Elaboration

Elaboration 3

Elaboration 3

by ELSA RAI SANDY -
Number of replies: 0

Kaitannya dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Sebelum mengajar seorang guru harus menyiapkan pendekatan, model, metode, strategi, teknik dan media yang akan digunakan. Selanjutnya, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai, seperti model pembelajaran berbasis masalah. Pada model ini siswa diajak untuk memecahkan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu melibatkan berbagai teknik, seperti diskusi kelompok, eksperimen, dan lain-lain. Guru juga dapat menerapkan strategi, seperti memberikan umpan balik yang konstruktif. Selama pembelajaran, teknik-teknik seperti visualisasi dengan menggunakan gambar atau grafik dapat digunakan untuk memudahkan pemahaman konsep fisika yang kompleks. 

 

 

 

Kaitannya dalam Agama

 

Dalam surat Az-Zumar ayat 39:

 

قُلْ يَٰقَوْمِ ٱعْمَلُوا۟ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّى عَٰمِلٌ ۖ فَسَوْ dan تَعْلَمُونَ

 

Atinya: "Apakah orang yang mengetahui (ilmu) sama dengan orang yang tidak mengetahui? Maka tidaklah sama (kedudukannya) orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui."

 

Dari ayat tersebut bahwa ada perbedaan antara orang yang memiliki pengetahuan dan orang yang tidak memiliki pengetahuan hal ini mencerminkan betapa pentingnya komponen pengetahuan dalam strategi pembelajaran.