Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

kurang dan lebihnya pemetaan sosial

kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by WAHYU TEGUH PRASETYO -
Number of replies: 10

kan pemetaan sosial sendiri merupakan  satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk mengenali  dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut . pasti ada  kekurangan /kelemahan dari pemetaan sosial , apa sebabnya? dan bagaimana cara mengatasi/ solusinya

In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by Sarah Apridayanti -
Menurut saya, segala macam bentuk pemetaan sosial haruslah memiliki sebuah aturan, jadi solusinya adalah harus membuat aturan supaya tidak rancau.
In reply to Sarah Apridayanti

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by LUTFI NURUL HIKMAH -
menurut saya , cara mengatasi adanya kekurangan dan kelemahan dalam pemetaan masalah yaitu dengan cara melakukan pengawasan lebih dalam mendalami kondisi sosial komunitas tersebut.
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by Hadiman Hadiman -
Izin menanggapi, menurut saya kelemahan dari pemetaan sosial disebabkan karena minimnya koordinasi satu anggota dengan anggota lain dikarenakan minimnya aturan yang berlakudi masyarakat. Sehingga hal yang dapat dilakukan yakni membuat suatu aturan yang mengarahkan kepada kesejahteraan masyarakat dengan demikian masyarakat akan mengikuti aturan tersebut karena berdampak pada kesejahteraannya. hal kedua yang menyebabkan lemahnya pemetaan sosial dikarenakan adanya arahan namun hanya sebatas teori semata sehingga teori tersebut hanya sebatas wawasan tanpa mampu mengubah masyarakat. sehingga langkah yang dapat dilakukan dengan cara melakukan kajian atau arahan kepada masyarakat disertai dengan praktek langsung di lapangan sehingga mampu membawa perubahan yang berarti bagi Masarakat. sekian terimakasih
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by WINDY RATNA YULIFA -
Dalam melakukan identifikasi masalah sosial dapat dibedakan menjadi dua pendekatan. Pertama melihat masalah sosial pada satuan individu atau person. Kedua melihat masalah sosial yang terjadi pada level sistem dan struktur masyarakatnya. Dalam pendekatan pertama fokus yang diamati adalah kondisi atau perilaku dari orang perorang sebagai warga masyarakat. Masalah sosial yang merupakan hasil identifikasi dengan pendekatan individual ini misalnya dalam masyarakat tertentu dapat diidentifikasi siapa saja warganya yang termasuk warga miskin, pelaku kriminal, pemabuk. Sementara itu, dalam identifikasi dengan pendekatan kedua, fokus perhatian tidak ditujukan kepada warga masyarakat sebagai individu, akan tetapi kepada sistem atau struktur sosialnya. Dengan pendekatan ini dapat didentifikasi adanya masalah konflik sosial baik laten maupu manifes, adanya disfungsi kelembagaan dalam sistem sosial, adanya dominasi dalam kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek, misalnya dalam proses pengambilan keputusan.
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by MARETA DWIE SILVIA PUTRI -
Kalau menurut saya kekurangan dan kelebihan itu berkaitan, untuk kelemahannya yaitu segala macam bentuk akan lembaga haruslah memiliki sebuah aturan, Tidak dapat melakukan perubahan terhadap sebuah lembaga, Modal sosial yang dimana dianggap lemah
Untuk mengatasi kelemahan tersebut dapat dilakukan sebuah evaluasi sehingga kekurangan tersebut dapat diselesaikan
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by Ahmad Yusuf Firmansyah -
Kelebihan Pemetaan Sosial
1. Melakukan pengidentifikasian dan pengukuran tehradpa kondisi dari modal sosial yang dimana berada di daerah yang telah diteliti.
2. Melakukan pengalanisisan terhadap keterkaitan antara modal sosial terhadap berbagai macma penanggulangan akan kemiskinan yang terdapat di dalam sebuah daerah.
3. Melakukan perumusan terhadap sebuah desain akan pemanfaatan modal sosial untuk melakukan penanggulaangna keomiskinan yang dimana teradpat di dalam sebuah daerah.
Kelemahan Pemetaan Sosial
1. Segala macam bentuk akan lembaga haruslah memiliki sebuah aturan
2.Tidak dapat mealkukan perubahan terhadap sebuah lembaga
3. Modal sosial yang dimana dianggap lemah
Penyebab
Penyebabnya mungkin karena metode atau cara pendekatannya
Solusi
Dengan menggunakan metode yang ramah terhadap masyarakat setempat dan malukukan pendekatan pendekatan sistematik
In reply to Ahmad Yusuf Firmansyah

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by HAYINUN NAFSIYAH -
mohon izin menanggapi,
terkait solusi menurut saya mengenai metode yang ramah terhadap masyarakat melalui suatu pendekatan sistematik memang benar. namun, hal yang lebih penting lagi adalah membentuk komunikasi dan pendekatan tersebut melalui suatu aturan tertentu yang diwujudkan sebagai upaya atas solusi masalah yang tengah dihadapi. menaggapi terkait pernyataan kekurangan dan kelemahan pemertaan sosial, menururut saya kerjasama antar pihak yang bertanggungjawab atas masalah pemetaan sosial ini harus diwujudkan secara bersama-sama melalui perencanaan pengembangan yang terarah dan pastinya dapat ditempuh dengan melakukan evaluasi dan pemecahan atas masalah yang tengah dihadapi. dengan demikian, maka akan terwujud solusi terbaik atas berbagai masalah yang ada, bahkan akan menimbulkan berbagai program atau pengembangan nya secara lebih terarur dn terarah. terima kasih
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by ZAKYA ZAMILA -
menurut saya kesalahan yang biasa terjadi saat pemetaan sosial itu terletak pada bagaimana cara mengidentifikasi masalah yang ada di masyarakat.
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by KHOROTUL AYUN -
Menurut saya, setiap sesuatu yang dilakukan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaanya, termasuk pemetaan sosial. Penyebab kekurangan dalam pemetaan sosial merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa diatasi oleh satu pihak saja. Melainkan harus melibatkan semua pihak yang terkait. Semua komponen yang terikat dalam pemetaan sosial harus profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya. Tidak menutup-nutup i suatu hal dan tidak melebih-lebihkan suatu hal. Sifat profesionalah yang akan membuat sistem pemetaan sosial bisa berjalan sesuai dengan tujuan.
In reply to WAHYU TEGUH PRASETYO

Re: kurang dan lebihnya pemetaan sosial

by Risma Eka Pratiwi -
untuk kekurangan dari pemetaan sosial disebabkan kurangnya dalam menganalisis bagaimana masyarakat tersebut sehingga dalam melakukan pemetaan kurang maksimal sehingga perlu untuk melakukan pendekatan atau observasi ke lapangan.