Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Tujuan Pemetaan Sosial

Tujuan Pemetaan Sosial

by ARRINA ALVIATUZ ZAHRO -
Number of replies: 38

Menurut saya, pemetaan sosial sangat penting dilakukan karena pemetaan sosial merupakan langkah awal untuk mengetahui suatu wilayah dari calon sasaran program yang akan kita lakukan. Dengan pemetaan sosial, kita juga dapat mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta menjadi dasar dalam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.

In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by DHEA FORTUNA -
PM153705
DHEA FORTUNA
INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA

Pemetaan sosial sangat penting untuk karena dapat memberi manfaat
untuk mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta. sehingga dapat mencapai output Data geografi yang terdiri dari letak wilayah, topografi, aksesibilitas lokasi, dan lain-lain. kedua
Data demografi yangterdiri dari jumlah penduduk, komposisi penduduk menurut usia-jenis kelamin-mata pencaharian-agama-pendidikan, jumlah penduduk miskin (pra sejahtera dan sejahtera 1) dan lainnya.
Data lainnya yang berhubungan dengan kondisi sosial-budaya, kearifan lokal (local wishdom), adat istiadat, karakteristik masyarakat, pola hubungan antar masyarakat, kekuatan sosial yang berpengaruh, dan lainnya.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by FRAHMI KUSUMA DEWI -
PM220304
FRAHMI KUSUMA DEWI
UNIVERSITAS PASUNDAN

pemetaan sosial salah satu titik penting yang tidak bisa kita abaikan, tidak bisa kita kesampingkan. karena, lewat dengan pemetaan kita akan mengetahui bagaimana kondisi yang ada dimana akan sangat membantu kita yang akan membantu atau membuat sebuah gerakan atau inovasi didaerah tersbut.
dengan adanya pemetaan kita dapat mengetahui bagaimana potensi masyarakat, lingkungan, dan lain-lain untuk kitab kembangkan menjadi lebih baik dari sebekumnya
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Tri Melinda Dinar Maharena -
Tri Melinda Dinar Maharena/PM191609/Universitas Jember

Mau menambahkan opini dari kak Arrina, Jadi pemetaan adalah cara mendasar untuk menampilkan kognisi spasial manusia. Ini adalah teknik cepat meringkas dan menyajikan sejumlah besar informasi. Peta sosial adalah teknik yang digunakan sebagai alat penilaian pedesaan partisipatif. Untuk mengevaluasi kelayakan penggunaan pemetaan sosial sebagai alat pengajaran dengan contoh seperti kesehatan masyarakat. Pemetaan dilakukan oleh masyarakat yang berdomisili di setiap segmen dan disusun dengan bantuan dokter residen. Ini juga membantu dalam memahami wilayah geografis, orang, bahasa, praktik budaya, jaringan sosial, dan interaksi. Dan ini dapat melatih dalam menggunakan teknik penilaian cepat, kartografi, peringkasan yang efektif dan ringkas dan penyajian data relevansi sosial. Perbedaan bahasa dan latar belakang budaya masyarakat menjadi tantangan utama yang dihadapi. Pemetaan sosial adalah pembelajaran yang sangat baik dan alat pengajaran yang sangat praktis dalam kesehatan masyarakat, terutama ketika peneliti/petugas kesehatan memiliki sedikit pengetahuan tentang bidang praktik lapangannya.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Apriana Dwi Arifin -
Saya sependapat dengan rekan-rekan semua, dalam hal ini pemetaan sosial sangatlah penting untuk dilakukan karena pemetaan sosial merupakan langkah awal untuk mengetahui suatu wilayah. Adapun tujuan dari pemetaan sosial ini yaitu untuk Mendapatkan gambaran umum lingkungan masyarakat (sosial ekonomi dan lingkungan), serta untuk mengetahui gambaran potensi, masalah, kebutuhan masyarakat dan kelompok rentan. Dengan melakukan pemetaan maka kita akan mudah untuk memprediksi apa yang harus dikembangkan dari suatu wilayah tersebut dan tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah di lingkungan tersebut
In reply to Apriana Dwi Arifin

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by SHERLY NANDA OKTAVIA -
Saya juga setuju, pemetaan sosial bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara utuh bagaimana kondisi masyarakat, seperti yang kita tahu bahwa setiap daerah memiliki berbagai macam kondisi dan masalah yang berbeda sehingga diperlukan adanya pemetaan sosia yang pasrtisipatif dan memberdayakan.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by AHMAD SUPRANOTO -
Mohon ijin, saya Ahmad Supranoto asal dari Universitas Sriwijaya menanggapi tentang tujuan dari pematan ialah untuk mengetahui akan kondisi sosial baik dari secara umum sampai khusus dari calon penerima program pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan. Sehingga, pemetaan ini harus dilakukan karena sangat penting. Terima kasih
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Yolanda Helena Simanjuntak -
PM122311
Yolanda Helena Simanjuntak
Universitas Indraprasta PGRI

Tujuan pemetaan sosial:
1. Untuk mengetahui wilayah calon penerima bantuan
2. Untuk mengetahui karakteristik penerima bantuan
3. Sebagai dasar penyususunan kegiatan program.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by INTAN NITRA ANGGRAENY -
Tujuan dari pemetaan sosial sendiri adalah utnuk mengetahui data - data dari suatu wilayah yang akan menjadi sasaran program. dengan melakukan pemetaan wiayah kita dapat mengetahui data penduduk, karakteristik masyarakat, bahkan kondisi wilayah, sehingga kita lebih mudah dalam melaksanakan program selama di lapangan.
dengan adanya pemetaan wilayah ini kita dapat memaksimalkan potensi, serta kondisi wilayah yang ada, memanfaatkan peluang - peluang yang terdapat dalam wilayah tersebut untuk melangsungkan program yang sudah di rancang, dan kita bisa mendapatkan hasil yang lebih dari yang di harapkan.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ATA PURNAWATI AMANAH -
Ata Purnawati Amanah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Tujuan melakukan pemetaan sosial ialah yang pertama sebagai langkah awal untuk mengetahui wilayah sasaran yang akan diberikan program, kemudian yang kedua untuk mengetahui kondisi atau karakteristik mengenai wilayah, masyarakat, maupun nilai yang ada di wilayah sasaran, dan yang ketiga sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan agar program yang ingin dilaksanakan dapat sesuai dan tepat sasaran
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by LIDIA PUSPITA KENCANA -
PM 151410
Lidia Puspita Kencana
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit Mojokerto

menurut saya tujuan dari pemetaan sosial adalah dapat mengetahui, mengklasifikasi, dan membagi baik potensi masyarakat maupun masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat, agar rencana program yang akan dibuat dan dijalankan dapat terukur, tepat sasaran dan dapat diintegrasikan ke beberapa stakeholder.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Risna Estuning Putri -
RISNA ESTUNING P
PM 131910

Pemetaan Sosial bertujuan untuk memahami dan mendapatkan gambaran utuh kondisi sosial masyarakat lokal. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan, karena setiap masyarakat memiliki kondisi sosial yang berbeda-beda, serta memiliki masalah dan kebutuhan yang berbeda pula. Dalam proses pelaksanaan pemetaan sosial dilakukan dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dalam suatu wilayah tertentu secara spesifik yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat keputusan dalam rencana pelaksanaan program pengembangan masyarakat.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by TIA WULANDARI -
TIA WULANDARI (PM260307)
UNIVERSITAS JEMBER

Pemetaan sosial merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena pemetaan sosial merupakan suatu pondasi kegiatan tujuan untuk memahami kondisi sosial di suatu masyarakat. Dengan melakukan kegiatan pemetaan sosial ini, kita menjadi tahu bagaimana keadaan masyarakat di suatu wilayah, baik keadaan ekonomi, sosial, kesehatan dan lain-lainnya. sehingga, setelah mengetahui hal tersebut, kita bisa merancang atau membenahi suatu hal yang dapat kita kembangkan dari keadaan-keadaan yang sekiranya terdapat kekurangan. Dengan begitu, dapat tercipta kesejahteraan sosial yangg lebih baik lagi di wilayah tersebut.
In reply to TIA WULANDARI

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Maulana Iqbal Rizki -
pemetaan sosial menurut para ahli Menurut Robert Chamber (1992) social mappping adalah proses pengumpulan dan penggambaran ( profiling ) data dan informasi, termasuk potensi, kebutuhan dan permasalahan (sosial, ekonomi, teknis dan kelembagaan) masyarakat.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Shinta Mawadatul 'afifah -
PM151816-SHINTA MAWADATUL 'AFIFAH-UNIVERSITAS JEMBER
Izin menjawab, tujuan adanya pemetaan sosial adalah sebagai langkah awal untuk mengetahui wilayah calon sasaran program, untuk mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta sebagai dasar dlam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi.
In reply to Shinta Mawadatul 'afifah

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ILMU ARUM ISTIKOMAH -
Ilmu Arum Istikomah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
PM130503

Tujuan Pemetaan Sosial yaitu
a. Pemetaan sosial dilakukan untuk menangani masalah yang perlu ditangai. Pemataan sosial dilakukan untuk mengetahui tingkat masalah yang dihadapi dengan cara membuat skala prioritas, dimulai dari masalah yang paling berisiko/urgent untuk diselesaikan.
b. Pemetaan sosial dilakukan dengan tujuan menentukan potensi yang ada di masyarakat. Hal ini sangat penting dilakukan, karena dengan mengetahui potensi yang ada maka akan memudahkan mengembangkan potensi dan memberdayakan masyarakat.
c. Pemetaan sosial dilakukan untuk mengetahui sasaran program yang telah dijalankan. Hal ini untuk memastikan program sudah sesuai dengan analisis kebutuhan masyarakat dan tepat guna.
d. Pemetaan sosial dilakukan untuk menggambarkan kondisi komunitas sasaran. Kondisi disini bisa dilihat berdasarkan lokasi masyarakat sasaran, keadaan ekonomi masyarakat, kondisi sosial masyarakat, dan lain-lain serta mengetahui masalah yang dihadapi dan potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ALEXANDRIA FELICIA SEANNE -
Menurut saya tujuan dari pemetaan sosial adalah sebagai langkah awal untuk mengetahui wilayah calon sasaran program, untuk mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program, sebagai dasar dalam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Putri Indah Ramadhani -
Izin menjawab, pemetaan sosial merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menemukan dan mengenali kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran suatu program. Tujuan pemetaan sosial yaitu untuk mengetahui wilayah calon sasaran program. Dengan mengetahui wilayah sasaran program maka kita juga bisa mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakatpada wilayah tersebut. Selain itu tujuan dari pemetaan sosial yaitu sebagai dasar dalam menyusun perencanaaan kegiatan program yang sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program, sehingga program yang akan disusun tepat sasaran.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by AHMAD HUSEIN NST -
Sangat setuju, dengan melakukan pemetaan sosial kita bisa mengetahui daerah mana saja yang cocok untuk program yang kita akan lakukan
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by MUH ADI YASAR -
Sangat setuju,Pemetaan sosial sangat di butuh kan agarMendapatkan gambaran umum lingkungan masyarakat (sosial ekonomi dan lingkungan) sekitar wilayah perusahaan. Mendapatkan peta jaringan sosial dan pengaruh kelembagaan, dan derajat kepentingan stakeholder yang ada di masyarakat.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ANIDA SAFIRA SABILLA -
saya setuju dengan pendapat teman-teman semua, karena tujuan dari pemetaan masalah yakni untuk memperoleh gambaran umum dari suatu wilayah. Sehingga kita dapat memutuskan akan membuat rancangan program, yang menjadi solusi dari permasalahan yang ada.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by DENISE NISSA PERTIWI -
setuju, menurut saya pemetaan sosial memang penting dilakukan sealain mengetahui suatu wilayah kita juga dapat mengetahui tentang individu serta keberangaman yang ada di wilayah tersebut
In reply to DENISE NISSA PERTIWI

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by HARDI KIRAWAN PANE -
Menurut saya pemetaan sosial sangat penting dilakukan, guna melihat keadaan di daerah tersebut, berbagai masalah yang terjadi dan potensi-potensi apa saja yang ada di daerah tersebut. Dengan demikian kita bisa dapat lebih mudah dalam membangun daerah tersebut ke arah yang lebih baik.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Taufiq Ahmad Maulana -
mengetahui kondisi real di masyarakat yang nantinya kita dapat menyusun stategi yang akurat dalam pelaksanaan program
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Choirun Nissa -
saya sangat setuju dengan pendapat saudara arrina menginggat sebelum pemetaan masalah kita harus terlebih dahulu mengenali masalah-masalah tersebut pemetaan masalah juga sangat digunakan, menginngat dalam satu wilayah terkadang memiliki permasalah yang berbeda untuk memacahkannya diperlukan pemetaan sosial, pemtaan sosial berguna melihat urgensi suatu masalah dimana masalah yang hurgent untuk segera dislesaikan atau masalah ringan.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ERICK FAUZAN -
Tujuan pemetaan sosial diantaranya untuk mengetahui kondisi masyarakat di lapangan dan karakteristik dari masyarakat tersebut untuk membuat sebuah program
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by MUHAMMAD JODY IRAWAN -
Sebagaimana yang kita ketahui pemetaan sosial sangat penting karena dapat memberi manfaat untuk mengetahui karakteristik dan kondisi di masyarakat.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by MUHAMMAD IQBAL MAULANA -
Saya sangat setuju dengan pendapat dari saudari Arrina tentang pemetaan sosial yang sangat penting untuk langkah awal mengetahui suatu kondisi wilayah dari sasaran yang akan dituju.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ARGA ILHAM FIRMANSYAH -
kegiatan pemetaan sosial lazimnya memiliki beberapa tujuan, 1. sebagai langkah awal untuk mengetahui wilayah calon sasaran program; 2. untuk mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta; 3. sebagai dasar dalam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.
In reply to ARGA ILHAM FIRMANSYAH

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by DIKI HADIANA -
Masyarakat memiliki pola perubahan yang sangat dinamis dan setiap wilayah memiliki permasalahan yang cukup kompleks sehingga perlunya pemetaan masalah sosial ini memililk urgensi untuk mencari inti dari suatu masalah dan membuat solusi dari masalah yang ada.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by HEGARD ROUGS DHEGA -
Selain mengetahui masalah dan dampak apa yang terjadi alangkah lebih bagus jika kita ikut mendekatkan diri kepada masyarakat yang kita tuju agar tahu apa yang mereka rasakan dan memiliki beberapa sudut pandang yang berbeda, agar bisa membuat keputusan atau solusi yang baik dari berbagai varibel data yang terkumpul
In reply to HEGARD ROUGS DHEGA

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Ghazi Abhyasa Athar -
Serta sebagai dasar dalam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ARISTA EKA PRAMUDITA -
PM132003
ARISTA EKA PRAMUDITA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Tujuan Pemetaan Sosial:
Sebagai langkah awal untuk mengetahui wilayah calon sasaran program;
untuk mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta;
sebagai dasar dalam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.
In reply to ARISTA EKA PRAMUDITA

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by SEKAR AYU SETIANINGRUM -
yap betul sekali sebagai langkah awal kita saat observasi melakukan pemetaan sosial untuk mengetahui kondisi atau karakteristik lokal
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by DARMAN DARMAN -
mmm, betul....... namun kenyataan dilapangan, masih banyak di temukan inclusion error dan exclusion error. maka dari itu sepertinya metode yang digunakan selama ini untuk pemetaan harus di tingkatkan lagi.
In reply to ARRINA ALVIATUZ ZAHRO

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Nuria Dwi Anggarwati -
pemetaan Sosial sendiri bertujuan untuk memahami dan mendapatkan gambaran utuh kondisi sosial masyarakat lokal, mengingat kondisi sosial setiap masyarakat itu berbeda-beda.