Forum Diskusi 2: Komunikasi

Pentingnya Komunikasi Sebagai Dasar Pemecahan Masalah Sosial

Pentingnya Komunikasi Sebagai Dasar Pemecahan Masalah Sosial

by DWI LESTARI -
Number of replies: 4

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian tujuan atau makna dari individu kepada orang lain guna untuk mendapatkan respon. Komunikasi sendiri memiliki peranan yang penting di masyarakat. Dengan adanya komunikasi, permasalahan akan dapat diatasi. Jadi, kita sebagai pejuang muda yang diberikan amanah dari Kemensos harus dapat berkomunikasi dengan masyarakat di berbagai kalangan. Komunikasi akan berjalan dengan baik jika seorang individu dapat menempatkan dirinya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Suatu permasalahan akan diketahui dan akan susun solusinya berdasar pada komunikasi. Baik komunikasi individu dan juga kelompok.

In reply to DWI LESTARI

Re: Pentingnya Komunikasi Sebagai Dasar Pemecahan Masalah Sosial

by Vica Herza -
Setuju. Menurutku, komunikasi ini dasar yang harus dimiliki pejuang muda yang terlibat untuk bisa memecahkan pemasalahan di masyarakat, baik itu kemiskinan, kesehatan, dan masalah-masalah lainnya, bisa dikatakan pemecahan untuk masalah sosial. Masalah sosial tidak bisa ditangani sendiri, membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak, yang mana untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak tersebut dibutuhkam komunikasi yang baik.
In reply to DWI LESTARI

Re: Pentingnya Komunikasi Sebagai Dasar Pemecahan Masalah Sosial

by MUHAMMAD ANWAR RIDHO -
Komunikasi merupakan hal yang krusial dalam menangani berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat. Dalam melakukan komunikasi dengan beberapa kalangan di masyarakat dan pihak-pihak yang lain harus didasarkan dengan prinsip-prinsip dan etika komunikasi agar penyampaian informasi dapat berjalan efektif. Komunikasi dapat dilakukan dengan komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal, yang mana hal tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Komunikasi yang baik antara berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan dalam memecahkan permasalahan sosial yang ada di masyarakat.
In reply to DWI LESTARI

Re: Pentingnya Komunikasi Sebagai Dasar Pemecahan Masalah Sosial

by Fairuz Kansha Senjaning Wahyuningsih -
Fairuz Kansha Senjaning Wahyuningsih / PM160506 / Universitas Brawijaya
 
komunikasi sangat penting sebagai dasar dalam pemecahan masalah sosial, karena dengan komunikasi yang lancar di setiap elemen masyarakat, maka permasalahan sosial akan dapat cepat terselesaikan. namun perlu diperhatikan bahwa dalam berkomunikasi dengan pihak lain terkhusus adalah subjek dalam masalah sosial, diperlukan juga pengamatan mengenai bagaimana keadaan sebenarnya dan mengenai kultur di daerah tersebut, agar komunikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan etika, dan norma yang ada di masyarakat.
In reply to DWI LESTARI

Re: Pentingnya Komunikasi Sebagai Dasar Pemecahan Masalah Sosial

by Asep Khoerudin -
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dimiliki dalam proses pemecahan masalah, bukan hanya pemecahan masalah sosial saja, namun hampir semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik. untuk itu kita sebagai Pejuang Muda harus menyampaikan komunikasi yang baik kepada masyarakat. dengan komunikasi yang baik akan menimbulkan First Impression yang baik bagi kita sebagai Pejuang Muda agar dapat diterima baik oleh masyarakat dengan tujuan yang baik pula.