Observation

Observasi

Observasi

by ELSA LUPITA SARI -
Number of replies: 1

HASIL PERCOBAAN OBSERVASI KD 3.11* 

 

 

 

 *Tujuan* :

 

Untuk mengetahui sifat-sifat cermin berdasarkan alat optik.

 

 

 

 *Alat dan Bahan* :

 

Satu buah cermin datar

 

 

 

 *Dasar Teori* :

 

Alat optik adalah alat yang menggunakan lensa dan/atau cermin untuk memanfaatkan sifat-sifat cahaya yaitu dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan, cahaya tersebut digunakan untuk melihat. Selain dari mata kita, alat-alat optik digunakan bersamaan dengan mata kita, bisa juga untuk membantu kita melihat ataupun membutuhkan mata kita untuk menggunakannya.

 

 

 

 *Prosedur Kerja* :

 

Jika dirumah anda terdapat cermin datar, maka perhatikanlah saat anda bercermin? Bagaimanakah sifat-sifat cermin tersebut berdasarkan hasil percobaan?

 

 

 

 *Hasil dan Pembahasan* :

 

Cermin datar biasanya menciptakan pantulan yang akurat dan memberikan gambaran yang tidak terdistorsi dari objek yang memantul di atasnya. Sifat-sifat ini termasuk kejernihan, kecerahan, dan pemantulan yang sesuai. Sifat-sifat ini terjadi karena cermin datar memiliki permukaan yang sangat rata, memungkinkan sinar cahaya untuk memantulkan dengan sudut datar yang menyebabkan gambar yang jelas.

 

 

 

Pemantulan pada cermin datar terjadi berdasarkan hukum pemantulan cahaya, di mana sudut datang (sudut masuk) sama dengan sudut pantul (sudut keluar). Ini berarti sinar cahaya yang dipantulkan secara teratur dan menciptakan gambar yang akurat dari objek yang dipantulkan.

 

 

 

 *Kesimpulan* :

 

Cermin datar cenderung menciptakan pantulan yang akurat dan tidak terdistorsi dari objek yang memantul di atasnya karena memiliki permukaan yang sangat rata. Hal ini mengikuti hukum pemantulan cahaya di mana sudut datang sama dengan sudut pantul, sehingga tercipta gambar yang jelas dan sesuai dengan objek yang dipantulkan