Elaboration

ELABORATION 7

ELABORATION 7

by ELGA NURFADILAH -
Number of replies: 0

ugas 1 :

 

dalam al-Qur’an ada beberapa term yang maknanya mengacu pada strategi pembelajaran, antara lain
al-hikmah,al-mau'izah al-hasanah danal- jidal bi al-hasan. Sebagaimana dipahami dari surat an-Nahl/16:125:
اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ
"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yangbaik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. SesungguhnyaTuhanmu Dia-lah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". (QS An Nahl:125)
 

https://www.academia.edu/43085852/STRATEGI_PEMBELAJARAN_DALAM_ALQURAN_KONSEP_PENDIDIKAN_BERBASIS_AL_QURAN_M_APUD_KUSAERI_S

Tugas 2 :

Strategi pembelajaran inkuiri menekankan pada proses mencari dan menemukan solusi dari suatu permasalahan. Untuk menerapkan strategi pembelajaran ini, Bapak/Ibu guru dapat memberikan gambaran besar masalah lingkungan yang sedang dialami, misalnya masalah limbah.

Setelah itu, mintalah siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis limbah yang ada, lalu pilih salah satu dari jenis-jenis limbah tersebut untuk dibahas lebih lanjut. Misalnya, siswa memilih limbah cair, maka mereka harus mengidentifikasi penyebab munculnya limbah cair, dampaknya terhadap lingkungan, dan cara mengatasinya.

https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/macam-macam-strategi-pembelajaran-serta-contoh-penerapan-cara-menentukannya/