DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI:
1. Pendekatan Konstruktivisme
Dalam pendekatan tersebut siswa-siswi diberdayakan melalui pengetahuan yang mereka miliki. Mereka akan saling berbagi strategi berpikir secara kritis tentang proses memecahkan masalah.
2. Pendekatan Pemecahan Masalah
Saat proses pembelajaran di dalam kelas, guru menghadapkan siswa dalam sebuah masalah terlebih dahulu lalu menugaskan siswa agar mampu mencari solusi untuk mengupayakan proses pemecahan masalah tersebut.
3. Pendekatan Open-Ended
Pendekatan ini hampir sama dengan pendekatan pemecahan masalah. Yang membedakan ialah pendekatan ini menggunakan metode menyelesaikan masalah yang sifatnya terbuka. Permasalahan yang bersifat terbuka artinya permasalah tersebut memungkinkan munculnya beberapa alternatif jawaban. Dari jawaban-jawaban tersebut, siswa akan diarahkan untuk lebih memahami pengetahuan atau konsep yang harus mereka miliki.
4. Pendekatan Realistik
Dalam pendekatan ini, siswa dihadapkan pada permasalahan yang memiliki sifat realistik. Permasalahan realistik bisa terpecahkan lewat daya nalar para siswa tersebut.
DALAM AGAMA:
Al-Quran surah An Nahl ayat 125:
Artinya : Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalanNya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.