Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Definisi Pemetaan Sosial

Definisi Pemetaan Sosial

by JUWITA JUWITA -
Number of replies: 61

Pemetaan sosial (social mapping) merupakan suatu metode atau proses pengumpulan data dan informasi baik yang bersifat sekunder maupun primer untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi geografis, sosial budaya, ekonomi, teknik, kelembagaan masyarakat, dan mengidentifikasi karakteristik masyarakat di wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program yang akan direncanakan.

In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DHEA FORTUNA -
PM153705
DHEA FORTUNA
INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA

Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Ketika melakukan pemetaan sosial adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dalam suatu wilayah tertentu secara spesifik. Kemudian digunakan sebagai bahan untuk membuat keputusan dalam rencana pelaksanaan program pengembangan masyarakat.
In reply to DHEA FORTUNA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by YUNI YUNI -
pemetaan sosial adalah suatu kegiatan untuk menganalisis dan mengetahui seluk beluk suatu wilayah beserta budaya yang ada dalam wilayah tersebut. pemetaan wilayah juga bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang berada dalam wilayah tersebut
In reply to DHEA FORTUNA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by PUTRI TSANIAH NURUL JANNAH -
Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Rahmy Fauzanibudi Ahmad -
PM153218 / RAHMY FAUZANIBUDI AHMAD / Universitas Brawijaya

Menurut saya pemetaan sosial merupakan suatu metode menunjukkan lokasi suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk mengenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. misalnya gambar posisi pemukiman, sumber-sumber mata pencaharian, jalan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana umum. Hasil dari pemetaan sosial dapat berupa keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik, sehingga dapat digunakan untuk menganalisa dan mendalami bersama masyarakat untuk memunculkan topik-topik dan tema-tema tertentu dalam menyelesaikan permasalahan sosialnya.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by INAYATUL ILAHIYAH ASSHODIQOH -
Pemetaan sosial (social mapping) yaitu suatu proses penggambaran masyarakat yang sistematik serta melibatkan pengumpulan informasi dan data tentang masyarakat yang di dalamnya terdapat profil dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat tersebut. Dalam melakukan pemetaan sosial tidak ada aturan dan metoda tunggal yang secara sistematik dianggap paling unggul. Perlu adanya pemahaman mengenai kerangka konseptualisasi masyarakat yang dapat membantu dalam membandingkan elemen-elemen masyarakat antara wilayah yang satu dengan lainnya.
In reply to INAYATUL ILAHIYAH ASSHODIQOH

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by EUNIKE MARCHELLA SINAGA -
Pemetaan Sosial adalah suatu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut..
In reply to INAYATUL ILAHIYAH ASSHODIQOH

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by YUNI YUNI -
Menurut saya pemetaan sosial yaitu proses menganalisis serta membaca kondisi suatu masyarakat, menemukan permasalahan yang terjadi kemudian memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by M.CHANDRA WIBOWO -
Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by LATIFATUR RO'FAH -
Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Social Mapping adalah teknik untuk membuat gambar kondisi sosial ekonomi masyarakat, misalnya gambar posisi pemukiman, sumber-sumber mata pencaharian, jalan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana umum. Hasil gambaran ini merupakan peta umum sebuah lokasi yang menggambarkan keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik, sehingga dapat digunakan untuk menganalisa dan mendalami bersama masyarakat untuk memunculkan topik-topik dan tema-tema tertentu.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by ASPIRA RAHMADINI PURNAMASARI -
Pemetaan sosial (social mapping) didefinisikan sebagai proses penggambaran masyarakat yang sistematik serta melibatkan pengumpulan data dan informasi mengenai masyarakat termasuk di dalamnya profile dan masalah sosial yang ada pada masyarakat tersebut. Merujuk pada Netting, Kettner dan McMurtry (1993), pemetaan sosial dapat disebut juga sebagai social profiling atau “pembuatan profile suatu masyarakat”.

Pemetaan sosial dapat dipandang sebagai salah satu pendekatan dalam Pengembangan Masyarakat yang oleh Twelvetrees (1991:1) didefinisikan sebagai “the process of assisting ordinary people to improve their own communities by undertaking collective actions.” Sebagai sebuah pendekatan, pemetaan sosial sangat dipengaruhi oleh ilmu penelitian sosial dan geography. Salah satu bentuk atau hasil akhir pemetaan sosial biasanya berupa suatu peta wilayah yang sudah diformat sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu image mengenai pemusatan karakteristik masyarakat atau masalah sosial, misalnya jumlah orang miskin, rumah kumuh, anak terlantar, yang ditandai dengan warna tertentu sesuai dengan tingkatan pemusatannya.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DHEA RISKY AMELIA -
DHEA RISKY AMELIA - UNIVERSITAS PAMULANG

Social Mapping adalah teknik untuk membuat gambar kondisi sosial ekonomi masyarakat, misalnya gambar posisi pemukiman, sumber-sumber mata pencaharian, jalan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana umum. Hasil gambaran ini merupakan peta umum sebuah lokasi yang menggambarkan keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik, sehingga dapat digunakan untuk menganalisa dan mendalami bersama masyarakat untuk memunculkan topik-topik dan tema-tema tertentu.
In reply to DHEA RISKY AMELIA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by IMBAR NOVANSYAH -
izin untuk menjawab, kaka pertanyaan yang bagus. mashaAllah..
Cuman ingin menyanggah sedikit kaka.. mohon izin..
ada perbedaan antara pemetaan sosial dan social mapping kaka..
pemetaan adalah sebuah uraian untuk kita lebih paham situasi dan kondisi desa sasaran nah untuk mempermudah itu agar bisa kita visualkan maka lahirnya social mapping unttuk membantu menggambarkan dari pemetaan sosial tadii... begituu kaka makasih
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Zulfa Iflakhul Fadilla -
Zulfa Iflakhul Fadilla
PM131611

Menurut saya Pemetaan Sosial merupakan kegiatan proses penggambaran masyarakat yang sistematik serta melibatkan pengumpulan data dan informasi mengenai masyarakat termasuk di dalamnya profile dan masalah sosial yang ada pada masyarakat tersebut.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by RIDA AULIA PUTRI -
Pemetaan sosial atau social mapping merupakan metode yang dilakukan untuk mengumpulkan suatu data-data dan informasi terkait masyarakat dalam bentuk profil wilayah ataupun permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Dimana dalam hal ini ada penggambaran masyarakat yang melibatkan masyarakat disertai dengan solusi yang berkelanjutan.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by TITIK YIPING DEVINA DAMAYANTI -
Izin menambahkan mengenai definisi dari pemetaan sosial. Pemetaan sosial merupakan proses penggambaran masyarakat, yang di mana juga merupakan proses pengumpulan data mengenai masyarakat yang meliputi riwayat dan masalah sosial yang ada pada masyarakat tersebut. Pemetaan sosial merupakan salah satu bentu cara untuk mengetahui kondisi sosial dari masyarakat yang menjadi sasaran program.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Tri Melinda Dinar Maharena -
Tri Melinda Dinar Maharena/PM191609/Universitas Jember

Mau menambahkan opini dari kak Juwita, Jadi pemetaan adalah cara mendasar untuk menampilkan kognisi spasial manusia. Ini adalah teknik cepat meringkas dan menyajikan sejumlah besar informasi. Peta sosial adalah teknik yang digunakan sebagai alat penilaian pedesaan partisipatif. Untuk mengevaluasi kelayakan penggunaan pemetaan sosial sebagai alat pengajaran dengan contoh seperti kesehatan masyarakat. Pemetaan dilakukan oleh masyarakat yang berdomisili di setiap segmen dan disusun dengan bantuan dokter residen. Ini juga membantu dalam memahami wilayah geografis, orang, bahasa, praktik budaya, jaringan sosial, dan interaksi. Dan ini dapat melatih dalam menggunakan teknik penilaian cepat, kartografi, peringkasan yang efektif dan ringkas dan penyajian data relevansi sosial. Perbedaan bahasa dan latar belakang budaya masyarakat menjadi tantangan utama yang dihadapi. Pemetaan sosial adalah pembelajaran yang sangat baik dan alat pengajaran yang sangat praktis dalam kesehatan masyarakat, terutama ketika peneliti/petugas kesehatan memiliki sedikit pengetahuan tentang bidang praktik lapangannya.
In reply to Tri Melinda Dinar Maharena

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by BASYIR YASIER RAIS -
menurut saya Pemetaan Sosial Pemetaan sosial (social mapping) merupakan upaya mengidentifikasi dan memahami struktur sosial (sistem kelembagaan dan individu) tata hubungan antar lembaga dan atau individu pada lingkungan sosial tertentu.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DEBY AMELIA PUTRI -
PM150406
Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by NOFI PUJI LESTARI -
PM150212 / Nofi Puji Lestari / INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

Pemetaan sosial merupakan kegiatan awal yang bertujuan untuk mengenali adanya suatu masalah, potensi dan sumber sekaligus mengumpulkan data sosiografis secara keseluruhan dalam suatu wilayah untuk mendapatkan data awal mengenai suatu komunitas dimana informasi yang diperoleh melalui Pemetaan Sosial menjadi pusat
data sebagai dasar perumusan perencanaan program Community Development dan juga kebijakan lainnya. Jadi memang pemetaan sosial merupakan tahapan yang sangat penting dilakukan sebelum menentukan program yang akan dibentuk.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by VALINDA PUTRI FEBRIANTI -
Pemetaan sosial merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memahami kondisi sosial masyarakat karena setiap masyarakat memiliki masalah dan kebutuhan sosial yang berbeda-beda. Pemetaan sosial juga dilakukan untuk meningkatkan kesejaheraan hidup masyarakat serta menganalisis potensi konflik yang terdapat pada masyarakat.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by GRACE IVONY BR GINTING -
Pemetaan Sosial adalah kegiatan pengumpulan data dan informasi yang dilakukan untuk menggambarkan dan mengenali kondisi sosial budaya, sosial ekonomi, serta masalah sosial di masyarakat.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Muhammad Fhikri Yudha Pratama -
PM041004 / MUHAMMAD FHIKRI YUDHA PRATAMA / UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Dari yang saya pahami, merupakan kegiatan pendataan yang dilakukan agar dapat melakukan perencanaan yang nantinya digunakan untuk pemberdayaan masyakat pada daerah yang dipetakan. Sehingga diperlukanlah adanya hubungan timbal balik yang baik antara kedua belah pihak agar bisa didapatkan data yang valid. Umumnya metode yang banyak dilakukan dalam pemetaan sosial adalah dengan dilakukannya survey kepada salah satu individu yang memiliki pengaruh besar pada daerah tersebut sehingga data yang didapatkan nantinya dapat dijadikan sebagai acuan atau pedoman peneliti untuk melakukan pemetaan. Dalam pemetaan juga terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan yaitu 1. Faktor luar atau dalam yang mempengaruhi daerah tersebu, 2. Pandangan masyarakat terhadap nilai yang tumbuh di daerah mereka karena adanya dorongan faktor tersebut dan 3. Outputnya, seperti budaya atau kebiasaan apa yang mereka lakukan karena pengaruh beberapa faktor sebelumnya
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Yolanda Helena Simanjuntak -
Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by OKKY OCTAVIANI -
Mapping-social dapat disebut juga sebagai sosial-profiling atau profil masyarakat. Mapping-social dapat dipandang sebagai salah satu pendekatan dalam
pengembangan masyarakat mapping-social sangat dipengaruhi oleh ilmu penelitian sosial-geography. Salah satu outcome mapping-social dapat berupa suatu peta wilayah yang sudah diformat sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu citra mengenai pemusatan identitas, karakteristik dan profil masyarakat atau masalah sosial.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by MUHAMMAD SYAUQIE TAUFIQURRAHMAN -
Muhammad Syauqie Taufiqurrahman
PM122701
Universitas Siliwangi

Pemetaan Sosial merupakan suatu metode yang dalam kegiatannya berisikan menganalisis persamaan dan perbedaan fenomena sosial di setiap daerah yang memiliki karakteristik khusus, fenomena sosial yang dimaksud antara lain bahasa, adat istiadat, kebiasaan, budaya dll, sehingga setiap daerah yang dilakukan pemetaan sosial ini dapat diidentifkasi dan dianalisis untuk mendapatkan data yang diperlukan atau sebagai bahan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada setiap daerah.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by ATIKA SHINTA NAQIRIZIYANI -
izin menjawab
Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by NADYA MARSHA MAKSUDY -
Nadya Marsha Maksudy
PM250804
Universitas Jember

Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Hasil gambaran ini merupakan peta umum sebuah lokasi yang menggambarkan keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik, sehingga dapat digunakan untuk menganalisa dan mendalami bersama masyarakat untuk memunculkan topik-topik dan tema-tema tertentu.
Penggunaan Pemetaan Sosial:
1. Menampilkan data tata letak komunitas, infrastruktur, kependudukan, etno-kelompok bahasa, pola kesehatan, kekayaan, dan sebagainya
2. Mengidentifikasi kelompok sosial yang berbeda menggunakan kriteria yang ditetapkan secara lokal dan menilai distribusi aset di seluruh kelompok sosial
3. Mendalami pengetahuan dan persepsi komunitas
4. Mengidentifikasi pengaruh dan kekuasaan yang bermain
5. Belajar tentang lembaga sosial dan pandangan komunitas yang berbeda terhadap lembaga-lembaga sosial tersebut
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Steven Steven -
Pemetaan sosial (social mapping) merupakan upaya mengidentifikasi dan memahami struktur sosial (sistem kelembagaan dan individu) tata hubungan antar lembaga dan atau individu pada lingkungan sosial tertentu. Pemetaan sosial dapat juga diartikan sebagai social profiling atau “ pembuatan profil suatu masyarakat “ Identifikasi kelembagaan dan individu ini dilakukan secara akademik melalui suatu penelitian lapangan, yakni mengumpulkan data secara langsung, menginterpretasikannya dan menetapkan tata hubungan antara satu dengan lain satuan sosial dalam kawasan komunitas yang diteliti
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by ALI IRFANI AZIZ -
Menurut saya pemetaan sosial adalah dimana kita terjun kelapangan untuk mengetahui apa saja yang akan kita lakukan di lapangan, dan untuk mengetahui karakteristik sebuah wilayah
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Annisa Yolanda Aulia -
Pemetaan sosial (social mapping) merupakan titik nol dari keseluruhan kegiatan yang akan dijalankan. Dengan social mapping, akan didapatkan kegiatan serta program apa yang cocok dan bermanfaat untuk wilayah dan permasalahan tersebut
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Shinta Mawadatul 'afifah -
PM151815-SHINTA MAWADATUL 'AFIFAH-UNIVERSITAS JEMBER.
izin menmabahkan jawaban, pemetaan sosial merupakan suatu metode secara visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok untuk mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Pada dasarnya pemetaan sosial lebih mudahnya yaitu suatu gambaran kondisi sosial masyarakat yang nanti isinya berupa gambar posisi pemukiman, sumber mata pencaharian, jalan, sarana umum, dll.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by RIKA FATIMAH AGUSTINA -

Pemetaan Sosial adalah satu kegiatan yang dilakukan untuk menemukenali
kondisi sosial budaya masyarakat lokal atau disebut juga sebagai kegiatan orientasi
social. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses Sosialisasi Awal, dilakukan
setelah dan atau bersamaan dengan kegiatan Kunjungan Informal ke kelompokkelompok strategis di tingkat desa/kelurahan (lobby kelompok strategis).

In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by AJENG APRILIA MAHARANI -
Pemetaan Sosial yaitu satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Pemetaan sosial yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu.
In reply to AJENG APRILIA MAHARANI

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by ILMU ARUM ISTIKOMAH -
Ilmu Arum Istikomah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
PM130503

Pemetaan Sosial adalah suatu proses atau suatu kegiatan yang memadukan 2 unsur ilmu pengetahuan yaitu ilmu sosial dan geografi, dan menghasilkan suatu peta wilayah yang menjelaskan secara detail tentang karakteristik dari suatu wilayah, seperti jumlah orang miskin, jenis pekerjaan masyarakatnya, jumlah penduduk, pemetaan tentang rawan bencana alam, dan lain sebagainya dengan maksud untuk memetakan masalah sosial dan menemukan solusinya.
In reply to ILMU ARUM ISTIKOMAH

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by BRIANTIKA TYAS MAHANANI -
Manfaat Pemetaan Sosial :
 Pemetaan untuk menentukan masalah yang perlu ditangani
 Pemetaan untuk menentukan potensi yang ada pada masyarakat
 Pemetaan untuk mengambarkan konsisi komunitas sasaran
 Pemetaan untuk menggambarkan program yang telah dijalankan
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DESTHRIYANTI DESTHRIYANTI -
PM160504
DESTHRIYANTI
UNIVERSITAS PADJADJARAN

Izin menambahkan. Menurut saya, pemetaan sosial atau yang disebut sebagai social mapping merupakan suatu kegiatan dengan proses mengidentifikasi atau menganalisa karakteristik atau kondisi sosial masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik geografi maupun demografi untuk menemukenali suatu wilayah.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DIKY RIANSYAH -
Pemetaan Sosial merupakan kegitatan di lapangan secara langsung dengan terjun ke dalam suatu kelompok masyarakat yang bertujuan untuk melakukan ploting, analisis dan juga pemetaan terstruktur. Pemetaan sosial dalam suatu projek lapangan harus dilakukan agar target tujuan yang kita laksanakan dalam lapangan tercapai secara optimal dengan tidak mengesampingkan kearifan budaya, tradisi, dan sosial suatu ekosistem masyarakat yang majemuk.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Adam Adi Prawira -
Pemetaan sosial (social mapping) merupakan proses penggambaran masyarakat yang sistematik, dan melibatkan pengumpulan data dan informasi mengenai masyarakat; termasuk profile dan masalah sosial masyarakat.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by CICI AGUSTI -
pemetaan sosial adalah metode untuk melihat bagaimana kondisi sosial ekonomi dan budaya suatu daerah yang akan dijadikan tempat sasaran suat program dengan mengumpulkan data-data baik berupa dat primer maupun sekunder
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DZAKIYATUL FIKRIYYAH -
pemetaan sosial yaitu sebuah proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DHIAS RENALDY HENDRAWAN -
Pemetaan masalah kesehatan merupakan upaya yang dilakukan untuk melihat besarnya masalah serta penentuan program dan prioritas kesehatan yang dapat diaplikasikan pada suatu lokasi melalui upaya-upaya pemerintah, swasta maupun organisasi untuk memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup, kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian untuk melukiskan gambaran umum kondisi masyarakat, potensi, masalah dan kebutuhan yang ada pada lingkup sosial sehingga bisa dihasilkan prioritas kebutuhan dan program kesehatan yang perlu dijalankan.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by FAISAL FAISAL -
Terdapat beragam pemahaman mengenai pemetaan sosial(social mapping). Setidaknya terdapat dua pengertian mengenai pemetaan sosial: sebagai metode atau cara kerja dan sebagai produk. Sebagai metode, pemetaan sosial mencakup serangkaian cara dan proses untuk menggambarkan kondisi fisik, sosial, dan jaringan relasi masyarakat yang menjadi subyek kajian (antara lain, Bhattacharjee, 2001, Sari dan Paramitha,). Sebagai produk, pemetaan sosial merupakan hasil akhir dari suatu proses pemetaan yang berbentuk gambaran (paparan, uraian) atau peta (gambar atau visual) mengenai kondisi sosial masyarakat yang menjadi subyek kajian. Gambaran atau peta ini akan menunjukkan proporsi, komposisi, distribusi, dan relasi berbagai kategori yang ada dalam masyarakat termasuk struktur dan pranata sosial dalam suatu area kajian. Gambaran ini dipandang akan memberikan representasi yang menyeluruh tentang fenomena sosial dan budaya.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by MELLIANA TIFFANI -
Pemetaan sosial ialah Kegiatan awal untuk menemu kenali masalah, potensi dan sumber sekaligus menghimpun data sosiografis secara keseluruhan dalam suatu wilayah untuk mendapatkan data awal tentang suatu komunitas
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Mochammad Mugi Setiyanto -
Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Oktavia Yuwana Sintawati -
Pemetaan sosial salah satu metode visual untuk mendalami kondisi sosial pada suatu komunitas. Melalui sosial mapping kita bisa membuat gambaran tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat, misalnya tentang pemukiman. Dari hasil gambaran tersebut dapat digunakan untuk menganalisa dan mendalami bersama masyarakat mengenai keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik, sehingga memunculkan topik dan tema tertentu.
In reply to Oktavia Yuwana Sintawati

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by LAILI NADIFA -
pemetaan sosial atau social mapping yaitu teknik untuk membuat gambar kondisi sosial masyarakat, seperti misalnya gambar posisi pemukiman, sumber-sumber pencaharian, jalan, pelayanan kesehatan dan sarana umum. selain itu pemetaan sosial ini adalah satu metode visual yang menunjukan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk mendalami kondisi sosial komunitas tersebut.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Guntur Viki Duta Pradhana -
GUNTUR VIKI DUTA PRADHANA -UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Izin menjawab difinisi pemetaan adala suata cara Mendapatkan gambaran umumdi lingkungan masyarakat secara sosial ekonomi dan lingkungan sekitar wilayah yang diamana dapat kita ketahu berdasarkan keadaan di lapangan.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DENY FIRMANSYAH -
Pemetaan sosial merupakan kita menyusun dan merumuskan permasalahan apa saja yang menjadi kendala sosial di lapangan mengurutkan dari yang paling penting lalu mengecilkan menjadi inti dari permasalahan.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by Muhammad Rifaldi -
Social Mapping merupakan teknik yang digunakan untuk mengenali kondisi wilayah masyarakat pada wilayah tertentu dengan mengumpulkan informasi primer maupun sekunder untuk dijadikan sasaran program yang akan dijalankan
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DYAH NUR'ALIYAH -
Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by ANITA NUR AINI -
Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Pemetaan sosial yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by THALIA SEPTI MIRANDA SIHOMBING -
Pemetaan sosial (social mapping) merupakan upaya mengidentifikasi dan memahami struktur sosial (sistem kelembagaan dan individu) tata hubungan antar lembaga dan atau individu pada lingkungan sosial tertentu. Pemetaan sosial dapat juga diartikan sebagai social profiling atau “ pembuatan profil suatu masyarakat “ Identifikasi kelembagaan dan individu ini dilakukan secara akademik melalui suatu penelitian lapangan, yakni mengumpulkan data secara langsung, menginterpretasikannya dan menetapkan tata hubungan antara satu dengan lain satuan sosial dalam kawasan komunitas yang diteliti (Dody Prayogo,2003).
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by SALSABILA DWISTIKA LESTARI -
Pemetaan sosial adalah teknik untuk membuat gambar status sosial ekonomi suatu komunitas, seperti tempat tinggal, mata pencaharian, jalan, layanan medis, dan lokasi fasilitas umum. Hasil dari citra ini adalah peta gambaran tempat-tempat yang menggambarkan keadaan dan lingkungan fisik masyarakat, sehingga dapat digunakan untuk analisis dan eksplorasi di masyarakat untuk menjawab isu dan tema tertentu.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by DEVANIA HELENA KHARISMA TRIAJI -
Pemetaan Sosial (social mapping) adalah suatu metode yang dilakukan oleh kelompok atau komunitas untuk untuk mengumpulkan semua data dan informasi yang ada di sosial untuk membuat kepetusan yang akan diambil dan nantinya untuk mempermudah pekerjaan, proyek, dan kegiatan yang akan dilakukan di daerah yang akan dipetakan tersebut. Yang dipetakan adalah tentang kondisi sosial budaya masyarakat, kebiasaan, tata krama, kebiasaan, geografi, topografi, jenis kelamin, dll.

Tujuan Pemetaan Sosial
- langkah awal untuk mengetahui dan mengenal wilayah calon sasaran program;
- mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta;
- dasar dalam penyusunan kerja perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by MAURINA SANRA RUSYDI -
Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program
In reply to JUWITA JUWITA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by WULAN DWI SAFIRA -
PM130811
Wulan Dwi Safira
Undip

Pemetaan sosial adalah suatu metode untuk menunjukkan lokasi suatu kelompok masyarakat untuk mengenali kondisi sosial suatu masyarakat di suatu daerah.
In reply to WULAN DWI SAFIRA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by KHAIRUNNISA KHAIRUNNISA -
Pemetaan sosial merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum mulai aktif dalam kegiatan sosial. Hasil akhir Pemetaan merupakan dasar untuk menentukan bentuk pemberdayaan yang tepat untuk dilakukan pada masyarakat tertentu.
In reply to KHAIRUNNISA KHAIRUNNISA

Re: Definisi Pemetaan Sosial

by AMELIA YOSEPHINE SITEPU -
Pemetaan sosial (social mapping) ialah suatu kegiatan yang kelompok atau komunitas butuhkan dalam menentukan bentuk kegiatan pemberdayaan sosial dalam masyarakat.