Elaboration

Elaboration

Elaboration

by CICI NABILA SUNIAH -
Number of replies: 1

Dalam Kehidupan Sehari-hari: Digunakan oleh seorang guru dalam menentukan tujuan pembelajaran, membuat rancangan pembelajaran, memiliki model dan metode yang akan digunakan dan sebagainya.

Kaitannya dengan Agama: Perancangan atau perencanaan juga senantiasa dibahas dalam Al-Qur’an dan Hadist. Perencanaan meliputi usaha untuk memetapkan tujuan atau memformulasikan tujuan yang dipilih untuk dicapai, maka perencanaan haruslah bisa membedakan point pertama yang akan dilaksanakan terlebih dahulu. Allah Swt., berfirman dalam QS. Al Hasyr ayat 6 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok ; dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” 

In reply to CICI NABILA SUNIAH

Re: Elaboration

by CICI NABILA SUNIAH -
(+) Prof. Dr. Quraish Shihab dalamnya tafsir “al-Misbah” nya, menafsirkan bahwa ayat tersebut berbicara mengenai perencanaan. Beliau mengatakan bahwa kata “waltandzur’ nafsumma koddamat lighod”, mempunyai arti bahwa manusia harus memikirkan terhadap dirinya dan merencanakan dari segala apa yang menyertai perbuatan selama hidupnya, sehingga ia akan memperoleh kenikmatan dalam kehidupan ini.