Elaboration

Elaboration

Elaboration

by NITA KHAIROH -
Number of replies: 2

Dalam kehidupan sehari  - hari :

  1. UNESCO: Learning to Know, Do, Be, Live Together:

    • Learning to Know: Memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari karena memperjuangkan pentingnya memperoleh pengetahuan yang luas dan relevan. Dalam kehidupan sehari-hari, hal ini mendorong individu untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan tentang berbagai hal, baik dalam bidang akademis maupun praktis.
    • Learning to Do: Keterampilan praktis dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dalam tindakan sehari-hari. Ini berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas, mengatasi masalah, dan menerapkan keterampilan dalam situasi dunia nyata.
    • Learning to Be: Menggali dan memahami diri sendiri secara lebih mendalam, termasuk potensi, nilai-nilai, dan kepribadian. Hal ini berkaitan dengan pengembangan pribadi, emosi, dan spiritual yang merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari.
    • Learning to Live Together: Mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, kerjasama, dan keberagaman, yang sangat relevan dalam interaksi sosial dan kehidupan berkomunitas sehari-hari.
  2. Higher Order Thinking (HOT):

    • HOT mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, evaluasi, sintesis, dan penerapan konsep dalam situasi baru. Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan ini memungkinkan individu untuk mengambil keputusan yang bijak, menyelesaikan masalah kompleks, dan berpikir kreatif dalam berbagai konteks, baik dalam pekerjaan, dalam kehidupan pribadi, maupun dalam interaksi sosial.
  3. Abad 21:

  • Abad ke-21 menuntut individu untuk memiliki keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman, seperti literasi digital, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta keterampilan komunikasi yang efektif. Dalam kehidupan sehari-hari, ini berarti adaptasi terhadap teknologi, penyesuaian diri terhadap perubahan, serta kesiapan untuk belajar sepanjang hidup.

Dalam Agama :

  1. UNESCO: Learning to Know, Do, Be, Live Together:

    • Prinsip-prinsip UNESCO dalam pembelajaran ini mencerminkan nilai-nilai yang ada dalam ajaran agama. Agama mengajarkan pentingnya pengetahuan dalam memahami ajaran, mendorong amal perbuatan yang baik, pengembangan spiritualitas dan moral, serta pentingnya hidup harmonis dan berdampingan dengan sesama manusia.
  2. Higher Order Thinking (HOT):

    • Agama juga mendorong individu untuk berpikir secara kritis, evaluatif, dan reflektif terhadap ajaran-ajaran agama, mempertanyakan, memahami, dan menerapkan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari, serta mengambil keputusan yang bijaksana sesuai dengan nilai-nilai agama.
  3. Abad 21:

    • Ajaran agama juga mendorong individu untuk beradaptasi dengan nilai-nilai zaman dan mengaitkannya dengan ajaran agama. Literasi digital, keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan kebijaksanaan dalam menghadapi perubahan zaman menjadi penting untuk dipelajari dalam konteks agama guna menjalani kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan ajaran agama.