Elaboration

Penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan agama

Penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan agama

by DELLI TRIYANA -
Number of replies: 2

Dalam kehidupan sehari-hari

Alat optik memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kamera, kaca pembesar (lup), mikroskop, teropong, dan kacamata. Alat optik ini membantu manusia dalam melihat benda-benda yang sulit dilihat dengan mata telanjang dan meningkatkan daya penglihatan manusia.

Kaitannya dengan agama

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اَللّٰهُ نُوْرُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۗ مَثَلُ نُوْرِهٖ كَمِشْكٰوةٍ فِيْهَا مِصْبَا حٌ ۗ الْمِصْبَا حُ فِيْ زُجَا جَةٍ ۗ اَلزُّجَا جَةُ كَاَ نَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُّوْقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُّبٰـرَكَةٍ زَيْتُوْنَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَّلَا غَرْبِيَّةٍ ۙ يَّـكَا دُ زَيْتُهَا يُضِيْٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَا رٌ ۗ نُوْرٌ عَلٰى نُوْرٍ ۗ يَهْدِى اللّٰهُ لِنُوْرِهٖ مَنْ يَّشَآءُ ۗ وَ يَضْرِبُ اللّٰهُ الْاَ مْثَا لَ لِلنَّا سِ ۗ وَا للّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ 

"Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

(QS. An-Nur 24: Ayat 35)

Dari ayat ini, dapat disimpulkan bahwa Al Quran menjelaskan tentang pembentukan dan pemantulan cahaya serta pembiasan cahaya seperti bayangan melalui simbol lampu dan kaca.

In reply to DELLI TRIYANA

Re: Penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan agama

by DELLI TRIYANA -
In reply to DELLI TRIYANA

Re: Penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan agama

by SITI HABIBAH -
Terimakasih delli