Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

fungsi pemetaan sosial

fungsi pemetaan sosial

by VITO ARIESNANDA BUDIMAN -
Number of replies: 3
bertujuan untuk memahami dan mendapatkan gambaran utuh kondisi sosial masyarakat lokal. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan, karena setiap masyarakat memiliki kondisi sosial yang berbeda-beda, serta memiliki masalah dan kebutuhan yang berbeda.
In reply to VITO ARIESNANDA BUDIMAN

Re: fungsi pemetaan sosial

by Dea Oktavia -
• Untuk menentukan masalah yang perlu ditangani.
• Untuk menentukan potensi yang ada pada masyarakat.
• Untuk menggambarkan kondisi komunitas sasaran.
• Untuk menggambarkan sebaran program yang telah dijalankan.
In reply to VITO ARIESNANDA BUDIMAN

Re: fungsi pemetaan sosial

by MARIAM INTAN JUWITA -
Selain untuk mengetahui kebutuhan dasar masyarakat, potensi sumber daya dan modal sosial masyarakat, juga untuk mengenal stakeholder dalam kaitannya dengan keberadaan dan aktivitas pelaku dalam program yang akan dijalankan, mengidentifikasi akar permasalahan yang dirasakan komunitas masyarakat, serta menganalisis potensi konflik yang terdapat di masyarakat.

Untuk melaksanakan pemetaan sosial, bisa dikerjakan sendiri oleh perusahaan, bisa juga dilakukan oleh konsultan akhli yang ditunjuk sebagai konsultan pelaksana. Namun tentu saja, untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk memakai jasa konsultan. Mengingat kompetensi SDM yang ada diperusahaan biasanya juga masih sangat terbatas.
In reply to VITO ARIESNANDA BUDIMAN

Re: fungsi pemetaan sosial

by Shinta Mawadatul 'afifah -
PM151816-SHINTA MAWADATUL 'AFIFAH-UNIVERSITAS JEMBER
izin menjawab, fungsi pemetaan sosial yaitu, menggunakan data sebagai politik ruang, ada penggunaan data yang berbasis masyarakat, data yang dihasilkan bukan untuk komersial dan pihak-pihak yang berkepentingan.