Elaboration

Penerapan Materi Kalor dan Perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dan agama

Penerapan Materi Kalor dan Perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dan agama

by DELLI TRIYANA -
Number of replies: 1

Dalam kehidupan sehari-hari

1. tutup panci yang menjadi panas ketika digunakan untuk memasak.

2. Benda yang terbuat dari logam akan terasa hangat atau panas jika ujung benda dipanaskan, misalnya ketika memegang kembang api yang sedang dibakar.

3. Knalpot motor menjadi panas saat mesin dihidupkan

4. Bada terasa hangat ketika mendekati api unggun

Dalam agama

1. Perpindahan panas secara konduksi tidak hanya terjadi pada padatan saja tetapi bisa juga terjadi pada cairan ataupun gas. Bentuk perpindahan panas yang berupa konduksi sebagaimana tercantum dalam QS. Al-Kahfi ayat 96 yang berbunyi:

“Berilah aku potongan-potongan besi hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Zulkarnain: Tiuplah (api itu)”. Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata: “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu”.

Dalam ayat ini menunjukan isyarat-isyarat ilmiyah tentang perpindahan kalor yang ada pada kata أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا yang artinya berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku tuangkan ke atas besi panas itu.

2. Dalam Al-Qur’an terdapat salah satu ayat Al-Qur’an yang menujukan contoh dari perpindahan kalor secara konveksi yakni pada QS. Al-Baqarah ayat 164 yang berbunyi:

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan”.

Dalam ayat ini menunjukan salah satu contoh dari perpindahan kalor secara konveksi yang ada pada lafaz Allah menurunkan dari langit berupa air. Secara ilmiah dalam proses diturunkannnya air dari langit bukannlah suatu hal yang langsung terjadi tanpa adanya proses panjang.

3. Perpindahan kalor secara radiasi ini dapat dilihat pada salah satu ayat Al-Qur’an yang menunjukan bentuk dari perpindahan ini sebagaimana dalam QS. An-Naml ayat 7 yang berbunyi:

“(Ingatlah) ketika Musa berkata kepada keluarganya: “Sesungguhnya aku melihat api. Aku kelak akan membawa kepadamu kabar daripadanya, atau aku membawa kepadamu suluh api supaya kamu dapat berdiang”.

Pada ayat ini menunjukan adanya isyarat dari perpindahan kalor secara radiasi dengan lafaz “aku membawa kepadamu suluh api supaya kamu dapat berdiang”.

In reply to DELLI TRIYANA

Re: Penerapan Materi Kalor dan Perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dan agama

by DELLI TRIYANA -