Elaboration

Elaboration

Elaboration

by DIVA REGITA MAHARANI -
Number of replies: 1

1. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Suatu sekolah A mengembangkan perangkat pembelajaran yaitu kurikulum, silabus dan RPP. Kurikulum mencakupi program pendidikan yang terdiri dari beberapa mata pelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik. Penyempurnaan kurikulum disesuaikan dengan kondisi dan situasi sehingga pada saat ini sekolah tersebut harus berpedoman pada kurikulum merdeka. Kemudian diikuti dengan silabus yang merupakan rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Selanjutnya menyusun RPP atau skenario yang dilakukan oleh guru. Sehingga pada proses pembelajaran dapat dilaksankan dengan efektif.

2. Dalam Agama

Dalam pandangan al-Zarnūjī, sebelum belajar dan pembelajaran dimulai, seorang pelajar harus menentukan tujuannya belajar. al-Zarnūjī (1981) dengan tegas mengatakan

ثم ال بد من النية في زمان تعلم العلم، إذ النية هي األصل في جميع األفعال

Menentukan tujuan belajar adalah suatu keharusan saat belajar. Al-Zarnūjī menganggap bahwa menentukan niat (tujuan) merupakan tahapan awal yang sangat esensial. Niat adalah pangkal keberhasilan dalam proses belajar dan pembelajaran, bahkan dalam setiap urusan. Sama halnya dengan kurikulum, silabus dan juga RPP yang di dalamnya mencakup tujuan belajar, metode belajar dll.