Forum Diskusi 2: Komunikasi

Komunikasi efektif

Komunikasi efektif

by NAFI'ATUL MARDIYAH -
Number of replies: 7

Bagaimana  cara efektif untuk mengajak atau mensosialisasikan program yang akan kita buat di masyarakat? dimana kita merupakan pendatang baru di tempat tersebut

In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by LATIFATUR RO'FAH -
Agar komunikasi bisa berlangsung efektif, perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Menurut Scoot M Cultip dan Allen dalam bukunya Effective Public Relations, faktor-faktor tersebut disebut dengan The Seven Communication, yaitu:

1. Credibility

Kredibilitas berkaitan erat dengan kepercayaan. Seorang komunikator yang baik harus memiliki kredibilitas agar pesan yang disampaikan dapat tersasar dengan baik. Beberapa hal yang berhubungan dengan kredibilitas misalnya kualifikasi atau tingkat keahlian seseorang. Contoh, seorang dokter dianggap mempunyai kredibilitas ketika ia menyampaikan hal-hal tentang kesehatan.

2. Context

Konteks berupa kondisi yang mendukung ketika berlangsungnya komunikasi. Supaya komunikasi berjalan efektif, konteks yang tepat menjadi hal yang menarik perhatian komunikan.

3. Content

Isi pesan merupakan bahan atau ,materi inti dari apa yang hendak disampaikan kepada audiens. Komunikasi menjadi efektif apabila isi pesan mengandung sesuatu yang berarti dan penting untuk diketahui oleh komunikan.

4. Clarity

Pesan yang jelas alias tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam adalah kunci keberhasilan komunikasi. Kejelasan informasi adalah hal penting yang bisa mengurangi dan menghindari risiko kesalahpahaman pada komunikan.

5. Continuity and consistency

Agar komunikasi berhasil, maka pesan atau informasi perlu disampaikan secara berkesinambungan atau kontinyu. Misalnya, pesan pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk menggunakan kendaran umum dibandingkan kendaraan pribadi harus selalu disampaikan melalui berbagai media secara terus menerus supaya pesan itu dapat tertanam dalam benak dan mempengaruhi perilaku masyarakat.

6. Capability of Audience

Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahami dan melakukan apa yang terdapat pada isi pesan. Dalam hal ini, tingkat pemahaman seseorang bisa berbeda-beda tergantung beberapa faktor, contohnya latar belakang pendidikan, usia ataupun status sosial.

7. Channels of Distributions

Selain berbicara secara langsung kepada audiens, ada cara lain untuk berkomunikasi, yaitu menggunakan media. Bentuk-bentuk media komunikasi yang biasa digunakan saat ini adalah media cetak ataupun elektronik. Pertimbangkan secara matang pemilihan media yang sesuai dan tepat sasaran agar tidak terjadi komunikasi yang sia-sia.
In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by GUSTI AYU MADE DWI SAWITRI -
PM170901
Gusti Ayu Made Dwi Sawitri
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Komunikasi merupakan proses interaksi yang kompleks antara fikiran, bahasa dan tindakan. Proses komunikasi memerlukan serangkaian kegiatan timbal balik antar sumber dan penerima, melalui pengulangan siklus komunikasi yang diharapkan tujuan komunikasi dapat tercapai. Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian fikiran dan perasaan menggunakan lambang (symbol) berupa bahasa, isyarat, atau gambar yang mampu menerjemahkan pikiran dan perasaan sumber pada penerima.

Efektif tidaknya komunikasi yang dibangun secara umum dalam sebuah proses dapat dipandang dari seberapa besar pencapaian tujuan dari komunikasi itu sendiri. Adapun tolak ukur keberhasilan komunikasi efektif dapat dilihat dari beberapa hal yaitu adanya kepercayaan dari penerima pesan (khalayak sasaran) terhadap penyampai pesan serta keterampilan komunikasi yang bersangkutan (menyajikan isi dan mengemas pesan sesuai tingkat nalar khalayak sasaran); daya tarik pesan dan kesesuaian pesan dengan khalayak sasaran; kemampuan khalayak sasaran dalam menafsirkan pesan, kesadaran dan perhatiannya terhadap kebutuhan terhadap pesan yang diterima; setting komunikasi, baik fisik maupun sosial relatif kondusif (nyaman, menyenangkan, dan mendukung proses komunikasi yang diharapkan); dan sistem saluran penyampai pesan (metode dan media yang dipakai) sesuai dengan jenis indera khalayak sasaran sebagai penerima pesan.
In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by MOHAMAD FIKRIANSYAH -
Komunikasi akan dapat berjalan dengan efektif manakala ada beberapa aturan dan kaidah yang diterapkan agar kemudian dapat diterima masyarakat, yaitu:
1. Komunikator menghargai setiap individu, orang maupun kelompok yang dijadikan sasaran komunikasi.
Hal ini mensyaratkan bahwa seseorang yang melakukan komunikasi bisa menempatkan diri, tidak menganggap dirinya sebagai orang yang paling tahu dan paling benar.
2. Komunikator harus mampu menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain. Setiap orang yang melakukan komunikasi harus mampu mendengar dan dan siap menerima masukan apapun dengan sikap yang positif dari masyarakat. Hal ini akan sangat sulit dilakukan manakala orang tersebut tidak dapat dikritik atau tidak siap menerima kritik. Menerima kritik memang tidak mudah. Tetapi kemampuan untuk menerima apapun masukan dengan sikap baik akan membawa pengaruh positif pada orang tersebut.
3. Pesan diterima oleh penerima pesan dan dapat didengarkan dengan baik.
Hal ini berkaitan dengan media yang digunakan. Seringkali orang melakukan komunikasi dengan individu maupun kelompok, tetapi pesan tidak dapat dipahami karena media atau alat yang digunakan tidak mendukung. Berkaitan dengan kejelasan apa yang akan disampaikan komunikator harus jelas dan dapat dipahami masyarakat umum. Ketidakjelasan yang disampaikan mengakibatkan penerima pesan kesulitan memahami isi pesan. Akibatnya selain tidak respon, pemberi pesan justru tidak akan didengarkan atau diperhatikan.
4. Kejelasan pesan sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi.
Misalnya apabila pemberi pesan menggunakan istilah-istilah yang sulit dipahami oleh penerima pesan, maka jelas akan sulit bagi penerima pesan untuk memahami isi pesan dan akhirnya umpan balik juga tidak akan muncul. Demikian juga bila pemberi pesan tidak jelas dalam menyampaikan pesan akibat penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan latar belakang penerima pesan, maka akan muncul berbagai interpretasi. Akhirnya isi pesan akan bergeser, dan komunikasi tidak dapat mencapai tujuannya.
5. Berkaitan dengan sikap rendah hati dan mau mendengarkan orang lain
Hal ini berkaitan dengan karakter dan sikap individu masing-masing, baik pemberi maupun penerima pesan. Termasuk di dalam sikap dan sifat ini adalah kerelaan untuk rendah hati, menghargai, dan mau mendengarkan orang lain.
In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by TASYA YUNISHA ZUANA -
Cara efektif untuk berkomunikasi mengajak atau mensosialisasikan program yang akan para pejuang muda adakan di masyarakat, dalam penyampaiannya informasi yang lengkap dan ringkas, pemilihan kata yang penuh pertimbangan, disampaikan secara jelas, informasi bersifat nyata, berkomunikasi dengan tata krama.
In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by DINDA WIJAYANTI -
komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik. Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya. Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.

Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya the communication is in tune ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan. Menurut Stewart L. Tubbs dan Sylavia Moss, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan.
jadi cara efektifnya yaitu
- Kredibilitas, berkaitan erat dengan kepercayaan. Seorang komunikator yang baik harus memiliki kredibilitas agar pesan yang disampaikan dapat tersasar dengan baik. Beberapa hal yang berhubungan dengan kredibilitas misalnya kualifikasi atau tingkat keahlian seseorang.
- Kejelasan informasi, hal penting yang bisa mengurangi dan menghindari risiko kesalahpahaman pada komunikan.
- infotmasi mudah di pahami, komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahami dan melakukan apa yang terdapat pada isi pesan.
In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by Faisal Yodha Pranawa -
Mengkomunikasikan rancangan kegiatan tersebut sebaik mungkin dan tentunya menggunakan sopan santun dan budaya yang diyakini oleh suatu daerah tersebut.
In reply to NAFI'ATUL MARDIYAH

Re: Komunikasi efektif

by Indah Rosita Dewi -
Cara untuk mengajak atau mensosialisasikan program yanh akan kita buat dimasyarakat dimana kita adalah pendatang yaitu dengan melakukan pendekatan awal terlebih dahulu. Melalui kegiatan sosialisasi non resmi seperti mengobrol dan berbaur bersama masyarakat. Sebelum melaksanakan program juga diperlukan komunikasi sehingga dapat diketahui masalah apa yang benar-benar dihadapi oleh masyarakat. Dengan adanya pendekayan tersebut maka masyarakat dapat lebih terbuka terhadap program yang dibawa.