Elaboration

Elaboration 11

Elaboration 11

by DEDE RESTI AMELIA PUTRI -
Number of replies: 2

Kaitan materi Etnosains Fisika dengan kehidupan sehari-hari:

Materi etnosains fisika memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan sehari-hari karena melibatkan pengamatan dan pemahaman fenomena alam secara tradisional dalam konteks budaya dan lokal, diantaranya yaitu:

  • Penggunaan Tradisional Alat-alat Sederhana: Banyak budaya memiliki alat-alat sederhana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti alat penunjuk arah, alat ukur tradisional, atau alat untuk mengetahui waktu. Ini dapat dikaitkan dengan konsep fisika seperti vektor, pengukuran, dan pergerakan.

  • Seni dan Ritual yang Melibatkan Fisika: Beberapa seni atau ritual tradisional melibatkan unsur fisika, seperti tarian atau musik yang dapat terkait dengan getaran, gelombang suara, atau prinsip resonansi.

Kaitkan materi Etnosains Fisika dengan agama:

Beberapa agama melibatkan ritual dan perayaan yang terkait erat dengan siklus alam, seperti perayaan berdasarkan perubahan musim atau gerhana. Nah dalam pemahaman fisika tentang gerak planet dan fenomena alam lainnya dapat menjadi dasar untuk penentuan waktu dalam konteks keagamaan tersebut yang dijadikan sebagai budaya yang rutin dilaksanakan bagi yang merayakan.