Observation

Hasil observasi percobaan fluida statis

Hasil observasi percobaan fluida statis

by DELLI TRIYANA -
Number of replies: 1

Tabel data hasil pengamatan

1.) Telur pada toples yang berisi air tawar akan tenggelam. Karena berat telur lebih besar dari gaya ke atas oleh zat air dan massa jenis telur lebih besar dari massa jenis zat cair. 

2.) Telur pada toples yang berisi air garam akan mengapung. Karena massa jenis air garam lebih besar daripada massa jenis telur tersebut, sehingga telur dapat mengapung

3.) Telur pada toples yang berisi air gula akan tenggelam. Karena massa jenis telur lebih kecil daripada massa jenis air gula tersebut, sehingga telur akan tenggelam.

1. Mengapa benda dapat terapung, tenggelam dan melayang pada fluida? Jelaskan!

Jawab:

Benda dapat dikatakan mengapung, yaitu karena keadaan massa jenis fluida lebih besar dari massa jenis benda. Kemudian juga dapat melayang, yaitu jika massa jenis benda sama dengan massa jenis zat cair. Bisa juga tenggelam, yaitu kondisi dimana massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan .

2. Tuliskan kesimpulan yang Anda peroleh dari hasil observasi!

Jawab:

Berdasarkan hasil pengamatan, maka dapat diperoleh kesimpulan:

Ketika suatu benda dicelupkan kedalam sebuah zat cair yang berbeda dengan kemungkinan benda akan tenggelam, mengapung ataupun melayang. Dalam percobaan, ketika telur dicelupkan ke dalam air garam akan melayang karena massa jenis zat cair lebih besar dari massa jenis telur. Kemudian ketika telur dicelupkan ke dalam air tawar dan gula akan tenggelam karena massa jenis zat cair lebih kecil dari pada massa jenis telur.