Memahami sasaran komunikasi merupakan hal yang sangat kritis. Semakin baik pemahaman akan sasaran komunikasi, kemungkinan akan semakin besar komunikasi terjadi dengan efektif. Salah satu cara untuk memahami sasaran komunikasi adalah membagi sasaran komunikasi dalam beberapa bagian atau segmen agar komunikasi yang dilakukan dapat disesuaikan dengan sasarannya. Agar komunikasi dapat berjalan efektif, dibutuhkan suatu perencanaan atau strategi. Menurut Effendy (2003:35), strategi pada hakikatnya adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Berikut beberapa strategi yang dapat digunakan dalam praktek kampanye (Venus, 2009: 43-47):
1. Pilihlah komunikator yang terpercaya
2. Kemaslah pesan sesuai keyakinan khalayak
3. Munculkan kekuatan diri khalayak
4. Ajak khalayak untuk berpikir
5. Gunakan strategi pelibatan
6. Gunakan strategi inkonsistensi
7. Bangun resistensi khalayak terhadap pesan (Novaria Maulina dan Lalita Hanief: 2015)
Dimana strategi di atas dapat digunakan juga dalam strategi berkomunikasi dengan baik.
1. Pilihlah komunikator yang terpercaya
2. Kemaslah pesan sesuai keyakinan khalayak
3. Munculkan kekuatan diri khalayak
4. Ajak khalayak untuk berpikir
5. Gunakan strategi pelibatan
6. Gunakan strategi inkonsistensi
7. Bangun resistensi khalayak terhadap pesan (Novaria Maulina dan Lalita Hanief: 2015)
Dimana strategi di atas dapat digunakan juga dalam strategi berkomunikasi dengan baik.