Observation

Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

by DIAN HAERANI -
Number of replies: 1

DINAMIKA ROTASI
Dinamika rotasi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pergerakan benda yang berputar dengan memperhatikan aspek penyebabnya. Artinya, suatu benda disebut berotasi ketika semua bagian nda tersebut bergerak mengelilingi poros atau sumbu putar. Suatu benda berputar atau berotasi dikarenakan terdapat momen gaya atau torsi. Selain momen gaya, dalam dinamika rotasi dikenal juga momen inersia.

KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
Benda tegar adalah benda yang tidak mengalami perubahan bentuk jika diberi gaya F tertentu pada benda tersebut. Hal ini karena benda tegar memiliki banyak partikel yang mengaitkan satu sama lain dan membentuk sebuah ukuran tertentu. Maka dalam hal ini, kesetimbangan benda tegar berkaitan dengan Hukum Newton I dengan menggunakan konsep ΣF=0 dan ΣT=0 atau keseimbangan translasi. Jadi, kesetimbangan benda tegar adalah ketika benda dinilai sebagai bagian titik dengan ΣF=0, artinya benda tersebut seimbang.
Contohnya misal seorang pemain akrobat yang tengah berdiri di atas tali dengan membawa tongkat yang panjang. Pemain ini memegang tongkat tepat ditengah-tengah. Akibatnya, gaya berat tongkat pada setiap sisi sama besar. Gaya ini menimbulkan momen gaya pada sumbu putar (tubuh pemain akrobat) sama besar dengan arah berlawanan, sehingga terjadi keseimbangan rotasi. Ini menyebabkan pemain lebih mudah berjalan di atas tali.

Adapun percobaan tersebut
1. Cara manakah yang paling mudah dilakukan?
Yang paling mudah untuk membuka pintu yaitu cara ke 1 dimana mendorong pintu pada bagian ujung pintu akan lebih ringan ketimbang dengan membuka pintu dari tengah.
2. Tuliskan kesimpulan yang anda dapat dari hasil observasi diatas?
Kesimpulannya adalah kita akan dapat lebih mudah membuka pintu dengan cara mendorong pada bagian pintu hal tersebut menyebabkan pintu yang kita dorong akan terasa ringan dan mudah untuk dibuka. Sebaliknya jika kita mendorong pintu pada bagian tengah pintu maka kita akan merasakan pintu tersebut berat dan sulit membuka nya.

In reply to DIAN HAERANI

Re: Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

by DIAN HAERANI -
semoga dapat membantu ya teman-teman