Elaboration

Elaboration

Elaboration

by DIVA REGITA MAHARANI -
Number of replies: 1

1. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya mengembangkan strategi pembelajaran serta strategi pembelajaran yang pernah dikembangkan dan terlaksana dengan kehidupan sehari-hari yaitu misalnya pada strategi Problem Based Learning (PBL) yaitu pembelajaran yang terfokus pada pemyelesaian masalah. Guru memberikan stimulus berupa suatu permasalahan ilmiah yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari kepada peserta didik sehingga peserta didik aktif berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, serta menyimpulkan. Sehingga peserta didik mampu menyelesaikan atau memecahkan masalah tersebut.

2. Dalam Agama

Pembelajaran merupakan komponen yang paling utama dan hanya kita yang dapat melakukan pembelajaran dengan baik. Al-Qur'an adalah wahyu atau firman Allah SWT untuk menjadi petunjuk dan pedoman bagi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اَ َح ِس َب الَّنّا ُس اَ ْن ُّيّتْرَُكٓوْا اَ ْن َّيّقُوْلُٓوْا اٰمََّنّا وَهُ ْم لَا يُْفتَنُوْنَ - ٩ وَل َقَدْ الَّّذِيَْن َصدَقُوْا وَلََْعْلَمََّّن الْ كٰ ِذبِيْنَ ُ فَتََّنّا الَّّذِيَْن مِ ْن قَبْلِهِ ْم فَلََْعْلَمََّّن الل - ٣

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: „Kami telah beriman‟, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut : 2-3) 

Ayat diatas menjelaskan bahwa setiap orang yang beriman, pasti akan Allah timpakan suatu ujian ataupun masalah, dan ketika dihadapkan dengan suatu ujian atau masalah tersebut manusia akan memasuki proses pengambilan sebuah keputusan terkait dengan strategi atau cara pemecahan masalah-masalah tersebut. Tentunya masing-masing manusia memiliki proses dan cara pengambilan keputusan yang berbeda-beda dalam mencari jalan keluar untuk setiap permasalahan yang tengah dialaminya.