Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Aspek Krusial dalam Perencanaan Proyek

Aspek Krusial dalam Perencanaan Proyek

by MUHAMMAD FURQON -
Number of replies: 2

Halo, Saya Muhammad Furqon dari Univeristas Udayana. Menurut pendapat saya, aspek penting atau krusial yang harus ada atau menjadi bahan pertimbangan ketika membuat perencanaan proyek, yakni :

1. Mengidentifikasi dan memetakan permasalah yang ada di lapangan. Dengan cara ini nantinya proyek yang akan dikerjakan diharapkan dapat berdampak langsung kepada kelompok atau wilayah yang menjadi sasaran

 

2. Memikirkan dan menuliskan another plan, jika rencana Satu tidak berjalan dengan semestinya. Memiliki lebih dari satu rencana memang merupakan hal yang krusial dalam pembangunan proyek, karena apabila rencana awal gagal, maka ada rencana berikutnya yang dapat diaplikasikan yang tentu saja sudah dipertimbangkan dengan matang. 

3. Melakukan Musyawarah Dengan Stake Holder yang ada. Pentingnya membangun diskusi dengan stake holder yang terlibat dalam sebuah perencanaan proyek merupakan salah satu aspek penting juga, karena dengan terjalinnya komunikasi yang baik dalam melakukan musyawarah untuk menemukan kata mufakat, nantinya diharapkan proyek perencanaan yang ada dapat terlaksana dengab baik apabila nantinya terdapat permasalahan di dalamnya.

 

Sekian pendapat dari saya, mohon ditambahkan dan di koreksi jika terdapat kekeliruan. Terimakasih

In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Aspek Krusial dalam Perencanaan Proyek

by FRAHMI KUSUMA DEWI -
PM220304
FRAHMI KUSUMA DEWI
UNIVERSITAS PASUNDAN

Menurut saya aspek krusial dalam perencanaan proyek adalah
1. mencari data yang akurat agar tidak adanya kesalah pahaman antara sesuatu hal yang akan direncanakan
2. mendapatkan informasi dari beberapa narasumber
3. membuat kesimpulan dari berbagai pandangan

hal-hal tersbut adalah hal dasar yang tidak bisa diabaikan, karena membuat sebuah perencanaan perlu hal hal yang mendasar untuk membuat sebuah perencanaan yang baik.
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Aspek Krusial dalam Perencanaan Proyek

by LATIFATUR RO'FAH -
1. Aspek Keuangan
Pembiayaan proyek menjadi sangat krusial bila proyek berskala besar dengan tingkat kompleksitas yang rumit, yang membutuhkan analisis keuangan yang cermat dan terencana.
2. Aspek Anggaran Biaya
Masalah ini berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian biaya selama proyek berlangsung. Perencanaan yang matang dan terperinci akan memudahkan proses pengendalian biaya, sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang direncanakan. Jika sebaliknya,akan terjadi peningkatan biaya yang besar dan merugikan bila proses Perencanaannya salah
3. Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia
perencanaan SDM didasarkan atas organisasi proyek yang dibentuk sebelumnya dengan melakukan langkah-langkah, Proses staffing SDM, deskripsi kerja, perhitungan beban kerja, deskripsi wewenang dan tanggung jawab SDM serta penjelasan tentang sasaran dan tujuan proyek.
4. Aspek Efektivitas dan Efisiensi
Masalah ini dapat merugikan bila fungsi produk yang dihasilkan tidak terpenuhi/tidak efektif atau dapat juga terjadi bila faktor efisiensi tidak dipenuhi, sehingga usaha produksi membutuhkan biaya yang besar.
5. Aspek Mutu
Masalah ini berkaitan dengan kualitas produk akhir yang nantinya dapat meningkatkan daya saing serta memberikan kepuasan bagi pelanggan
6. Aspek Waktu
Masalah waktu dapat menimbulkan kerugian biaya bila terlambat dari yang direncanakan serta akan menguntungkan bila dapat dipercepat.

tentu, semua harus didasarkan pada hasil asesmen yang harus dilakukan sebelum memulai proyek agar proyek yang dilakukan tepat sasaran