Observation

Fluida Statis

Fluida Statis

by SIPA UROHMAH -
Number of replies: 1

Hasil Pengamatan

1. Pada saat telur dimasukan ke toples yang berisi air tawar, telur tersebut akan mengalami tenggelam dikarekan massa jenis telur lebih besar daripada massa jenis air.

2. Pada saat telur  didalam toples yang berisi air garam, telur tersebut akan mengapung dikarenkan didalam toples terdapat air garam  dan hal tersebut akan meningkatkan massa jenis air.

3. Pada saat telur berada pada toples yang berisi air gula, telur tersebut akan melayang dikarekan pada air gula tersebut akan meningkatkan massa jenis air sehingga telur tersebut bisa melayang.

 

1. Benda bisa mengapung didalam air dikarekan terjadinya gaya berat benda lebih kecil dari gaya angkat air. Jika benda dikatakan melayang karena terjadi jika berat benda sama dengan gaya angkat air. dan jika benda dikatakan tenggelam maka benda tersebut terjadi gaya berat benda lebih besar dari gaya angkat air.

2. Benda dikatakan mengapung karena jika gaya berat benda lebih kecil dari gaya angkat air, contohnya pada saat telur dimasukan kedalam air yang berisi air garam. Benda dikatakan melayang karena jika berat benda sama dengan gaya angkat air contohnya pada telur yang dimassukan kedalam toples yang berisi gula. Benda katakan tenggelam karena terjadi gaya berat benda lebih besar dari gaya angkat air contohnya pada telur yang dimasukkan kedalam toples yang berisi air tawar maka telur tersebut akan tenggelam.