Elaboration

Elaboration 4

Elaboration 4

by ELSA RAI SANDY -
Number of replies: 1

1. Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Kelas XI MIPA-6 akan belajar mengenai materi Gelombang Cahaya. Sebelum menyampaikan materi guru bertanya kepada peserta didik "apa yang kalian ketahui mengenai sifat-sifat gelombang cahaya"? Apabila peserta didik menjawab, guru menampung jawaban dari peserta didik untuk nanti dijelaskan pada tahap penyampaian materi. Guru menyampaikan materi terkait pengertian gelombang cahaya dan sifat-sifat gelombang cahaya dan mengkonfirmasi jawaban dari peserta didik tadi. Guru membagi peserta didik menjadi 4-5 kelompok dan guru mengatur tempat duduk agar peserta didik dapat memperhatikan dengan jelas apa yang akan didemonstrasikan oleh guru. Guru mengemukakan tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik mengenai demonstrasi yang akan dilakukan yaitu “membuktikan sifat-sifat gelombang cahaya”. Guru memberikan LKS pengamatan untuk peserta didik. Guru menyiapkan alat dan bahan. Guru memulai demonstrasi dengan gelas yang berisi air dan memasukkan pensil ke dalam gelas tersebut. Guru bertanya kepada peserta didik "apa kalian tahu ini jenis sifat gelombang cahaya yang mana? ". Guru mencatat hasil demonstrasi di papan tulis

 

2. Dalam Agama

 

Metode Diskusi

 

Dalam Allah SWT berfirman:

 

اِنَّ رَبَّكَ هُوَاَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَاَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ «۱۲۵ : ۱٦»

 

“Sungguh pendidikmu lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalannya dan mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. 16:125).

 

Diskusi merupakan cara penyampaian bahan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membicarakan, menganalisa guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah. Para pendidik dapat mengetahui keberhasilan kreativitas peserta didiknya, atau untuk mengetahui siapa diantara para peserta didiknya yang berhasil atau gagal.