maka apabila berbahasa dengan bahasanya masing-masing yang Jawa berbahasa Jawa yang Sunda berbahasa Sunda kemudian itu tidak dapat menjadikan komunikasi menjadi interaktif. Sehingga sebagai sarana untuk menyelaraskan komunikasi yang interaktif dapat di gunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa dalam komunikasi agar komunikasi dapat terjalin dengan satu arah.

Dengan banyaknya ragam bahasa dari suku-suku yang ada di Indonesia maka bahasa Indonesia lah yang akan menjadi pemersatu dan melancarkan adanya komunikasi antar seseorang dari suatu suku dengan suku yang lain. Dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi nasional dapat menjadikan komunikasi menjadi lebih fleksibel dan efektif karena dapat dimengerti oleh berbagai kalangan masyarakat. Karena dalam hal ini penggunaan bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari sebagai bahasa komunikasi nasional untuk mempermudah jalannya suatu komunikasi antara satu dengan yang lainnya.
In reply to MOCHAMAD RIDWAN ARIFIN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Alfia Qumara Arridlo -
ALFIA QUMARA ARRIDLO
PM153520

setuju apa yang dikatakan, karena dengan menggunakan bahasa indonesia merupakan jalan suatu komunikasi yang baik. akan tetapi, kita harus mengingat dan perlu terkait etika etika atau cara penyampainnya tergantung situasi keadaan disabilitas itu sendiri, baik etika dalam berbicara hingga etika dalam perilaku, tutur kata yang lembut, perbanyak senyum maka dapat meanmbah keluwesan dalam berkomunikasi yang baik.
In reply to Alfia Qumara Arridlo

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by FITRIANA ASTUTI -
setuju, sebagai bentuk awal pendekata komunikasi kepada warga lokal menggunakan bahasa indonesia terlebih dahulu merupakan cara untuk berkomunikasi yang tepat untuk meakukan komunikasi
apalagi bagi kita yang berada didaerah yang baru dan memiliki bahasa yang berbeda
In reply to Alfia Qumara Arridlo

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Miratika Kumala Ningtyas -
setuju apa yang dikatakan bahwa sebagai bentuk pendekatan dengan warga lokal bahasa yang pertama digunakan yaitu Bahasa Indonesia karena bahasa tersebut merupakan bahasa persatuan. Bahasa Indonesia merupakan bahsa yang mdah dipahami untuk melakukan komunikasi jika kita berada di luar daerah kita atau daerah yang baru
In reply to MOCHAMAD RIDWAN ARIFIN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MUHAMMAD SYAUQIE TAUFIQURRAHMAN -
Muhammad Syauqie Taufiqurrahman
PM122701
Universitas Siliwangi

sependapat, Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan dari Negara Indonesia yang menghubungkan masyarakatnya yang memiliki banyak suku bangsa dan bahasa dengan adanya Bahasa Indonesia atau bahasa persatuan maka seluruh masyarakat Indonesia dapat berinteraksi satu sama lain dalam hal komunikasi, hanya saja pada saat dilakukan hendaknya menggunakan Etika yang berlaku dalam masyarakat sekitar sehingga tidak adanya kesalah pahaman dan seluruh pihak merasa nyaman untuk melakukan komunikasi dalam sehari-hari. namun selain manfaatnya itu terdapat pula dampak yang ditimbulkan dari adanya bahasa persatuan yaitu banyaknya bahasa daerah yang dilupakan oleh generasi penerus karena tidak diturunkan secara temurun sehingga dilupakan. maka dari itu penggunaan kedua bahasa tersebut haruslah digunakan secara bersamaan sehingga tidak ada bahasa yang hilang dan komunikasi dapat berjalan dengan baik
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by NUR MAULUDIYAH -
NUR MAULUDIYAH
UNIVERSITAS JEMBER

tentu bahasa indonesia sebagai solusi yang tepat digunakan dalam berkomunikasi apabila terdapat perbedaan bahasa daerah namun ada beberapa hal yang akan menyulitkan juga dalam berkomunikasi bila mana , masyarakat atau lawan bicara kita tidak paham betul bagaimana menggunakan bahasa indonesia, nyata nya di beberapa daerah pelosok yang kental dengan kebudayaan mereka dan masih menjaga tradisi hingga saat ini mereka dominan menggunakan bahasa daerah mereka sebagai alat komunikasi disana, lalu pejuang muda sebagai pendatang disana tentu kekmungkinan besar belum bisa bergaul atau berinteraksi dengan baik karena ada perbedaan aspek bahasa tersebut. dari kedua nya pun untuk mengajari bahasa satu sama lain akan sulit jika tidak ada yang memahami kedua bahasa tersebut.

hal inilah sebenernya yang menjadi problematika dalam penggunaan bahasa yang menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi antar individu, sehingga seperti yang dijelaskan sebelumnya kita harus mencari warga atau orang luar dari daerah tersebut yang paham dengan komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengajarkan kepada masyarakat dan pejuang muda nantinya agar saling berkomunikasi dengan baik tanpa adanya selisih paham antar masyarakat dan mahasiswa pejuang muda .
In reply to NUR MAULUDIYAH

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by M. YUSUF -
Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional resmi yang digunakan sebagai sarana komunikasi terhadap berbagai suku bangsa atau berbagai daerah yang ada di Indonesia. Misalnya, seorang dari suku Jawa kemudian berinteraksi dengan orang yang berasal dari suku Sunda, maka apabila berbahasa dengan bahasanya masing-masing yang Jawa berbahasa Jawa yang Sunda berbahasa Sunda kemudian itu tidak dapat menjadikan komunikasi menjadi interaktif. Sehingga sebagai sarana untuk menyelaraskan komunikasi yang interaktif dapat di gunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa dalam komunikasi agar komunikasi dapat terjalin dengan satu arah.
Dengan banyaknya ragam bahasa dari suku-suku yang ada di Indonesia maka bahasa Indonesia lah yang akan menjadi pemersatu dan melancarkan adanya komunikasi antar seseorang dari suatu suku dengan suku yang lain.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by SUCIATI HANUNG PANGESTU -
Saya setuju dengan pendapat beberapa rekan, Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan penting untuk digunakan sebagai bekal komunikasi dengan warga lokal. Namun, tidak semua warga lokal mengerti Bahasa Indonesia, kecuali mereka pernah mengenyam pendidikan dasar. Jadi menurut saya kita perlu melakukan integrasi bahasa antara bahasa lokal dan bahasa persatuan, dimana kita sebagai mahasiswa harus dapat "mempelajari" bahasa daerah dimana tempat kita berada, sebagai bentuk rasa saling menghargai dengan masyarakat setempat yang kurang bisa beradaptasi dengan Bahasa Indonesia, dari integrasi bahasa (bahasa campuran) ini merupakan langkah awal kita untuk membimbing masyarakat agar lebih mengenal bahasa persatuan (bahasa Indonesia).
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MAHENDRA SAHRUL FITRI ALFAIZY -
indonesia memang memiliki berbagai suku dan budaya, danjuga disetiap suku tersebut memiliki bahasa yang berbeda beda. akan tetapi kita juga tidak boleh lupa kalau bahasa persatuan kita yaitu bahasa indonesia yang dimana setiap warga negara indonesia harus bisa menggunakan bahasa indonesia agar komunikasi antar masyarakat yang berbeda suku dapat terhubung dan komunikasi berjalan dengan baik, tidak terjadi salah paham antar suku dikarenakan mereka tidak paham dengan bahasa suku lain. tetapi apabila ada masyarakat yang masih belum bisa menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar, kita sebagai mahasiwa dan orang yang sudah bisa menggunakan bahasa indonesia dengan baik tentu memiliki kewajiban untuk mengajarinya. agar masyarakat tersebut dapat menggunakan bahasa kesatuan yaitu bahasa indonesia dengan baik dan benar
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Wahyu Nor Romadon -
Wahyu Nor Romadon
PM151420-STKIP AL HIKMAH SURABAYA

Tentunya kita harus bisa membaur dengan masyarakat lebih intens untuk mengumpulkan data informasi terkait pemberdayaan sosial apa yang sesuai untuk dilakukan di daerah yang hendak kita berdayakan nantinya. Cara paling efektif untuk membaur kepada masyarakat adalah dengan mempelajari bahasa daerah mereka dan adat istiadat yang ada. Dengan mempelajari bahasa daerah setempat komunikasi kita antara pejuang muda dengan masyarakat akan terasa informal sehingga masyarakat akan lebih nyaman mengungkapkan berbagai informasi mereka yang sebelumnya belum kita ketahui sebelumnya dari manapun.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MUHAMMAD DZULFIKAR FIRMANSYAH -
Muhammd Dzulfikar Firmansyah
PM110606 - Universitas Islam Malang

Izin beragumen
Pentingnya bahasa persatuan disini bagi saya hukum nya sangat mutlak ya yaitu Bahasa Indonesia karena dalam sumpah pemuda sudah di cantumkan yaitu bahasa persatuan bahasa indonesia. Maka dari itu kita pada saat penugasan di daerah daerah yang masih kuat penggunaan bahasa daerah yang perlu kita lakukan juga pembiasaan penggunaan bahasa indonesia di masyarakat tersebut karena pada saat kita turun langsung ke masyarakat melakukan sebuah sosialisasi atau kegiatan sosial di masyarakat tersebut jadi masyarakat akan terbiasa menggunakan bahasa indonesia
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Ageng Teguh Pamuji -
Izin bertanya teman-teman smile

Terkait topik diskusi yang telah dibahas oleh teman-teman tadi mengenai pendekatan komunikasi terhadap warga lokal, Bagaimana cara pendekatan yang akan digunakan ketika teman-teman ditugaskan terjun ke wilayah 3T yang mana masyarakat di wilayah tersebut sangat kental dengan adat mereka dan tidak bisa menerima sesuatu yang baru dan berbeda dari budaya mereka? Apakah bisa untuk melakukan komunikasi dengan baik melalui pendekatan menggunakan bahasa Indonesia?

Terimakasih
In reply to Ageng Teguh Pamuji

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MARISYA MAHARANI -
Izin menjawab, jika kasusnya seperti itu maka mau tidak mau teman -teman yang ditugaskan terjun ke wilayah masyarakat yang sangat kental dengan adat, maka harus menyesuaikan dengan kultur adat setempat. Karena jika memaksakan diri untuk mengubah dan menolak adat setempat maka akan sulit bagi masyarakat untuk menerima kehadiran pendatang. Teman - teman bisa untuk perlahan belajar adat istiadat setempat, bahasa yang digunakan. Tentu dalam lingkungan tersebut selalu terdapat pamong atau ketua masyarakat, kita bisa mulai dari sana.
In reply to Ageng Teguh Pamuji

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Nuria Dwi Anggarwati -
Izin Menjawab
berdasarkan pandangan saya, apabila ditempatkan diderah 3T dimana masih kental dengan budaya mereka dan sulit menerima perubahan yaitu dapat dengan cara melakukan pendekatan personal dari satu individu ke individu terlebih dahulu, namun sebelum melakukan pendekatan personal kita harus meminta izin terlebih dahulu kepada ketua suku atau orang yang ditinggikan didaerah tersebut jika kita ingin bertamu, setelah itu bisa kita lakukan pendekatan personal secara bertahap dan sedikit demi sedikit. untuk dapat membuat suatu perubahan pada wilayah 3T memerlukan waktu yang lama dan proses yang cukup lama agar tidak terjadi cultur shock. Menurut saya penggnaan pendekatan dengan Bahasa Indonesia dirasa kurang efektif karena pada wilayah 3T kemungkinan mereka tidak banyak mengenal bahasa Indonesia dan banyak menggunakan bahasa derah untuk percakapannya, berarti kita yang harus menyesuaikan diri dengan daerah tersebut yaitu sebelumnya kita dapat mempelajari terlebih dahulu bahasa yang digunakan disana. bisa juga dengan kita menggunakan bahasa Indonesia namun disertai dengan gerak tubuh yang menampilkan maksud dari apa yang kita ucapkan, seperti makan, minum, dsb.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Nuria Dwi Anggarwati -
Nuria Dwi Anggarwati
PM200509 - Universitas Sebelas Maret


Indonesia merupakan negara dengan kondisi masyarakat yang heterogen yaitu terdiri dari berbagai keberagaman. salah satu keberagaman tersebut adalah bahasa. kondisi negara indonesia yang terdari banyakanya daerah menyebabkan banyaknya keberagaman bahasa, yang biasa kita ketahui dengan bahasa daerah. apabila kita sebagai seorang pendatang dari luar suatu wilayah hendaknya atau sebaiknya kita menggunakan bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia agar terjadi proses komunikasi karena kedua belah pihak sama-sama mengerti apa yang dikomunikasikan. karena seperti yang diketahui bahasa Indonesia merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat digunakan untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang diluar daerah kita umumnya. jadi, ketika kita berada diluar daerah kita sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia. namun terkadang masih banyak juga ditemukan orang yang tidak mengerti dengan bahasa Indonesia, terutama mereka yang tidak mengenyam bangku pendidikan dan tidak pernah keluar daerah mereka sehingga terkadang mereka hanya dapat mengerti percakapan dengan bahasa mereka sendiri. selain itu, sebagai pendatang kita juga perlu belajar sedikit-sedikit bahasa daerah tersebut agar kita mengerti percakapan atau komunikasi yang dilakukan orang-orang didaerah tersebut.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by NUR SAFIRA JIHAN SAFITRI -
saya sependapat dengan beberapa teman yang mengatakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan. Memang dengan banyaknya bahasa daerah diperlukan pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia di kalangan generasi muda dan perlu mendapat perhatian kita bersama. Tanggungjawab mengembangkan dan membina bahasa Indonesia merupakan tanggung jawab kita bersama. Upaya memelihara, menjaga, mengembangkan, dan membina bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan harus dimulai dari diri kita. Penanaman atau pengajaran bahasa Indonesia sejak dini, perluterus dikembangkan dan dibina agar generasi muda Indonesia ke depan tetap menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar terutama dalam menyatukan perbedaan bahasa di Indonesia.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MARETA DWIE SILVIA PUTRI -
Tidak semua warga perdesaan utamanya menggunakan bahasa indonesia sebagai komunikasi sehari-hari tetapi menggunakan bahasa daerah masing-masing. Untuk itu kita juga harus menyesuaikan diri terlebih dahulu untuk menggunakan bahasa daerah tersebut kemudian memberikan edukasi untuk menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Ayu Wulandari -
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan berbagai macam suku daerah dan bahasa daerah yang berbeda-beda. Oleh karena itu adanya Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, dengan bahasa indonesia dapat mempersatukan suku bangsa yang berlatar budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Pengetahuan tentang penggunaan Bahasa Indonesia penting dilakukan untuk setiap orang, itulah mengapa disekolah kita juga diajarkan tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pendekatan komunikasi dengan Bahasa Indonesia mempermudah komunikasi kita dengan masyarakat lain daerah
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Shinta Mawadatul 'afifah -
Assalamu'alaikum wr wb, Saya Shinta Mawadatul 'Afifah Nomor peserta PM151816 dari Universitas Jember.
Izin menyampaikan pendapat, dari pernyatan ibu Sri hal itu memang benar sekali, sesuai dengan ikrar sumpah pemuda, salah satunya adalah pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahan yang tak terpisahkan dari tanah air dan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia menunjukkan proses sosial, budaya, dan politik yang menjadi sikap bersama sebagai bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia bersifat pemersatu bangsa artinya dalam kehadiranya bahasa Indonesia dapat diterima disemua daerah, wilayah, lintas agama dan lintas etnis, orang desa dan orang kota, perempuan dan laki-laki.
Manusia sebagai makhluk sosial tentu memerlukan sebuah media atau alat yang menjadi perantara komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Dalam kehiupan salah satu cara untuk berkomunikasi ialah dengan bahasa. Sekalipun terdapat perbedaan jenis bahasa antar negara satu dan yang lainnya, namun bahasa tetap menjadi pilihan yang tepat untuk berkomunikasi. Jika dilihat dari jumlah bahasa yang ada di Indonesia sangat banyak. Oleh karena itu adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, bahasa Indonesia dapat mempersatukan suku bangsa yang berlatar budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Mohon maaf apabila ada kesalahan, Terimakasih.. Wassalamu'alaikum wr wb
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by SRI FITRIYANI -
Sri Fitriyani
PM190408 - Universitas Pendidikan Indonesia
Betul sekali, dengan menggunakan bahasa Indonesia sudah merupakan rencana awal yang baik untuk memulai pendekatan terhadap warga, karena bahasa Indonesia dipahami oleh seluruh warga Indonesia. Yang tidak dapat dipungkiri hal tersebut akan memudahkan terjadinya interaksi antar individu, antar individu dengan Kelompok dan antar Kelompok
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by DEWA SUKMA TRINANDA ADHYTIA -
Dewa Sukma Trinanda Adhytia
PM151203 - UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Benar bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat digunakan di daerah manapun. Namun, komunikasi dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan atau pengabdian kepada masyarakat haruslah dapat dipahami oleh masyarakat yang bersangkutan tujuannya agar masyarakat lebih paham apa yang akan kita lakukan didaerahnya. Salah satu metode/cara dalam pendekatan komunikasi masyarakat yaitu dengan menggunakan bahasa daerah di lokasi tersebut namun tetap menambahkan kosa kata bahasa Indonesia agar masyarakat juga dapat memahami secara tidak langsung terkait komunikasi yang tepat dengan menggunakan bahasa Indonesia, hal ini perlu dilakukan karena melihat masyarakat Indonesia yang belum semua paham dan bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by IRFAN ACHMADI -
Analisis penggunaan bahasa yang dipahami oleh lawan bicara adalah langkah awal yang akan saya lalui. Guna meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat yang kurang memahami bahasa persatuan, hendaknya saya tetap melakukan kombinasi penggunaan bahasa daerah dan Bahasa Indonesia ketika melakukan komunikasi, agar tidak terjadi kesenjangan pemahaman dengan lawan bicara.
In reply to IRFAN ACHMADI

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Maulana Iqbal Rizki -
Komunikasi dalam pemberdayaan pada hekekatnya bertujuan untuk membangun
perilaku masyarakat, yang dimulai dengan upaya membangun kesadaran terhadap potensi dan
kebutuhan masyarakat. Selanjutnya ditingkatkan melalui komunikasi yang mengajak untuk
aktif terlibat dalam kegiatan pemberdayaan. Komunikasi ini lebih diarahkan pada membangun
partisipasi aktif masyarakat untuk mengubah perilaku mereka kaerah yang lebih positif
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by IKAGAMI PUTRI -
IKAGAMI PUTRI
PM160706 - POLITEKNIK KESEJAHTERAAN SOSIAL BANDUNG

Implementasi penggunaan bahasa persatuan merupakan langkah awal agar masyarakat daerah dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Bangsa Indonesia memiliki beragam suku,budaya,agama bahkan bahasa, perbedaan tersebut menjadi kekuatan dan menciptakan potensi yang melimpah. Tetapi, kenyataannya beberapa daerah atau daerah terpencil masih sulit untuk berbicara menggunakan bahasa persatuan, hal ini terjadi karena di lingkungan sosial mereka sedikit yang paham dan menggunakan Bahasa Indonesia ketika melakukan komunikasi. Sehingga, ada hambatan jika ada warga asing yang hadir disuatu daerah yang masih kental menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing, dan menimbulkan sulitnya melakukan komunikasi antar satu sama lain.

kesimpulannya, pendekatan warga lokal menggunakan bahasa persatuan sebagai langkah awal untuk mendorong seluruh masyarakat Indonesia agar dapat memahami dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to IKAGAMI PUTRI

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by BASYIR YASIER RAIS -
saya setuju dengan Pendapat IKAGAMI PUTRI karena dengan cara menggunakan bahasa persatuan merupakan salah satu cara yang mudah yang dapat lebih dekat dengan masyarakat yang akan berkaitan dengan program dan implementasi sekitar
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by ARDIAN RIZKI SERDA GINATA -
Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Untuk melakukan komunikasi dengan warga lokal setidaknya kita dapat menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia sebagai medium berkomunikasi. Hal ini tentunya dapat membantu kedua belah pihak untuk saling memahami dan memaknai pesan secara efektif.
In reply to ARDIAN RIZKI SERDA GINATA

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Dea Oktavia -
Bahasa persatuan harusnya memang menjadi bahasa wajib bagi warga Indonesia tapi bagaimana jika warga lokal tidak bisa menggunakan bahasa persatuan karena mereka tidak mendapat pendidikan sebelumnya? Nah itu fungsi kite turun ke warga lokal, sambil kita melakukan tujuan kita, kita juga harus bisa membimbing warga lokal agar tidak ketinggalan dengan jaman sekarang. Kita bisa membimbing secara perlahan dalam kehidupan sehari hari
In reply to Dea Oktavia

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by DEBY AMELIA PUTRI -
PM150406

Saya setuju dengan kak Dea, Bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa indonesia, yang dapat diketahui bahwa indonesia memiliki berbagai bahasa di tiap daerahnya sehingga bahasa indonesia ini lah yang menjadi jembatan kita untuk berkomunikasi antar daerah sehingga penguasaan bahasa indonesia ini sangat penting. Ketika kita diterjunkan pada daerah yang masih kental dengan adat budayanya, kita harus memahami bahasa lokal daerah tersebut sehingga kita bisa lebih dekat dengan masyarakat, dan ketika kita sudah dekat dengan masyarakat, dengan perlahan kita memberikan bimbingan untuk memberikan pengetahuan berbahasa indonesia pada masyarakat sekitar sehingga masyarakat tersebut tidak hanya dapat berkomunikasi dengan warga lokal saja.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Tri Melinda Dinar Maharena -
Tri Melinda Dinar Maharena/PM191609/Universitas Jember

Komunikasi adalah keterampilan yang dipelajari. Namun, sementara kebanyakan orang dilahirkan dengan kemampuan fisik untuk berbicara, tidak semua dapat berkomunikasi dengan baik kecuali mereka membuat khusus upaya untuk mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan ini lebih lanjut. Sangat sering, kita mengambil kemudahan dengan yang kami komunikasikan satu sama lain begitu saja, sedemikian rupa sehingga kami terkadang lupa betapa rumitnya proses komunikasi sebenarnya.
Nah, komunikasi telah didefinisikan sebagai tindakan memberi, menerima atau bertukar informasi, ide dan pendapat sehingga pesan benar-benar dipahami oleh kedua belah pihak. Dalam suatu proses komunikasi, pasti ada pengirim yang berbicara atau mengirim pesan, dan penerima yang mendengarkan atau menerima pesan.
Seperti yang terjadi pada daerah yang penduduknya mempunyai kebudayaan yang sangat dijunjung tinggi dan hidup dalam kebidayaan yang berbeda-beda bahasanya tentunya bahsa Indonesia menjadi pemersatu masyarakat yang seperti itu. Tetapi pada kenyataannya apabila bahasa daerah di gunakan sebagai kebiasaan seorang atau sekelompok orang maka dapat kemungkinan berbahasa Indonesia akan sangat sulit secara lancar. Maka dari itu dunia pendidikan menjadi sarana yang penting dalam pengajaran bahasa Indonesia kepada siswa-siswa di Kota maupun di daerah seperti Desa yang masih banyak menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi antar siswa dan masyarakat sekitar.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by MUHAMMAD GHIFARI ADI WICAKSANA -
Izin menanggapi pembahasan ini, menurut saya komunikasi adalah salah satu cara kita bisa mengetahui sifat dan budaya dari seseorang, dari bagaimana cara dia berkomunikasi sampai dengan bagaimana cara dia menanggapi lawan bicaranya. Memang benar Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku dan memiliki banyak bahasa daerah nya juga, dan setiap bahasa daerah pastinya memiliki karakteristik yang tentunya berbeda satu sama lainnya. Tidak hanya penggunaan bahasa Indonesia saja yang harus kita perhatikan jika kita berada di seuatu daerah baru, tapi menurut saya kita juga harus memperhatikan logat atau karakteristik dari bahasa daerah setempat, jangan sampai bahasa atau cara kita berkomunikasi disalah artikan atau salah persepsi dari warga setempat karena perbedaan aksen dan lain nya.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Asep Khoerudin -
Bahasa indonesia merupakan bahasa nasional seluruh rakyat indonesia, namun tidak ada salahnya kita belajar untuk memahami bahasa daerah yang kita singgahi, hal tersebut bertujuan supaya timbul kedekatan antara warga lokal dan pendatang
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by DIAN SAPUTRI RUSTININGRUM -
sebagai pendatang yang mungkin kita berbeda bahasa daerah dengan tempat yang kita tuju. bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang sangat membantu kita dalam berkomunikasi dengan masyarakat. karena dengan menggunakan bahasa indonesia diharapkan dapat dimengerti dan dipahami oleh masyarakat.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by WANDIRA NAIBAHO -
Ijin berpendapat, di masa sekarang, warga lokal khususnya daerah pedalaman masih banyak ditemukan orang-orang tidak memahami bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Negara. Hal ini diakibatkan oleh pengajaran bahasa Indonesia yang tidak diberikan sebagai bahasa pertama, melainkan sebagai bahasa kedua setelah bahasa ibu. Rendahnya kualitas pendidikan juga menjadi faktor penyebab hal ini. oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus mulai belajar dan membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Penggunaan bahasa daerah justru akan menyulitkan pendatang yang berkunjung ke daerah tersebut. Bahasa Indonesia telah terikrar dalam Sumpah Pemuda yaitu Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Terimakasih smile
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Diah Ayu Padilah -
Permasalahan yang ada saat ini adalah bahasa Indonesia yang notabene adalah bahasa persatuan Negara Indonesia faktanya masih menjadi bahasa kedua bagi sebagian besar masyrakat. Hal ini terjadi karena masyarakat menganggap kalau bahasa Indonesia terlalu kaku.
Ke-kaku-an tersebut akhirnya membuat para masyarakat kesulitan untuk berekspresif. Masalah yang timbul akibat dari keadaan ini adalah sulitnya menjalin komunikasi antara masyarakat didaerah yang tergolong 3T dengan kita karena mereka hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa daerahnya dan kita juga kurang bisa memahami secara luas bahasa daerah tersebut. Perlu dilakukan analisis secara langsung untuk mendalami masalah ini dan juga menemukan solusi guna mengatasi permasalahan bahasa. Karena bahasa merupakan kunci dari baiknya komunikasi

DIAH AYU PADILAH - PM 153506
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by DELA VINKA ARISKA -
Bahasa Indonesia merupakan Bahasa persatuan yang bisa Kita gunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat atau klien yang memiliki perbedaan budaya khususnya perbedaan bahasa.Namun,ada beberapa masyarakat yang tidak memahami Bahasa Indonesia khususnya masyarakat yang berada dipedalaman atau yang menginjak usia senja karena budaya yang berkembang dalam masyarakat tersebut kental dan lekat.Oleh karena itu,alangkah lebih baik,Kita menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah sesuai dengan daerah yang akan kita tuju.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by ANDHIKA PUTRA JANIS -
Bahasa persatuan di indonesia adalah bahasa indonesia, banyak orang daerah yang belum juga dapat memhami bahasa indonesia dikarenakan masih mengikuti adat nenek moyangnya di suatu wilayah tertentu, maka dari itu kita sebagai warga indonesia perlu juga sharing dengan bahasa daerah yang digunakan di wilayah tersebut dan kita perlu juga untuk memberikan pemahaman tentang bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia agar dapat meningkatkan penggunaan bahasa indonesia.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Febry Fadhlan -
Saya sependapat dengan saudara bahasa pemersatu adalah bahasa yang dapat menyatukan berbagai latar budaya pada masing masing orang lain terkait komunikasi dalam berbicara/menjalankan/melakukan sesuatu untuk mengurangi/meminimalisir dampak atas ketidakpahaman komunikasi yang dilakukan. komunikasi bahasa tidak hanya yang keluar pada mulut ketika berbicara namun juga bisa didapatkan melalui gerakan tangan/tubuh bagi seseorang dengan perbedaan tertentu.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by ILMI MUFIDAH -
Menurut saya, hal itu perlu dilakukan. Sebab, kedua hal tersebut mampu kita lakukan dengan mempertimbangkan kondisi yang ada. Jika kita melihat fakta yang ada di suatu desa, banyak masyarakat yang lebih nyaman menggunakan bahasa daerah yang menjadi bahasa sehari-hari. Jadi dari situ kita dapat membaur dengan bahasa keseharian masyarakat dan juga mengajarkan bahasa Indonesia secara perlahan kepada masyarakat.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by NOVINA SUKMA -
Novina Sukma
PM040503- Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Setuju dengan apa yang dikatakan karena bahasa persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bahasa Indonesia itu sendiri.
Dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi nasional dapat menjadikan komunikasi tersebut menjadi lebih efektif karena dapat dimengerti oleh berbagai kalangan masyarakat. Karena dalam hal ini penggunaan bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari sebagai bahasa komunikasi nasional untuk mempermudah jalannya suatu komunikasi antara satu dengan yang lainnya.
Jadi menurut saya kita perlu melakukan integrasi bahasa antara bahasa lokal dan bahasa persatuan, dimana kita sebagai mahasiswa harus dapat "mempelajari" bahasa daerah dimana tempat kita berada, sebagai bentuk rasa saling menghargai dengan masyarakat setempat yang kurang bisa beradaptasi dengan Bahasa Indonesia
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Alifia Lisda Zetty Aqmi -
menurut saya dengan banyaknya bahasa daerah yang ada di indonesia tentu kita harus menyatukan persepsi dengan bahasa yang sama sama dimengerti yaitu bahasa indonesia bahasa persatuan, dengan begitu bahasa indonesia yang baik dan benar sangat diperlukan dalam mengkomunikasikan maksud dan tujuan kita dalam menjalankank program ini
In reply to Alifia Lisda Zetty Aqmi

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Muhammad Rizki Nur Atsani -
kita harus menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia, tetapi ketika kita berbicara tentang konteks akan membuat suatu program sosial di tempat tersebut, alangkah baiknya kita mempelajari sedikit bahasanya agar mempermudah koordinasi dengan warga setempat
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by HARDI KIRAWAN PANE -
Dengan menggunakan bahasa persatuan NKRI yaitu Bahasa Indonesia, dapat mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan berbagai masyarakat yang berbeda adat dan juga suku pada suatu daerah.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu Negara kita terncita, dimana setiap orang pasti memahami bahasa Indonesia dan bisa berbicara menggunakan bahasa Indonesia.
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Nabila Nurhaliza -
Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan merupakan hal wajin yang perlu dikuasi dalam berkomunikasi di NKRI. Dengan menggunakan bahasa indonesia ini dapat menjadi sebuah bentuk implementasi dari semboyan Negara Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika
In reply to ARDZYKA RAKA RAMADHAN

Re: Pendekatan komunikasi warga lokal menggunakan bahasa persatuan

by Firman syah -
Menurut saya, untuk komunikasi ini sendiri baik dengan individual masing-masing. Karena setiap agenda yang akan dilakukan nantinya pada saat terjun kelapangan kita harus mensingkronkan dengan lingkungan. Misalnya katakanlah kita saat ini sebagai TIM PM terjun kelapangan di daerah yang kental menggunakan bahasa daerah, maka dari itu kita juga harus menjalin komunikasi untuk perdana menggunakan bahasa yang mudah dipahami, seperti bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia. Untuk kedepannya seiring dengan berjalannya waktu maka kita akan terbiasa dengan bahasa lingkungan ditempat kita bertugas.