Ruang Kolaborasi Pemecahan Masalah Melibatkan Pecahan

Silahkan Berdiskusi Melalui Ruang Kolaborasi Berikut ini

Re: Silahkan Berdiskusi Melalui Ruang Kolaborasi Berikut ini

by Cut Riska -
Number of replies: 0
Dalam soal ini, kita diberikan gambar yang menunjukkan sisa air yang tidak habis diminum dalam suatu perlombaan minum kopi pahit. Kita diminta untuk menentukan pernyataan yang tidak benar berdasarkan pilihan yang diberikan.

a. Jika air pada gelas a dan gelas c disatukan, maka airnya tidak tumpah.
Pernyataan ini benar. Jika kita melihat gambar, gelas a dan gelas c memiliki sisa air yang sama, yaitu 0,25. Jika kita menyatukan air dari kedua gelas tersebut, totalnya akan menjadi 0,25 + 0,25 = 0,5, yang sesuai dengan kapasitas gelas f. Jadi, airnya tidak akan tumpah.

b. Jika air pada gelas b dan gelas d disatukan maka airnya akan tumpah.
Pernyataan ini benar. Jika kita melihat gambar, gelas b memiliki sisa air 0,75 dan gelas d memiliki sisa air 0,25. Jika kita menyatukan air dari kedua gelas tersebut, totalnya akan menjadi 0,75 + 0,25 = 1, yang melebihi kapasitas gelas f. Jadi, airnya akan tumpah.

c. Jika air pada gelas a dan gelas d disatukan maka airnya akan tumpah.
Pernyataan ini benar. Jika kita melihat gambar, gelas a memiliki sisa air 0,25 dan gelas d juga memiliki sisa air 0,25. Jika kita menyatukan air dari kedua gelas tersebut, totalnya akan menjadi 0,25 + 0,25 = 0,5, yang melebihi kapasitas gelas f. Jadi, airnya akan tumpah.

d. Jika air pada gelas f dan gelas e disatukan maka airnya tidak tumpah.
Pernyataan ini benar. Jika kita melihat gambar, gelas f memiliki sisa air 0,5 dan gelas e juga memiliki sisa air 0,5. Jika kita menyatukan air dari kedua gelas tersebut, totalnya akan menjadi 0,5 + 0,5 = 1, yang sesuai dengan kapasitas gelas a. Jadi, airnya tidak akan tumpah.

Jawaban:

Jadi, pernyataan yang tidak benar adalah b. Jika air pada gelas b dan gelas d disatukan maka airnya akan tumpah.