Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Memupuk kepercayaan diri

Memupuk kepercayaan diri

by LILY HANDAYANI NENGKEY -
Number of replies: 6

untuk pengembangan diri kita bisa mulai dari diri kita sendiri, supaya diri bisa berkembang kita bisa mengikuti kursus , pelatihan dan kegiatan lain nya agar kita bisa lebih percaya diri karena sudah dipupuk dari sekarang. karena, tanpa rasa percaya diri biasanya kita enggan atau malu untuk mencoba hal baru, sehingga hal ini biasa menghambat diri sendiri untuk berkembang.

In reply to LILY HANDAYANI NENGKEY

Re: Memupuk kepercayaan diri

by DHEA FORTUNA -
DHEA FORTUNA
PM153705
INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA

berikut cara untuk meningkatkan kepercayaan diri
1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Membandingkan diri dengan orang lain, sehingga membuat iri, dan perilaku tersebut bukanlah hal yang sehat. Apabila sewaktu-waktu pikiran tersebut terbesit dipikiran , ingatkan diri sendiri, bahwa hal tersebut merupakan perilaku yang sia-sia.
2. Hidup sehat dan self care
Kombinasikan gaya hidup sehat, yang diiringi dengan self-care. Melalui langkah ini, berarti meluangkan waktu untuk menyenangkan diri, dengan cara yang positif. Beberapa tips self-care yang bisa dicontek yakni memesan jasa pijat dan manikur pedikur.
3. Menerima kekurangan diri
Menerima keraguan, bukan berarti melakukan suatu kegiatan tanpa persiapan. Tetapi harus memahami yang akan dijalani, dengan tetap merangkul keraguan diri sendiri. Persiapan dan pemahaman yang matang, dapat meningkatkan percaya diri.
4. self-compassion
Dengan menerapkan self-compassion, pahami bahwa diri adalah manusia yang seutuhnya. Mengalami kegagalan dan melakukan kesalahan, amatlah manusiawi. Tidak ada salahnya untuk berbicara pada diri sendiri atau menertawakan diri sendiri, saat mengalami suatu kejadian tidak mengenakkan.
In reply to DHEA FORTUNA

Re: Memupuk kepercayaan diri

by ANISSA PUTRI APRILIA HERMAWAN -
Tips Meningkatkan Percaya Diri
1. Bangun pola pikir positif.
2. Kenali kekurangan dan kelebihan.
3. Fokus pada langkah atau perubahan kecil.
4. Lakukan hal yang disukai.
Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
6. Bergaul dengan orang-orang yang positif.
7. Menerapkan pola hidup sehat.
8. Bergabung dalam kegiatan sosial.
In reply to ANISSA PUTRI APRILIA HERMAWAN

Re: Memupuk kepercayaan diri

by URGELIA FATHINAH -
Tips:
mengetahui minat dan bakar kalian lalu asah
berfikir positif
healing sekali sekali yaa
In reply to ANISSA PUTRI APRILIA HERMAWAN

Re: Memupuk kepercayaan diri

by YENI ANGGRAINI -
saya setuju, izin sedikit menambahkan kepercayaan diri mampu kita latih dengan berbicara didepan umum, misalkan saat presentasi kita mampu menjelaska dengan bahasa yang yakin dan tegas hal tersebut menurut saya juga mampu meningkatkan kepercayaan diri namun sebelum itu kuncinya adalah menguasai materi dan yakin bahwa kita bisa
In reply to LILY HANDAYANI NENGKEY

Re: Memupuk kepercayaan diri

by Gema Aditya Mahendra -
Proses dalam pengembangan diri dilakukan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh diri kita. Faktor yang mendorong dalam pengembangan diri adalah motivasi untuk melakukan perubahan progresif terhadap diri sehingga dapat berkembang.
In reply to LILY HANDAYANI NENGKEY

Re: Memupuk kepercayaan diri

by Indah Brasilia Putri Lewina Sidabutar -
1. Memupuk Kepercayaan Diri
Supaya diri sendiri bisa berkembang dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar, dan kegiatan dari kampus. Maka penting sekali untuk memulainya dengan memupuk rasa percaya diri.

Sebab tanpa rasa percaya diri biasanya seseorang enggan untuk mencoba hal baru atau berbuat apapun diluar rutinitas harian. Sehingga hal ini akan menghambat diri sendiri untuk berkembang.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah yakin bahwa kamu bisa melakukan kegiatan atau hal tertentu yang menarik minat dan perhatian. Kemudian, berani tanpa takut akan sesuatu hal yang belum terjadi di depan mata. Ketiga, adalah meminta dukungan agar lebih kuat dan percaya diri.