Elaboration

Penerapan pemanasan Global dalam kehidupan sehari-hari dan dalam beragama

Penerapan pemanasan Global dalam kehidupan sehari-hari dan dalam beragama

by SITI HABIBAH -
Number of replies: 0

Contoh penyebab pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari yang berdampak bagi kehidupan manusia:

Ada beberapa penyebab terjadinya pemanasan global: karena terjadinya penebangan hutan sehingga tidak dapat menyerap karbon dioksida, penggunaan transpotasi yang cukup banyak, banyaknya rumah kaca, sehingga menyebabkan emisi karbon dioksida dan lainnya.

Dampak pemanasan Global bagi kehidupan diantaranya: sering terjadi kebakaran dihutan, es di kutub mencair, adanya penyakit yang menyerang makhluk hidup, kekeringan, krisis air bersih, suhu air laut meningkat, naiknya permukaan air laut dan dapat merusak terumbu karang.

Hubungan Pemanasan Global dalam Agama

Islam memandang alam dan seluruh isinya adalah tanda kekuasaan Allah SWT. Itulah sebabnya seluruh benda yang ada dilangit dan dibumi, baik benda hidup maupun mati bertasbih dan bersujud kepada Allah (Qs. al Hadid, [57]:1). Uniknya, hampir seluruh proses kehidupan di bumi ini membentuk semacam mata rantai (ekosistem) yang saling tergantung, saling membutuhkan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Secara sederhana, langit ibarat atap bangunan yang terdiri dari udara dan ruang angkasa yang dalam kekuasaan Allah mampu bertahan secara terus menerus diatas permukaan bumi.

Namun demikian, akibat kelalaian dan kecerobohan umat manusia dalam berhubungan dengan alam, keteraturan dan keseimbangan tersebut menjadi rusak. Sehingga pemanasan global menjadi tak terhindarkan lagi. Demikian juga perubahan iklim menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari. Sikap tidak peduli terhadap keseimbangan alam merupakan salah satu sebab dari pemanasan global yang kemudian berpengaruh terhadap perubahan iklim. Penilaian tersebut bisa dipahami dari penegasan firman Allah:

“Jika mereka melihat sebagian dari langit gugur, mereka akan mengatakan “itu adalah awan yang bertindih-tindih”. (Qs. ath-thur: [52]:44)

وَإِنْ يَرَوْا كِسْفًا مِنَ السَّمَاءِ سَاقِطًا يَقُولُوا سَحَابٌ مَرْكُومٌ