Elaboration

Penerapan Fluida Dinamis pada Kehidupan Sehari-hari dan Agama

Penerapan Fluida Dinamis pada Kehidupan Sehari-hari dan Agama

by MITA HANDAYANI -
Number of replies: 2

1. Sayap Pesawat Terbang. Sayap pesawat dapat terbang karena adanya gaya angkat ke atas. Namun, karena adanya aliran fluida di sayap pesawat terbang yang memenuhi hukum Bernoulli, gaya angkat pesawat menjadi terpengaruh.

2. Pipa Pitot. Pipa pitot digunakan untuk mengukur kecepatan fluida atau gas. Caranya, dengan melihat ketinggian cairan dalam pipa pitot.

3. Pipa Venturi. Pipa venturi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan fluida atau cairan dengan cara melihat ketinggian pada bagian pengukur.

4. Bak Air yang Bocor. Bak yang bocor memiliki fluida dinamis, yaitu fluida yang keluar dari lubang kebocoran bak tersebut.

Penerapan dalam agama

Pemahaman ayat Al Qur’an yang menjelaskan tentang fluida dinamis terutama pada azas bernouli dijelaskan pada Al Qur’an surat Al Mulk ayat 19, yakni yang artinya: “dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya diatas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu"

In reply to MITA HANDAYANI

Re: Penerapan Fluida Dinamis pada Kehidupan Sehari-hari dan Agama

by MITA HANDAYANI -
semoga bisa membantu kalian semua