Elaboration

Elaboration

Elaboration

by DIVA REGITA MAHARANI -
Number of replies: 1

Tugas 1

1. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pembelajaran Kooperatif yaitu Mengorganisir siswa ke dalam kelompok kecil untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Misalnya, tugas kelompok yang melibatkan diskusi, pembagian tugas, dan tanggung jawab bersama.

(https://fkip.umsu.ac.id/2023/06/23/strategi-mengajar-yang-efektif/

2. Dalam Agama

Q.S Surat An-Nisa [4]:71

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا خُذُوْا حِذْرَكُمْ فَانْفِرُوْا ثُبَاتٍ اَوِ انْفِرُوْا جَمِيْعًا (٧١)

71. Hai orang-orang yang beriman, bersiap siagalah kamu, dan majulah (ke medan pertempuran) berkelompok-kelompok, atau majulah bersama-sama !

(https://www.laduni.id/alquran/tema/Strategi-perjuangan.html)

Tugas 2

1. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pembelajaran Berbasis Masalah Memperkenalkan siswa pada situasi atau masalah yang nyata dan menantang, di mana mereka harus menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari untuk menemukan solusi. Guru berperan sebagai fasilitator dalam memandu siswa dalam proses pemecahan masalah.

2. Dalam Agama
Tafsir Al-Azhar Surat an-Nahl Ayat 125 Dalam tafsir Al-Azhar ayat ini mengandung ajaran kepada Rasul Saw tentang cara melancarkan da’wah. Atau seruan terhadap manusia agar mereka berjalan di atas jalan Allah (Sabilillah), atau Shirathal Mutaqim, atau Ad-Dinul Haqqu, agama yang benar. Nabi s.a.w. memegang tampuk pimpinan dalam melakukan Da’wah itu. Kepadanya dituntunkan oleh Tuhan bahwa di dalam melakukan dakwah hendaklah memakai tiga macam cara atau tiga tingkat cara.

Pertama, Hikmah (Kebijaksanaan). Yaitu dengan cara bijaksana akal budi yang mulia, dada yang lapang dan hati yang bersih. Kemudian menarik perhatian orang kepada agama, atau kepada kepercayaan terhadap tuhan.

Yang kedua ialah Al-Mau’izhatul Hasanah, yang kita artikan pengajaran yang baik, atau pesan-pesan yang baik, yang disampaikan sebagai nasihat. Sebagai pendidikan dan tuntunan sejak kecil. Sebab itu termasuklah dalam bidang “Al-Mau’izhatul Hasanah”, pendidikan ayah-bunda dalam rumah tangga kepada anaknya, yang menunjukkan contoh beragama di hadapan anak-anaknya sehingga menjadi kehidupan mereka pula. Termasuk juga pendidikan dan pengajaran dalam perguruan-perguruan