Observation

Observation Kel 2

Observation Kel 2

by NURAIDAH NURAIDAH -
Number of replies: 2

Pengertian Pendekatan Pembelajaran 

Menurut Zevtiawan (2016), Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.

Pengertian Model pembelajaran 

Menurut Zetiawan (2016), model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Model pembelajaran ini berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas pembelajaran.

In reply to NURAIDAH NURAIDAH

Re: Observation Kel 2

by NURAIDAH NURAIDAH -
Menurut KBBI, teknik adalah metode atau sistem mengerjkan sesuatu. Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.

Menurut Azhar Arsyad (1997: 26) manfaat penggunaan m mediapengajaran di dalam strategi pembelajaran sebagai berikut:

1. Media pengajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.

2. Media pengajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi secara langsung antara peserta didik dan lingkungannya, dan kemungkinan peserta didik untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

3. Media pengajaran dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang, dan waktu.
In reply to NURAIDAH NURAIDAH

Re: Observation Kel 2

by NURAIDAH NURAIDAH -
Pengertian Metode Pembelajaran:
Metode dapat diartikan sebagai suatu jalan atau cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran dan mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya pengajaran Dengan demikian, metode pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal (Zevtiawan, 2016).

Pengertian Strategi Pembelajaran:
Menurut KBBI, strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (yang diinginkan). Strategi pembelajaran adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar, artinya usaha guru dalam menggunakan variabel pengajaran (tujuan, bahan, metode, alat serta evaluasi) agar dapat mempengaruhi para peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan. strategi pembelajaran tidak hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan tertentu yaitu tujuan pembelajaran, yang di dalam nya terdapat pengaturan materi atau paket program pembelajaran, dan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai dan yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Pengembangan Metode Pembelajaran:
Pengembangan model pembelajaran adalah suatu usaha dalam mencari pemecahan permasalahan-permasalahan yang ada dalam kegiatan belajar mengajar. Pengembangan model pembelajaran terdiri dari seperangkat kegiatan yang meliputi perencanaan, pengembangan, dan evaluasi terhadap sistem pembelajaran yang dikembangkan (Danasasmita, 2013).

Pengembangan Strategi Pembelajaran:
Pembelajaran IPA mengadaptasi dengan baik strategi-strategi yang melibatkan kecerdasan majemuk. Terdapat beberapa aktivitas dalam pembelajaran IPA yang disarankan oleh Jasmine (2007: 226), yaitu menulis laporan (linguistik), melakukan eksperimen (logis-matematis), membuat model kerja (visual), menulis lagu (musikal), mengorganisasi presentasi drama (kinestik), menanyakan kepada tiga orang (interpersonal), memutuskan apa yang mesti dipikirkan (intrapersonal).

Pengembangan Metode dalam Strategi Pembelajaran Fisika:
Metode pembelajaran dapat dikatakan sebagai cara yang harus ditempuh untuk mewujudkan rencana yang telah disusun guru dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis di kelas guna mencapai tujuan pembelajaran. Strategi adalah perencanaan untuk mencapai tujuan, sedangkan metode adalah cara/jalan yang digunakan untuk mencapai tujuan. metode-metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mewujudkan strategi pembelajaran tersebut di antaranya:
1. ceramah;
2. demonstrasi;
3. diskusi;
4. simulasi;
5. laboratorium;
6. pengalaman lapangan;
7. brainstorming;
8. debat;
9. simposium; dsb.

Pengembangan Strategi dalam Pembelajaran Fisika:
Strategi pembelajaran yang diterapkan guru Fisika di kelas mengacu pada beberapa indikator, yaitu tujuan pembelajaran, bahan dan materi pembelajaran, metode, media pembelajaran. Guru menyesuaikan strategi pembelajaran berdasarkan indikator-indikator tersebut sehingga kegiatan pembelajaran dapat terlaksana.
Ada beberapa aspek strategi pembelajaran yang mampu mengembangkan prestasi belajar siswa. Pertama, tujuan pembelajaran. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran diikuti dengan pemberian apersepsi kepada siswa. Penyampaian apersepsi dilakukan agar materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kedua, materi dan bahan ajar. Materi pembelajaran disampaikan diselingi dengan pemberian pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Selain itu, materi yang disajikan secara sistematis membuat siswa lebih mudah memahami materi. Ketiga, metode pembelajaran. Penggunaan metode yang beragam dan disesuaiakan dengan karakteristik materi membuat siswa lebih mudah memahami materi. Keempat, media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran mempermudah siswa dalam mensimulasikan konsep-kosep yang dijelaskan sehingga materi dapat lebih mudah dipahami. Kelima, evaluasi. Guru melakukan evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan materi.